Memaknai Lirik Lagu Iwan Fals, Satu-Satu - Berikan Pendidikan Terbaik untuk Tunas-Tunas Muda

Pagi ini saya ingin memaknai lagu Iwan Fals. Judulnya Satu-Satu. Mendengarkan lagu itu mengingatkan sejatinya bahwa hidup itu fana, tak abadi. 

Semua ada regenarasi. Tua di ganti muda. Itu lazimnya. Tapi, kalau menyoal umur memang tak bisa ditebak. Hanya yang maha kuasa yang menentukan.

Lirik lagu Satu-Satu memang sederhana, tapi bagi saya memiliki makna yang cukup dalam dan itu adalah realita hidup.

tunas tunas muda

Apapun itu, siapa pun anda akan tergantikan oleh generasi penerus. Dalam konteks yang lebih luas disebut sebagai generasi penerus bangsa. Dalam liriknya disebut tunas-tunas muda. 

Hidup tak akan berhenti, semua akan berganti. Analogi yang disampaikan Iwan Fals dalam lagu tersebut adalah dengan helai demi helai daun yang berguguran. Semua terjadi begitu saja. Maka, semua harus siap. 

Sungguh analogi yang cukup menarik. Saya yakin, lirik lagu ini merujuk Al-Quran Surat Al-An'am ayat 59. Berikut penggalannya:

Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya.

Tunas-tunas muda baru, mengganti yang tua harus lebih berakhlak, lebih baik. Untuk menghasilkan tunas-tunas muda yang baik, maka perlu pendidikan yang baik. Dalam lingkup keluarga, orang tua harus memberikan pendidikan yang terbaik kepada anaknya. Tidak bisa ditawar! Ini mutlak!

Pendidikan adalah bekal bagi mereka tunas-tunas muda untuk menapaki hidup ini. Ok, sejenak kita baca liriknya. Khusus lagunya bisa kalian dengarkan melalui Youtube.

Lirik Satu-Satu (Iwan Fals)

Satu-satu daun berguguran
Jatuh ke bumi dimakan usia
Tak terdengar tangis
Tak terdengar tawa
Redalah reda

Satu-satu tunas muda bersemi
Mengisi hidup gantikan yang tua
Tak terdengar tangis
Tak terdengar tawa
Redalah reda

Waktu terus bergulir
Semuanya mesti terjadi
Daun-daun berguguran
Tunas-tunas muda bersemi
Satu-satu daun jatuh ke bumi
Satu-satu tunas muda bersemi
Tak guna menangis
Tak guna tertawa
Redalah reda

Bagaimana dengan teman-teman? Apa makna lagu Satu-Satu dari Iwan Fals itu? Cerita apa yang ingin kalian tulis untuk pagi ini: 2 Maret 2021.

Komentar