Kuliah Sambil Kerja Atau Kerja Sambil Kuliah?

Advertisement
Sebuah pertanyaan yang sangat menarik untuk didiskusikan lebih lanjut untuk para calon mahasiswa jenjang S1 yang masih bimbang dalam menentukan pilihan. Apa itu? Kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah? Atau kuliah sambil berwirausaha? Bagaimana menurut teman-teman? 

Perbedaan mendasar kuliah sembari kerja atau berwirausaha adalah pada level kemandirian, kreativitas dan tingkat resiko. Artinya dua-duanya memang mandiri yang tidak bergantung pada kiriman uang orang tua. Hanya saja level kemandirian itu lebih tinggi berwirausaha jika dibandingkan hanya bekerja pada seseorang atau perusahaan. Disisi lain berwirausaha membutuhkan kreativitas dan memiliki tingkat resiko di banding bekerja yang sudah ada dalam alur sistemnya.

Saya bersama teman-teman Unpad -  Kerja Sambil Kuliah

Baiklah, saya tidak akan membandingkan antara kuliah sambil kerja atau wirausaha. Insya Allah tema tersebut akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Yang ingin saya bahas adalah dua pilihan yang telah disebutkan diatas yakni, manakah yang kau pilih? kuliah sambil bekerja atau bekerja sambil kuliah?

Saya sendiri pernah mengalami dua kasus diatas. Pertama, ketika saya sedang menimba ilmu di Yogyakarta. Dikota Gudeg ini selain berwirausaha kecil-kecilan saya juga bekerja di Perpustakaan Kopma UGM dan Persewaan Komik. Hasilnya cukup lumayan untuk menyambung hidup.

Kasus kedua adalah ketika saya sudah lulus diploma, sayapun mencari kerja dan berpindah-pindah sejak tahun 2004 hingga menetap pada tahun 2007 dengan menjadi abdi negara dikampung kelahiranku. Disini sayapun bekerja sambil kuliah melanjutkan S1 di Unpad Jatinangor, Sumedang.

Dua kasus yang saya alami tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berdasarkan pengalamanku sendiri berikut kekurangan dan kelebihannya:

Kelebihan Kuliah Sambil Kerja:
  • Mandiri tanpa harus tergantung dengan kiriman uang dari orang tua
  • Mempunyai pengalaman kerja sebagai modal ketika masuk dalam dunia kerja yang sebenarnya
  • Mempunyai pengalaman dalam manajemen waktu
  • Tidak boros atau berfoya-foya karena merasa mencari uang itu susah
Kekurangan Kuliah Sambil Kerja:
  • Bagi kuliah dengan jurusan yang padat tentu akan berpotensi menghambat selama proses perkuliahan (Ingat!! hanya berpotensi bukan pasti menghambat lho)
  • Terkadang tidak fokus atau terbengkalai proses kuliahnya, akan tetapi ini tidak serta merta pasti terjadi karena kembali lagi pada masing-masing pribadinya.
Kelebihan Kerja Sambil Kuliah:
  • Mandiri karena biaya kuliah bisa dialokasikan dari hasil kerja kita sendiri. Pada kasusku memang dapat biaya kuliah dari beasiswa.
Kekurangan Kerja Sambil Kuliah:
  • Manajemen waktu yang terkadang sulit untuk terbagi apalagi kalau sibuknya pekerjaan dikantor dengan banyaknya tugas-tugas kuliah dikampus.
Memilih antara kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah memang memerlukan pertimbangan yang matang. Terlebih bagi teman-teman yang tidak bisa membagi waktu dengan baik. Bagi para mahasiswa yang memang disuruh orang tuanya agar study oriented, maka bersyukurlah karena itu adalah sebuah anugerah untuk bisa berkonsentrasi penuh terhadap perkuliahannya. Sebaliknya, bagi mahasiswa yang pas-pasan seperti saya dulu, tidak ada salahnya juga lho untuk mencoba pengalaman sepertiku. Karena itu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan..

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kuliah Sambil Kerja Atau Kerja Sambil Kuliah?"