Tim MIP UGM Ikuti Lokakarya Nasional (Loknas) 2016 PDII LIPI Sebagai Pemakalah

Advertisement
Akhirnya selesai juga saya bersama Pak Vincent dan Mba Eka mengikuti Lokakarya Nasional 2016 yang di adakan oleh PDII-LIPI tanggal 10 – 11 Agustus 2016 sebagai salah satu pemakalah. Kami bertiga menamakan diri sebagai wakil dari Tim MIP UGM (S2 Pascasarjana Manajemen Informasi dan Perpustakaan UGM). Sejak mulai pengumpulan call for paper, revisi hingga presentasi, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar.
LIPI
Gedung LIPI, Jakarta
Tim MIP UGM
Tim MIP UGM ( Dari kiri: Vincent, Murad (Myu), Eka)

Lokakarya Nasional atau loknas ini, konon katanya akan diadakan rutin setiap tahun. Untuk tahun ini mengusung tema Pengelolaan Data, Informasi, dan Pengetahuan untuk Mendukung Pembangunan Repositori Nasional Indonesia. Adapaun tujuan dari lokakarya ini, dikatakan bahwa sebagai upaya dalam menghimpun ide, gagasan, referensi dan rekomendasi khususnya yang berkaitan dengan pengeloaan data, informasi dan pengetahuan dalam mendukung pembangunan repositori nasional. Tentu saja ini semuanya bermuara untuk daya dukung perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia.
Laporan Kegiatan, Kepala PDII-LIPI, Ir.Sri Hartinah, M.Si
Laporan Kegiatan, Kepala PDII-LIPI, Ir.Sri Hartinah, M.Si
Sambutan oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof.Dr.Bambang Subiyanto, M.Agr.
Sambutan oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof.Dr.Bambang Subiyanto, M.Agr.

Pembicara Kunci Loknas 2016 PDII-LIPI
Beberapa pembicara kunci dalam acara loknas ini diantaranya Prof. A.R.D Prasad dari India. Beliau adalah Head Documentation Research and Training Centre (DRTC) Indian statistical Institute (ISI) Banagalore. Tema yang dibahas tentang Repositori Data Lembaga. Kemudian ada juga Ismail Fahmi pengagas Indonesia One Search (IOS) yang membahas Repositori Akses Terbuka di Indonesia menyangkut pengumpulan data, metadata, otomasi pengolahan, temu kembali, semantic web, dan copy right. Selain itu ada Miftah Andriansyah dari Universitas Gunadarma yang membahas Urgensi Repositori Lembaga Penelitian dan Perguruan Tinggi. Tiga pembicara kunci lainya yang tidak kalah menarik adalah Taufik Asmiyanto dari UI, Rifki Sadikin dan Hendro Subagyo dari LIPI sendiri.
Ismail Fahmi, Ph.D, Salah Satu Pembicara Kunci: Repositori Akses Terbuka di Indonesia
Prof.A.R.D Prasad
Prof.A.R.D Prasad, Salah Satu Pembicara Kunci, Reopistori Data Lembaga
Sementara itu untuk topik setiap pemakalah yang lolos untuk dipresentasikan sebanyak 16 judul dengan pembagian menjadi empat topik khusus yaitu  sistem informasi, dokumentasi, knowledge management, dan diseminasi informasi ilmiah. Saya sendiri bersama teman-teman masuk dalam topik desiminasi informasi.
Ketika acara berlangsung
Ketika acara berlangsung

Call for Paper dari Tim MIP UGM di Loknas 2016
Penelitian yang diajukan pada Loknas 2016 dari Tim MIP UGM ini tentang disertasi di S3 prodi Kajian Budaya dan Media. Jadi, judulnya adalah Analisis Subjek Literatur Pada Disertasi Kajian Budaya dan Media (KBM) Sekolah Pascasarjana UGM Berbasis Co-Classification. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui literatur inti dan pendukung, bahasa serta jenis literaturnya. Objek penelitiannya adalah disertasi dari prodi KBM antara tahun 2014-2015. Sedangkan metodenya digunakan adalah kualitatif dengan analisis bibliometrik berbasis co-classification. Untuk lebih jelasnya, nanti bisa baca lengkap papernya ketika prosiding dalam format pdf nya sudah keluar.
Saya ketika presentasi mewakili Tim MIP UGM
Saya ketika presentasi mewakili Tim MIP UGM
Saya ketika presentasi mewakili Tim MIP UGM
Saya ketika presentasi mewakili Tim MIP UGM
Foto bareng bersama pembimbing Prof.Sulis dan Reviewer, Prof.Engkos
Foto bareng bersama moderator, panitia, pembimbing, Prof.Sulis dan reviewer, Prof.Engkos
Foto bareng bersama Kepala PDII LIPI, Sri Hartinah
Foto bareng bersama Kepala PDII LIPI, Sri Hartinah
Nah, bagi teman-teman yang ingin membaca dan mendownload materi dari para pembicara kunci dan pemakalah bisa kunjungi situs PDII-LIPI disini atau download disini yang sudah saya jadikan satu.

Update: untuk prosidingnya bisa di download disini.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tim MIP UGM Ikuti Lokakarya Nasional (Loknas) 2016 PDII LIPI Sebagai Pemakalah"