Peluang Usaha di Desa

Advertisement
Setelah tinggal dikota saya baru menyadari bahwa sebenarnya banyak peluang usaha di desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Dahulu semasa kecil hingga remaja, saya memang pernah menjalankan usaha namun hanya bersifat untuk memenuhi kebutuhan sendiri misalnya telur bebek yang dihasilkan dari usaha ternak bebekku untuk lauk pauk makan sehari-hari. Selain itu, ternak ayam yang pernah saya jalankan. Banyak anak ayam yang sudah besar-besar lantas di jual untuk keperluanku misalnya membeli baju.

Selain peternakan, saya juga sering membantu usaha pertanian dan perkebunan kecil almarhum bapakku. Selama membantu itu, secara tidak sadar sebenarnya saya sudah dididik untuk menjadi seorang wirausahawan dimana perlu kecerdasan dan kejelian dalam melihat peluang usaha yang ada. Hanya saja, lagi-lagi saat itu saya masih belum terbuka pikirannya karena mindset untuk menjadi pegawai terlihat lebih enak tanpa harus bersusah payah memikirkan produk yang harus di jual ke pasar juga tak perlu berpanas-panas ria.

Peluang usaha yang ada di desa bisa saya kelompokan menjadi tiga bagian. Pertama, dengan modal kecil atau bisa dibilang tanpa modal. Kedua, dengan modal sedang dan ketiga, dengan modal besar. Modal disini berupa aset tanah milik orang tua atau dengan cara menyewa. Modal lainnya yang sering anak-anak desa enggan berwirausaha adalah modal berupa uang. Padahal modal yang terpenting adalah modal pemikiran berupa ide atau gagasan agar bagaimana manjalankan sebuah usaha itu tanpa harus dengan modal besar misalnya uang.

Pada tulisan kali ini saya ingin memfokuskan pada bagaimana membuka usaha di desa dengan memposisikan tidak mempunyai modal berupa aset tanah atau uang dalam jumlah besar namun bisa menjalankannya kendati semua dalam keterbatasan. Berikut tips-tipsnya yang saya bagi ke dalam empat bagian. Khusus pada bagian terakhir kita contohkan beberapa peluang usaha di desa yang bisa dikatakan unik, menguntungkan dan menjanjikan.

Amati Lingkungan Rumah 
Coba amati lingkungan disekitar rumah anda, apa yang kira-kira bisa dijadikan peluang usaha untuk mendapatkan uang. Sebagai contoh disekitar rumah saya banyak sekali pohon-pohon mangga sehingga setiap pagi selalu banyak daun-daunnya yang berguguran. Jika sehari saja saya tidak membersihkan pastilah halaman rumah saya penuh dengan sampah daun itu. Setiap hari saya harus menyapu daun mangga dan membuangnya lantas saya bakar. Padahal siklus itu bisa saya ganti dengan cara menyapu lalu saya kumpulkan untuk kemudian saya jadikan bahan baku sebagai pembuatan pupuk kompos dari sampah daun. Kemudian pupuk tersebut saya jual. Kemana? ya ke orang-orang atau toko taman bunga atau langsung ke kantor-kantor yang memelihara bunga. Daun adalah salah satu sampah organik yang bisa dibuat menjadi kompos. Sebagai ilustrasi lihat gambar dibawah ini:
Peluang Usaha di Desa
Selain daun anda juga bisa memungut kotoran kambing yang bisa kita ambil dari peternakan kambing tetangga misalnya. Mereka pasti senang karena kotorannya ada yang membersihkan. Padahal itu mau kita buat menjadi pupuk kandang untuk kemudian kita olah lalu dijual. Contoh lain yang paling sederhana adalah rumput dan eceng gondok. Silahkan anda pikirkan bagaimana caranya rumput dan eceng gondok bisa kita olah menjadi apa, untuk kemudian bisa laku dijual dipasaran. Tentunya ini diperlukan ide dan gagasan yang menuntut kekreatifan. Contoh konkrit salah satu rumput yang bisa dijual adalah rumput teki yang dibuat keripik tike. Sentra industrinya ada di Karangampel Indramayu. Sedangkan eceng gondok, kita tahu, tanaman pengganggu ini sering digunakan sebagai bahan baku anyaman dalam membuat tas, jok kursi, dan lainya.

Lihat Potensinya
Setelah mengamati, seharusnya kita bisa melihat potensi apa saja yang ada dilingkungan rumah kita sehingga bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan hingga pada akhirnya bisa menjadi tambang uang. Contoh sampah daun mangga yang saya uraikan diatas barangkali adalah kasus yang bisa menjadi ide dalam melihat potensi apa yang ada dalam sampah daun mangga hingga bisa dijual. Dalam hal ini adalah diolah menjadi pupuk kompos.

Ambil Peluang Usaha itu
Jangan diam saja, jika sudah tahu potensinya lakukan dan ambilah peluang usaha itu. Mulai lakukan dan bergerak secepatnya agar menjadi yang pertama kita pasarkan produknya. Jika berhasil saya yakin lingkungan sekitar desa anda akan mengikuti anda. Peluang usaha yang anda jalankan adalah awal sebuah mimpi yang dapat membuka lapangana pekerjaan di lingkungan sekitar. Sehingga diharapkan banyak tercipta wirausahawan lokal yang ada di desa-desa. Jeli dalam melihat peluang usaha adalah modal bagi orang-orang yang sukses dan berhasil  di masa yang akan datang.

Peluang Usaha di Desa Yang Menguntungkan
Berikut contoh daftar peluang usaha di pedesaan yang bisa dianggap unik dan menguntungkan dengan modal kecil atau tanpa modal sekalipun.
  • Budidaya cacing tanah
  • Ternak semut rangrang (kroto)
  • Keripik bayam
  • Keripik rumput tike
  • Kompos dari daun, kotoran hewan dan sampah organik lainya
  • Budidaya jangkrik
  • Bisnis rumput hias
  • dan lain-lain

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peluang Usaha di Desa "