Cara Daftar Online Berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang Selatan (Tangsel)

Advertisement
Sekitar sebulan lalu saya berjibaku untuk mengantri berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan (Tangsel). Sebenarnya itu rujukan dari faskes BPJS saya yang sebelumnya di Kimia Farma. Berawal dari sebelum lebaran saya mencoba daftar di RSUD Tangsel, ternyata masih dilakukan secara manual. Jadi, saya harus mengantri pagi-pagi buta hanya untuk memperoleh nomor antrian loh, ini belum untuk masuk untuk proses administrasi. Tentu saya kaget bukan kepalang. Lah wong di zaman serba gadget ini, kok mengambil antrian masih secara manual. Apa rumah sakit tidak menyediakan pendaftaran online misalnya menggunakan apps yang bisa di instal di smartphone. Saya memang pernah mencoba menginstal apps RSUD Tangsel ini, tapi hanya berisi informasinya saja misalnya jadwal dokter (itu juga tidak update). Sementara pendaftaran online belum tersedia.

Walau harus rela mengantri pagi-pagi buta ba'da subuh, saya termasuk yang masih beruntung karena rumah saya dekat dengan RSUD Tangsel. Ada  yang lebih parah lagi, yakni mereka-mereka yang rumahnya lebih jauh dan konon katanya hingga mengantri dari jam 3 pagi. Wow, sebuah perjuangan yang tidak mudah. Kenapa? Itu baru proses mengantri, cobaan itu akan berlanjut ketika sedang mengantri, ternyata kuota dokter spesialis yang dituju habis. Maka, terpaksa harus balik lagi dan mengantri esoknya lagi. Saya sendiri pernah mengalami itu. Bayangkan kuota untuk dokter bedah mulut sehari hanya 5 orang. Itu jatah untuk satu wilayah Tangsel. Beberapa kali saya harus melalui proses mengambil antrian secara manual hingga saya harus izin bekerja. Ada sih memang layanan sms, tapi setelah saya coba berungkali selalu jawabanya adalah "Mohon Maaf Yth.....Kuota dokter sudah habis." Pada akhirnya, tetap saya harus rela mengantri pagi-pagi buta.
Baca Juga: Daftar Rumah Sakit di Tangerang Selatan (Tangsel)
Setelah kira-kira satu bulan saya mengikuti proses mengambil nomor antrian secara manual, akhirnya alhamdulillah ternyata ada pendaftaran berobat secara online via website. Kendati baru melalui website belum pengembangan dengan adanya apps, hal itu tentu patut disyukuri mengingat saya sudah mengalami mengambil nomor antrian secara manual itu perlu perjuangan yang tak mudah. Nah, bagi siap saja warga Tangsel yang ingin mendaftar berobat di RSUD Tangsel secara online, berikut prosesnya:

Buka browser dan ketikan alamat berikut ini: http://daftaronlinersud.tangerangselatankota.go.id/home/daftar

kira-kira tampilannya seperti ini:

Pendaftaran Online RSUD Tangsel

Ada tiga menu yaitu pasien lama, pasien baru dan cek status pendaftaran. Sedangkan untuk area sebelah kanan itu berisi informasi jadwal dokter hari ini dan esoknya. Pada kasus saya ini adalah proses untuk pasien lama yang memang sudah punya nomor rekam medis. Untuk pasien baru daftar melalui online saya belum coba ya, karena saya sendiri daftar langsung manual ketika pertama kali berobat. Nanti, untuk pasien baru silahkan coba saja, ikuti alurnya. Masukan nomor induk dan pilih poliklinik, lalu klik tombol "daftar". 

Sementara itu, untuk pasien lama, tinggal masukan nomor rekam medis dan poliklink, maka secara otomatis akan keluar nama, tanggal lahir dan alamat kita. Jangan lupa pilih juga nama dokternya dan klik "daftar". Kira-kira tampilannya seperti berikut:
Pendaftaran berobat online rsud tangsel
Nanti, kalau memang kuota masih ada, maka akan tampil nomor antrian yang nantinya itu digunakan untuk proses administrasi selanjutnya di loket. Jangan lupa datang jangan melewati jam 08.00 ya. Untuk melihat status pendaftaran, tinggal klik menu "cek status pendaftaran." Tinggal masukan nomor rekam medis dan tanggalnya. Pada saat ke loket jangan lupa bawa berkas-berkasnya misal surat rujukannya, kartu berobat rsud, foto kopi ktp dan bpjs. 
Pendaftaran berobat online rsud tangsel
Itu proses ketika kuota dokter masih tersedia. Lantas, bagaimana kalau misalnya habis? Saya memang belum tahu seperti apa tampilanya. Mungkin ada tulisan misalnya "maaf kuota dokter habis". Selama ini saya daftar sudah dua kali, alhamdulillah tersedia. Satu hal yang menjadi catatan, sepertinya diantara poliklinik lain, kuota untuk bedah mulut adalah yang paling sedikit. Tapi, saya dapat informasi dari salah seorang dokter, konon katanya kuotanya dinaikan menjadi 10 dari yang sebelumnya 5. Untuk poliklinik lain saya kurang tahu. Yang jelas misalnya seperti poli dalam itu hingga 90 orang. Kalau poli-poli lain silahkan baca informasi di websitenya ya, yang penting rajin-rajin baca saja. Oh iya satu lagi, usahakan ketika mendaftar online dilakukan satu hari sebelum akan berobat. Kalau dua atau tiga hari sebelumnya, dijamin gak bakalan bisa.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Daftar Online Berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang Selatan (Tangsel)"