31 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Gayatri Wailissa

Gayatri Wailissa adalah seorang remaja dengan segudang prestasi terutama dalam bidang ilmu linguistik, yakni mampu menguasai banyak bahasa asing. Gadis kelahiran tahun 1995 ini telah wafat, hari Kamis malam (23/10/2014) akibat pendarahan di otak. Ia meninggal di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng Jakarta Pusat. Saya telah menulis orbituari Gayatri Wailissa dan teman-teman bisa membacanya disini: Sang Duta Tingkat ASEAN itu kini telah pergi untuk selamanya. Untuk melengkapi tulisan orbituari itu, berikut saya rangkumkan dari berbagai sumber mengenai 31 hal yang harus anda ketahui tentang Gayatri Wailissa. Siapa sebenarnya remaja Ambon yang pernah mengharumkan nama Indonesia ini. Harapannya setelah mengetahui sosok detail dari seorang Gayatri Wailissa, maka ini bisa menjadi motivasi bagi siapa saja yang telah membacanya.

Gayatri Wailissa

Berikut 31 Hal Tentang Gayatri Wailissa: 

  1. Gayatri adalah anak pedagang kaki lima. Bapaknya pengrajin kaligrafi. Ia lahir dari pasangan Deddy Darwis Wailissa dan Nurul Idawaty, sebuah keluarga yang cukup sederhana.
  2. Gayatri memiliki moto hidup "Tidaklah penting siapa kita, yang terpenting apa yang bisa kita lakukan untuk menunjang apa yang mampu kita perbuat." 
  3. Gayatri bercita-cita ingin menjadi seorang diplomat termuda di Indonesia
  4. Dia suka kesenian seperti teter, puisi, drama dan musik. Untuk musik dia bisa memainkan alat biola. Kenapa biola? dikatakannya karena biola dapat melatih konsentrsi.
  5. Ia pandai menulis terutama yang berkaitan dengan karya sastra. Beberapa prestasi yang pernah didapatkannya adalah juara 2 Lomba Cerpen Nasional 2008, juara 1 dalam lomba cipta puisi 2009, juara 2 lomba karya ilmiah Sains Terapan 2012, juara karya tulis Sastra Nasional 2012 dan juara esay Nasional "Hari Perdamaian Dunia" 2012.
  6. Seperti kita tahu, Gayatri menguasai banyak bahasa asing. Sebenarnya berapa bahasa yang dikuasainya? Ada yang bilang 9, 10, 11 bahkan 14. Ketika diwawancarai Kick Andy tahun 2013, Gayatri mengatakan ada 9 bahasa yang dikuasinya seperti bahasa Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Mandarin, Arab, Jerman, Perancis, Jepang. Saat itu dia juga bilang tiga bahasa lainya yang sedang dipelajarinya seperti bahasa Rusia, Korea Selatan dan Hindi Nepal. Untuk tahun 2014 ini bisa saja Gayatri telah menambah bahasa asing lainya.
  7. Tak hanya menguasai 9 bahasa asing dalam percakapan, Gayatri juga mampu menulis dalam 9 bahasa asing tersebut.
  8. Ia mempelajari bahasa asing itu semua secara otodidak, bukan kursus. Ingat bukan kursus!!! Bahkan dibeberapa media, kemampuan Gayatri menguasai bahasa asing mengingatkan seorang ulama besar dan pejuang kemerdekaan yaitu H.Agus Salim.
  9. Gayatri adalah anak periang dan pantang menyerah. Ia sering menyemangati teman-temannya misalnya dengan memberikan pernyataan "kalau kaya dari uang orangtua itu saya tidak bangga. Apa hebatnya? Tapi kalau dari uang sendiri, itu bangganya luar biasa."
  10. Gayatri juga pernah berkata, bahwa untuk bisa menguasai bahasa asing, maka bertemanlah dengan kamus
  11. Cara mudah mempelajari bahasa asing adalah sering mendengarkan lagu dan film luar negeri. Untuk kemudian perhatikan setiap ucapannya dan terjemahkan artinya melalui kamus.
  12. Gayatri Wailissa juga berpesan jika ingin mahir berbahasa asing maka sering berlatihlah berbicara sendiri didepan cermin
  13. Tiga tips sederhana belajar berbahasa asing dari buku pelajari tata bahasanya, dari lagu atau film pelajari pengucapannya dan dari kamus hapalkan kosakatanya.
  14. Gayatri pernah menjadi Duta ASEAN untuk anak tahun 2012-2013 yang bersaing dengan ribuan siswa lainya se-Indonesia
  15. Pernah menjadi Duta Tunas Muda Pemimpin Indonesia tahun 2013
  16. Tidak hanya itu, pada tahun 2012 Gayatri juga pernah menjadi delegasi tunggal Indonesia dalam Convention on the Right of the Child (CRC) atau Konvensi Hak-Hak Anak tingkat ASEAN di Thailand.
  17. Dari acara Convention on the Right of the Child (CRC) Thailand itu, Gayatri memperoleh gelar doktor cilik dari perdana menteri Thailand karena sebagai penerjemah yang mampu menguasai banyak bahasa asing sehingga menjadi penghubung antara anak-anak di ASEAN yang ingin menyampaikan sesuatu.
