Lebaran di Kampung, Silaturahim Antar Warga Ujung Jaya

Advertisement
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 buat kawan-kawan semua. Hari ini, alhamdulillah saya bisa berlebaran di kampung. Bisa bersilaturahim sama orang tua, juga tentunya antar warga di Masjid Nurul Falaq Ujung Jaya, Widasari, Indramayu.

Seperti biasa tradisi maaf-maafan, bersalaman antar warga  di desa saya Ujung Jaya setelah Salat Id, masih terus dilakukan hingga sekarang. 
Salam-salaman idul fitri di masjid nurul falaq ujung jaya
Salam-salaman Idul Fitri
 di Masjid Nurul Falaq Ujung Jaya
Salam-salaman idul fitri di masjid nurul falaq ujung jaya
Salam-salaman Idul Fitri
di Masjid Nurul Falaq Ujung Jaya
Salam-salaman idul fitri di masjid nurul falaq ujung jaya
Salam-salaman Idul Fitri
 di Masjid Nurul Falaq Ujung Jaya
Tentunya tradisi seperti itu suatu hal yang positif dan semoga terus berlanjut kelak hingga akhir zaman.
Sementara itu, pesan khusus sang khatib ketika khutbah Salat Id mencakup 3 hal pokok, yakni pertama, jadikan hari Idul Fitri ini untuk membuang jauh rasa sombong, tinggi hati. Kedua, minta maaflah kepada kedua orang tua atas kesalahan-kesalahan kita dengan setulus-tulusnya karena atas kasih sayang merekalah kita bisa ada di dunia ini. Apabila sudah meninggal, maka doakanlah. Ketiga, berbuat baiklah sesama tetangga, teman, saudara. Perkuat silaturahim. 
Khutbah solat id di masjid nurul falaq ujung jaya
Khutbah Solat Id di Masjid Nurul Falaq Ujung Jaya
Bisa berlebaran dikampung bersama orang tua, saudara, warga, dan teman-teman sepermainan merupakan suatu anugerah yang ternilai. Sebuah kesempatan langka yang tak jarang terjadi.

Masih bisa berkumpul dengan mereka-mereka adalah sebuah nikmat yang tak terkira. Semoga di masa yang akan datang masih bisa dipertemukan lagi bersama mereka, orang tua, saudara, dan teman-teman lainya.  
Saya bersama teman2 sepermainan
Saya bersama teman sepermainan Dede & Asep
Tak lupa pula, buat teman-teman pembaca blog ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tulisan saya yamg menyinggung, membuat sakit hati. Pada dasarnya tidak ada maksud saya untuk melakukan hal tersebut. Di hari yang Fitri ini, dengan saling memaafkan, semoga kita semua bisa menjadi manusia seperti bayi yang terlahir kembali, putih, bersih.

Salam, 
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

5 Tanggapan untuk "Lebaran di Kampung, Silaturahim Antar Warga Ujung Jaya"

Bang Doel mengatakan...

Selamat berlebaran, kang Murad.

murad maulana mengatakan...

Selamat lebaran juga bang doel. Salam kenal ya.

lazir erza mengatakan...

Assalamualaikum, Bang Murad. Perkenalkan saya Erza. Saat ini saya sedang mengumpulkan beberapa informasi tentang dunia kerja PNS. Setelah saya cari di google, beberapa tulisan yang Bang Murad buat paling banyak muncul. Sudikah kiranya Bang Murad memberikan email Bang Murad? Sehingga nanti saya bisa tanya tanya via email. Terima kasih sebelumnya, Bang. Wassalamualaikum.

murad maulana mengatakan...

walaikum salam mas Erza. Silahkan monggo ini emailku: muradmaulana83@gmail.com

lazir erza mengatakan...

Wah, terima kasih, Mas. Nanti saya hubungi via email ya, Mas. Waswassalamualaikum.