Dari Sirad, Murad, Murod dan KBBI Daring

Advertisement
He...he..., ceritanya iseng. Cek makna nama saya di KBBI daring dan ternyata nama saya tersebut ada. Ini artinya:

mu.rad
  1. n Ar kehendak; maksud; keinginan
  2. n Ar arti atau makna yang lebih luas
mau.la.na
  1. n Isl gelar kehormatan untuk Tuhan (sebagai pelindung penolong); gelar kehormatan untuk para nabi (sebagai pembimbing umat)
  2. n gelar kehormatan bagi ulama besar atau sufi
  3. n tuan kita: pakaian anak raja --
Ar itu arab. Sementara Isl itu Islam dan n nomina kata benda. Nah, kalau digabung kira-kira apa ya? Menurut saya maknanya kehendak tuan. 

Maulana di point 1 dan 2 terkait gelar kehormatan. Jadi sepertinya bermakna kehendak tuan. 

Dulu saya sempat bertanya ke orang tua. Konon, nama saya itu usul dari seorang teman. Terkait makna, mungkin orang tua saya tidak tahu secara detail. Maklum, namanya juga tradisional. Jadi, percaya saja sama orang yang lebih tahu (waktu itu teman babeh).

Sirad, Murad, Murod

Bahkan, nama saya pertama itu bukan Murad. Tapi, Sirad. Sampai sekarang kalau dikampung ada beberapa orang-orang tua sesepuh yang manggil saya Sirad (masih nama lama). Entah alasan pastinya karena apa, nama sirad diganti Murad. Sempat dengar, konon katanya ketika sakit-sakitan, ada syarat harus ganti nama (Wallahu A'lam). Namanya juga orang zaman dulu.

Sementara, maulana sendiri murni tambahan dari bapak saya. Bapak saya bilang teringat dengan salah satu nama wali songo, yaitu Maulana Malik Ibrahim. 

Selain kadang masih ada yang manggil Sirad, ada juga manggil yang ejaanya jadi O misalnya Murod. paman saya sendiri sering manggil nama saya dengan sebutan Murod. 

Nama belakang saya sendiri kini saya sematkan di kedua anak saya yang laki. Dua-duanya ada Maulana-nya. 

Orang-orang bilang apalah arti sebuah nama, tapi dari nama tak jarang adalah sebuah do'a. Seperti halnya orang tua yang memberikan nama kepada anaknya itu pada hakikatnya adalah do'a, sebuah harapan, keinginan kelak dari nama yang diberikan itu bisa menjadi kenyataan. Nah, ngomong-ngomong apa makna nama teman-teman?

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dari Sirad, Murad, Murod dan KBBI Daring"