  18. Bulan Maret 2014, Gayatri juga pernah dianugerahi gelar Young Hero Award 2014 dari Kick Andy di Metrotv karena dianggap banyak memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak muda Indonesia
  19. Gayatri pernah merasa kecewa mengapa menjadi duta ASEAN untuk anak malah kurang dihargai dibanding ketika pemilihan puteri Indonesia. Sebuah kekecewaan yang perlu menjadi perhatian serius oleh pemerintah kita.
  20. Gayatri pernah juga merasa kecewa kepada sang Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu karena penolakannya terhadap usulan percepatan ujian dini sekolahnya. Tidak hanya itu ketika meminta beasiswapun, sang gubernur menjawab dengan enteng agar mencarinya sendiri di internet. Namun, untungnya Gayatri orang yang pantang menyerah sehingga ia tetap bersemangat untuk menggapai prestasi-prestasi lainya. Pernyataan kekecewaan Gayatri begitu halus diungkapkan: "Saya sadari mungkin pemerintah kita punya banyak kesibukan selain memberi perhatian kepada anak-anak seperti saya. Saya tidak akan patah semangat karena hidup saya masih panjang ke depan," Semoga ini dapat menjadi perhatian serius pemerintah, bahwa jangan pernah mensia-siakan anak generasi penerus bangsa berprestasi.
  21. Nasehat kata-kata penyemangat Gayatri lainya misalnya "berpikir dan berbuatlah di luar kotak, jika masih berpikir di dalam kotak pasti akan terbentur empat sisi kotak, tak akan bisa ke mana-mana, tapi jika bisa berpikir out of box, kita akan menjadi manusia merdeka yang mampu berpikir terbuka"
  22. Gayatri juga pernah melakukan kunjungan ke berbagi negara seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan Kanada. Adapun kunjungan ke negera tersebut dalam rangka memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia.
  23. Gayatri pernah menjurai beberapa lomba seperti juara 3 Lomba Baca Puisi Provinsi 2009, juara 1 debat konsep pembangunan daerah 2010, juara 2 karya tarian kreasi baru 2010, juara Peragaan Busana Fashion Putri Daerah 2011, nominasi 3 besar Icon Busana Nasional 2011, juara 1 lomba Pidato dalam hari Anak Nasional 2011, juara Medali Perunggu Olimpiade SAINS Astronomi 2012 dan juara 1 Lomba Pidato Remaja Hari Kebangkitan Nasional 2012.
  24. Ia pernah menjadi  Pimpinan Redaksi Majalah Anak (Suara Anak Maluku) dan Pengurus Forum Anak Maluku. Selain itu juga pernah menjadi Ketua Forum Perdamaian (KAPATA DAMAI).
  25. Banyak tawaran kerja sebagai penerjemah bahasa dari berbagai organisasi internasional seperti PBB, Unicef, Unesco, dan WTO
  26. Aktivitas lainya seperti  Pramuwisata, Instruktur Klub Teater, Penyiar Radio Swasta-Siaran Anak dan Reporter / Presenter / Host
  27. Karena bakatnya menguasai 9 bahasa asing itu, Gayatri menjadi anak angkat  Pangdam Brawijaya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko. Bahkan ia tinggal di mess TNI. Selain itu, ketika ibu Gaytari diwawancara, dia mengatakan bahwa Gayatri adalah anggota Badan Intelijen Negara (BIN).
  28. Walau belum ada berita yang secara detail menulisnya, konon kabarnya Gayatri adalah remaja yang menghapal Al-qur'an
  29. Salah satu sahabatnya ketika SMP berceloteh, bahwa Gayatri adalah anak yang cerdas, lucu dan suka melawak.
  30. Gayatri adalah remaja idealis. Ia pernah mengatakan walaupun suatu ketika akan melanjutkan kuliah ke luar negeri, namun ia akan kembali ke kampung halamananya untuk membangun Indonesia. Bahkan ia telah membuat konsep roadshow dengan mengunjungi sekolah-sekolah di Ambon dari SD hingga SMA agar anak-anak Maluku lainya dapat mengembangkan bakatnya. Sungguh sebuah cita-cita mulia.
  31. Saat berada di Rusia sebagai narasumber, Gayatri kembali ke tanah air yang rencananya akan menghadiri undangan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di gedung DPR. Namun sayangnya setelah berolah raga itu, kondisi Gayatri tiba-tiba memburuk.
Itulah 31 hal yang saya rangkum dari berbagai sumber mengenai Gayatri Wailissa, seorang remaja jenius yang mampu mengusai lebih dari 9 bahasa asing.

Selamat jalan Gayatri Wailissa. Indonesia akan mengenangmu. Semoga semua amal dan ibadahmu diterima disisi Allah, SWT. Amin...

Referensi

  • Kompas
  • Tribunnews
  • Video Wawancara Kick Andy Metro TV
  • Video Wawancara Hitam Putih Trans7
Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar