Apa Manfaat Bambu? Ini Dia Beberapa Manfaatnya

Kalau ngomongin masalah bambu, teman-teman pasti tahu dengan tanaman yang satu ini, tapi juga harus tahu manfaatnya. Di pedesaan tanaman bambu ini cukup mudah untuk ditemukan. Namun, di daerah perkotaan memang jarang. Kalaupun ada biasanya bambu jenis kecil yang memang untuk hiasan. Apa sebenarnya manfaat bambu?

bambu

Ada banyak. Paling mudah adalah untuk keseimbangan alam dan manusia itu sendiri. Mari kita lihat-satu persatu. 

Manfaat Tanaman Bambu

Pertama, manfaat bambu untuk keseimbangan alam. Bambu sangat bermanfaat untuk mencegah longsor. Biasanya tanah yang tingkat kemiringan yang cukup tinggi perlu ditanami bambu ini. Selain itu juga, bambu dikatakan sebagai pabrik oksigen. Seperti dilansir situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dikatakan bahwa bambu sebagai pabrik oksigen karena bambu melepaskan sebanyak 30 persen lebih banyak oksigen ke atmosfer Bumi. Manusia membutuhkan sekitar 0,5 kilogram oksigen/hari. Luar biasa. Selanjutnya untuk apalagi terkait ekosistem alam ini? Nah, masih bersumber pada situs LHK, bahwa secara ekologi tanaman bambu mempunyai fungsi seperti meningkatkan volume air bawah tanah, konservasi lahan, perbaikan lingkungan.

Kedua, untuk manusia itu sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali melihat secara langsung begitu banyak manfaat bambu. Mulai untuk konsumsi makanan, dunia pertanian bahkan hingga industri. Teman-teman mungkin pernah mendengar rembung bambu itu bisa dikonsumsi. Untuk pertanian, saat ini yang sedang populer adalah daun bambu kering yang bisa digunakan untuk bahan pupuk organik. Di perkotaan digunakan untuk tanaman hias. Sementara itu, dibidang indsutri misalnya untuk bahan baku mulai dari bangunan rumah tradisional, pagar, untuk benda-benda peralatan dapur seperti kukusan, tempayan, kipas bambu, dan masih banyak lainnya. Kita juga sering melihat kursi, meja dan tempat tidur yang terbuat dari bambu. Tirai, tikar, topi, dan masih banyak lainnya. Begitu banyak manfaat bambu. Tanaman ini benar-benar seperti kelapa. Semunya bisa digunakan dan penuh manfaat.

bambu

Ok, itu dulu pembahasan sedikit tentang manfaat bambu. Untuk lebih mudahnya, kita buat klasifikasi manfaat bambu itu untuk alam dan manusia itu sendiri. Oh, ya biar lebih gak egois, manusia di ganti saja dengan makhluk hidup agar hewan pun bisa masuk. Bambu bagi hewan pun itu sangat bermanfaat. Menulis ini, saya jadi ingin menanam bambu. Salam lestari.

Komentar