Indramayu Masuk 10 Besar Produsen Batik Terpopuler di Indonesia

Advertisement
Terus terang ada kebahagiaan tersendiri ketika saya membaca Koran Sindo hari ini (13/11/2014). Beritanya berada ditengah dengan jenis infographic, berujudul "10 Daerah Podusen Batik Terpopuler di Indonesia" dan tanah kelahiranku kota mangga Indramayu masuk didalamnya.

Kebahagiaan ini bukan tanpa dasar karena saya sebagai putra daerah sekaligus pedagang batik musiman tentu memiliki kepercayaan diri, ternyata Indramayu masuk dalam 10 besar produsen batik terpopuler mengalahkan kota Bengkulu dan Palembang.

Berita tersebut hasil penelitian dalam rentang waktu dari tanggal 30 September hingga 10 Oktober 2014. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara via telepon. Sedangkan responden berjumlah 400 orang yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Makassar, Manado dan Medan.

Berikut hasil penelitian jejak pendapat tentang 10 Besar Produsen Batik Terpopuler di Indonesia yang diselenggarakan oleh Litbang Koran Sindo:

10 Besar Produsen Batik Terpopuler di Indonesia
  1. Solo dengan presentase 17%
  2. Yogyakarta dengan presentase 15%
  3. Pekalongan dengan presentase 13%
  4. Cirebon dengan presentase 12%
  5. Minahasa dengan presentase 10%
  6. Bali dengan presentase 9%
  7. Madura dengan presentase 7%
  8. Indramayu dengan presentase 6%
  9. Bengkulu dengan presentase 5%
  10. Palembang dengan presentase 4%
  11. Lain-lain dengan presentase 2%
Melihat chart diatas, Kabupaten Indramayu berada diperingkat 8. Jika dibandingkan dengan Cirebon memang kalau jauh.  Cirebon sendiri berada diperingkat 4, tepat dibawah Pekalongan. Namun, sebagai warga Indramayu saya tetap bersyukur, toh Indramayu tetap masuk dalam 10 besar produsen batik terpopuler. Sehingga selain terkenal dengan makanan khas mangganya, Indramayu juga dikenal dengan batiknya.

Khusus untuk Batik Indramayu, saya juga pernah menulis secara khusus mengenai Sejarah Batik Indramayu. Silahkan baca disini: Sejarah Perkembangan Batik Indramayu.

Maju terus Batik Indonesia dan khususnya Batik Indramayu.

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Indramayu Masuk 10 Besar Produsen Batik Terpopuler di Indonesia"