Pilih Mana? PNS atau Wirausaha?

Advertisement
Jika ditanya seseorang dengan kondisiku yang sekarang, pilih mana? menjadi PNS atau wirausaha? Dengan jujur akan saya katakan untuk saat ini saya lebih memilih wirausaha. Kondisi sekarang memang saya sebagai seorang PNS, akan tetapi kedepan saya masih mempunyai keinginan untuk menjadi wirausahawan. Di blog ini sudah sering saya tulis mengenai rencana saya akan resign PNS, namun tentu saja dengan pertimbangan yang matang yakni, salah satunya menunggu waktu dan kondisi yang tepat.

Hingga saat ini, cita-cita saya ingin berwirausaha masih tertanam dengan kuat. Oleh karenanya sembari menjadi PNS ini, saya juga tetap berwirusaha walau tidak benar-benar fokus. Saya ingin mempunyai usaha namun bukan sekedar usaha sampingan melainkan usaha yang benar-benar dijalani secara penuh waktu.

Pilih Mana? PNS atau Wirausaha?
Ada petuah bijak mengatakan, jika ingin terjun dalam dunia bisnis jangan terlalu banyak pertimbangan. Yang terpenting adalah action dilapangan. Banyak orang-orang yang sukses didunia wirausaha yang mengatakan demikian. Mereka menganjurkan jangan takut gagal karena hanya mereka yang berani yang akan sukses.

Pindah Kuadran 
Pilihan antara menjadi PNS dan wirausaha tampaknya akan lebih mudah dijawab bagi seseorang dalam kondisi yang sedang mencari kerja dibanding seseorang yang sudah bekerja dalam hal ini sebagai seorang PNS. Pindah kuadran dari seorang pegawai ke kuadran seorang wirausaha tentu harus memiliki persiapan mental yang kuat. Berbeda dengan seseorang yang memang belum berada diposisi kuadran manapun, maka menurutku pilihan itu akan dapat diambil dengan  mudah.

Saya menyarankan untuk siapa saja terutama bagi para lulusan perguruan tinggi, alangkah baiknya bila memilih untuk menjadi seorang wirausahawan sesuai bidangnya. Silahkan pikirkan secara matang antara menjadi pegawai atau pembuka lapangan kerja. Semua itu memang memerlukan proses yang panjang. Menjadi wirausahawan ketika masih muda atau sedang mencari kerja adalah sebuah kesempatan yang besar karena jika gagal masih ada waktu banyak untuk memperbaikinya. Disisi lain tentu saja belum mempunyai beban atau tanggungan yang lainya.

Kelebihan Wirausaha
Ketika berwirausaha tentu memiliki kelebihan yang dapat kita jadikan patokan. Berikut beberapa kelebihannya:
  • Tidak terikat waktu karena jam kerja tergantung kita
  • Membuka lapangan perkerjaan bagi orang lain jika usaha kita maju dan berkembang
  • Penghasilan yang tidak terbatas tergantung kondisi pasar yang sedang berlangsung
  • Melatih sifat kemandirian dan berani mengambil resiko
  • Siap menghadapi tantangan dan hambatan
  • Banyak mempunyai jaringan rekanan bisnis
  • Berpotensi atau berpeluang menjadi orang sukses dengan harta
Kekurangan Wirausaha
Setelah mengetahui kelebihannya, ada baiknya pula kita mengetahui kekurangannya juga, yakni sebagai berikut:
  • Penghasilan tidak menentu
  • Banyak resiko menghadang terutama kebangkrutan
  • Pada awal tahap membangun bisnis diperlukan waktu, tenaga dan pikiran yang ekstra
Lantas bagaimana jika dibandingkan dengan PNS? berikut kelebihan dan kekurangannya:
Kelebihan PNS
  • Penghasilan jelas tiap bulan tanpa memikirkan resiko kebangkrutan
  • Kemudahan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi bahkan banyak tersedia tawaran beasiswa
  • Adanya uang jaminan hari tua ketika pensiun, walaupun tidak seberapa besarnya
Kekurangan PNS
  • Jam kerja sudah ditentukan
  • Penghasilan yang pas-pasan
Setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan terhadap wirausaha dan PNS, maka kita bisa mengambil ancang-ancang dari sekarang terutama bagi para generasi muda, kira-kira mana jalan yang akan dipilih. PNS atau wirausaha? Atau profesi lainya yang lebih menjanjikan? Bagaimana dengan teman-teman?

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pilih Mana? PNS atau Wirausaha?"