Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Batik Indramayu

Selain terkenal dengan makanan khas mangganya, Kabupaten Indramayu juga terkenal dengan batiknya. Ketika saya masih bekerja di Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu, ada beberapa koleksi lokal konten yang menurut saya ini penting dan harus saya sebarkan untuk warga Indonesia, khususnya orang Indramayu. Salah satu koleksi konten lokal itu adalah buku Batik Indramayu. buku ini diterbitkan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Indramayu. Isinya sangat sederhana seperti sejarah perkembangan batik Indramayu, potensi sentra batik Indramayu, proses pembuatan dan pemasaran batik Indramayu, motif serta jenis-jenis batik Indramayu.

Buku Batik Indramayu diterbitkan pada tahun 2007 dalam bentuk cetak. Dahulu, saya telah men-scan buku tersebut dalam format image dan telah saya publish di website Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu. Namun sayangnya karena sewa domain dan hosting tidak diperpanjang lagi, jadilah informasi khusus mengenai sejarah dan motif batik Indramayu itu tidak bisa diakses lagi.

Batik Indramayu

Buku batik ini juga pernah dijadikan referensi untuk skripsi oleh salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung (sekarang Institut Seni Budaya Indonesia  / ISBI). Nah, untuk mempermudah bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang sejarah perkembangan batik Indramayu, diblog ini akan saya tuliskan ulang mengenai hal tersebut. Namun bagi yang ingin membaca bukunya langsung silahkan datang ke Perpustakaan Umum Indramayu.

Posting Komentar untuk "Sejarah Batik Indramayu "