Blog Para Pustakawan Yang Perlu Anda Kunjungi

Advertisement
Ada banyak blog khusus bertemakan kepustakawanan milik dari para pustakawan yang ada di Indonesia (diluar dosen). Tapi, dari semua itu, pada umunya ada tiga kondisi blog yang ada. Pertama, mati suri alias sama sekali tidak ada kabarnya. Layaknya seperti blog tak bertuan. Entah karena lupa username paswordnya atau memang karena sudah tidak berminat lagi untuk menulis diblog. Kedua, blognya hidup dan ada rentang waktu ketika mengupdate kontennya kendati hanya sebulan atau bahkan dua bulan sekali. Ketiga, blognya hidup, bahkan hingga setiap hari bisa memperbaharui kontenya.

Dari ketiga kondisi blog tersebut, barangkali kondisi  kedua dan ketiga  inilah yang perlu kita kunjungi blognya karena disana akan banyak informasi terbaru, ide bahkan pengetahuan yang bermanfaat untuk para pustakawan. Sementara ini hingga 10 Maret 2017, saya menemukan beberapa blog milik pustakawan yang aktif. Siapa saja? Yuk kita lihat satu-persatu. Insya Allah kedepannya sembari terus menjelajah blog lainya, akan saya update blog-blog milik pustakawan yang aktif menulis seputar dunia kepustakawanan. Bila ada waktu, saya juga akan mencoba mewawancarai mereka para pustakawan yang memiliki blog khususnya tentang seberapa penting media blog digunakan untuk mendukung pekerjaanya.

Grenengane Pustakawan (Purwoko)
Grenengane Pustakawan. Demikian Kang Pur menamakan blognya. Siapa yang tidak tahu dengan Kang Pur di dunia kepustakawanan ini. Kang Pur adalah pustakawan aktif yang sekaligus sebagai Pengembang SLiMS dan Mendeley Advisor. Jika teman-teman yang bertandang ke Perpustakaan Teknik UGM, disanalah Kang Pur beraktivitas. Banyak program-program andalannya yang bisa membantu para mahasiswa dan dosen ketika mengerjakan tugas akhir. Diblognya, teman-teman pustakawan bisa menemukan banyak informasi tentang  kepustakawanan misalnya seputar jurnal, pengelolaan data riset, informasi sumber ilmiah, dan tentu saja tentang pandangan atau opini serta unek-uneknya di dunia kepustakawanan. Silahkan teman-teman pustakawan kunjungi blognya di sini.

Kang Pur


Luckty Si Pustakawin (Luckty Giyan Sukarno)
Namanya Luckty Giyan Sukarno. Pustakawan sekolah yang satu ini juga mempunyai blog aktif khususnya seputar review buku. Bahkan blognya juga pernah menjuarai dalam lomba blogger yang diadakan Perpustakaan Unsyiah. Penasaran ingin mengunjunginya? Silahkan akses luckty.wordpress.com

Luckty Giyan Sukarno


Pustakawan Jogja ( Teguh Prasetyo Utomo)
Blog Pustakawan Jogja milik dari  Teguh Prasetyo Utomo. Alumni dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan saat ini sebagai pustakawan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Di blognya teman-teman bisa menemukan berita khusus kepustakawanan misalnya seputar lowongan, kegiatan seputar dunia literasi, minat baca, lomba-lomba dan masih banyak lainya. Silahkan teman-teman berkunjung di pustakawanjogja.blogspot.co.id

Teguh Prasetyo Utomo


WriBrarian (Writer Librarian) Moh. Mursyid
Kalau yang ini, teman-teman pustakawan tentu tahu siapa itu Moh.Mursyid. Ia adalah seorang pustakawan yang aktif menulis baik dimedia massa, paper maupun buku. Kang Mursyid ini pendiri KMP (Kelas Menulis Pustakawan). Ia banyak mengajak para pustakawan untuk menulis bersama yang diterbitkan menjadi sebuah buku. Walaupun dalam setahun di blognya hanya ada beberapa tulisan, namun teman-teman bisa melihat diblog tersebut beberapa contoh tulisannya yang dpernah dimuat di media massa. Silahkan kunjungi blognya di semakna.blogspot.co.id. Semoga Kang Mursyid mau mengupdate blog ini dengan tulisan-tulisannya tentang dunia kepustakawanan. 

WriBrarian (Writer Librarian) Moh. Mursyid

Pustaka Pusdokinfo (Wahid Nashihuddin)
Namanya Wahid Nashihuddin, alumni Ilmu Perpustakaan dan Informasi  dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia seorang pustakawan dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-LIPI. Saya mengenal pustakawan LIPI ini ketika mengikuti Lokakarya Nasional 2016 PDII LIPI. Saat akan pulang dari acara tersebut, saya sempat mengobrol sedikit seputar dunia kepustakawanan. Om Wahid ini aktif menulis tentang dunia kepustakawanan baik sendiri maupun berkolaborasi. Tulisannya banyak diterbitkan seperti di Jurnal Dokumentasi dan Informasi, Jurnal Pustakawan Indonesia, Visi Pustaka, dan jurnal-jurnal kepustakawanan lainya. Tahun 2016 ini,  ternyata saya juga pernah menulis bersama dalam buku yang berjudul "Pustakawan dan Pemaknaan Buku" (book chapter). Bagi teman-teman pustakawan silahkan kunjungi blognya om Wahid di pustakapusdokinfo.wordpress.com. Di blognya banyak tulisan-tulisan tentang kepustakawanan dari mulai artikel populer hingga tulisan yang lebih serius berupa hasil penelitiannya. Daftar lengkap karya tulis ilmiahnya  bisa dibaca di CV nya yang tersedia di blognya. Oh iya, tahun ini juga om Wahid menjadi Pemenang Terbaik Kedua Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2016. Selamat ya om....moga makin sukses selalu. 

Pustaka Pusdokinfo (Wahid Nashihuddin)


Ula3's Blog | LIP – Literatur Ilmu Perpustakaan
Blog pustakawan selanjutnya yang bisa teman-teman kunjungi adalah blog milik Ula. Konon, Ula itu nama panggilannya. Kalau nama aslinya Dicki Agus Nugroho. Saya lihat blognya memang aktif dan berisi banyak informasi dan pengetahuan tentang dunia kepustakawanan. Bahkan, ada juga tulisan makalah dari Om Ula ini di publish di blognya loh. Om Ula ini sarjana lulusan ilmu perpustakaan dari Universitas Dipenegoro. Saat ini, ia bekerja sebagai pustakawan di Universitas Tidar. 

Om Ula ini rajin banget nulis lho. Selain tersedia di blog, tulisannya juga tersedia di situs Academia. Nah, bagi teman-teman yang ingin membacanya bisa kunjungi di http://independent.academia.edu/DickiNugroho

Ok, untuk alamat blognya bisa dikunjungi langsung disini: https://ula3.wordpress.com 

Ula3's Blog | LIP – Literatur Ilmu Perpustakaan


Update terakhir: 10 Maret 2017

Salam, 
Pustakawan Blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Blog Para Pustakawan Yang Perlu Anda Kunjungi"