Berapa Biaya Modal Awal Budidaya Ikan Lele dalam Ember Budikdamber?

Berapa sih biaya modal awal ternak atau budidaya ikan lele dalam ember (budikdamber)? Salah satu pertanyaan yang mungkin teman-teman ingin memulai hobi tersebut?

Pengalaman saya, budikdamber itu bisa mengeluarkan biaya yang minimalis. Dalam artian kita bisa juga memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai misal untuk cup kangkungnya menggunakan cup bekas mineral. Arangnya sebagai media tanam bakar sendiri. Embernya bisa menggunakan ember bekas cat. Bibit kangkung bisa menggunakan yang batang sisa nyayur. Ok, itu pilihan.

Kalau saya sendiri, semua peralatan budikdamber itu beli karena menurut saya juga tidak terlalu mahal. Sebagai contoh ember kapasitas 80 liter bisa dibeli dengan harga Rp.55.000. Cup kalau gak ada yang bekas bisa beli baru hanya Rp.9000 sebanyak 20-an. Sementara itu selain peralatan, bibit kangung juga murah hanya Rp.12.000-an. Kemudian yang jelas lelenya juga pasti beli kecuali kalau mau nyari sendiri disungai. Monggo. Bagaimana pakannya? Saya beli juga, pelet. 

Ok, untuk lebih jelasnya bisa simak video saya berikut ini:

Komentar

Bondan Murdani Soleh mengatakan…
lagi trand nih. aku juga berencana untuk buat tapi ehmm bibitnya ini yang harus cari
Murad Maulana mengatakan…
Bibit bisa beli online juga loh om