Kayu Jambu Klutuk Bahan Dasar Untuk Membuat Ketapel

Ketapel. Konon ini dianggap mainan tradisional. Pasti teman-teman tahu dengan ketapel. Aku pernah membuat ketapel dengan kayu ini. Ya, kaya jambu klutuk. Gak keras banget, tapi juga gak mudah patah. Apa ya? Lentur kali. Tapi, kuat bro.

kayu jambu klutuk

Pilih cabang yang berbentuk huruf "Y". Ukuran sedang, jangan terlalu kecil, juga jangan terlalu besar. Untuk tali ketapel gunakan klep pentil sepeda. Kalau gak punya, gunakan karet ban tak terpakai. Sementara untuk tempat krikilnya gunakan kulit kw bekas sabuk yang gak terpakai. 

kayu jambu klutuk

Anak-anak di desa menggunakan ketapel ini biasanya untuk berburu burung dan sarangnya. Bahkan, untuk membunuh ular. Aku termasuk orang yang gak tegaan sebenarnya. Jadi, kalau buat ketapel hanya karena ikut-ikutan saja. Beruntungya, kendati dulu sering membuat ketapel, tapi tak pernah untuk membidik burung maupun sarangnya. 

sayang burung

Sejatinya ketapel ini bisa berbahaya jika berada ditangan yang salah. Serius! Persis seperti orang yang memegang airsoft gun yang viral itu. Kalau boleh aku gambarkan, mungkin analoginya persis seperti dalam lagu "The Devil’s Right Hand" Steve Earle.

Komentar