Kelangkaan dan Langka

Advertisement
Jika kita menyimak berita terbaru minggu ini, pasti kita sering mendengar istilah kata "kelangkaan" misalnya "kelangkaan bbm". Kelangkaan berasal dari kata "langka" yang ditambah awalan ke- dan imbuhan -an. Dalam glosarium bahasa, istilah asing dari langka ini disebut scarce. Istilah tersebut masuk dalam ranah bidang ilmu biologi.

Kelangkaan dan Langka
Sedangkan menurut KBBI, langka adalah jarang didapat; jarang ditemukan; jarang terjadi: dilarang keras membunuh binatang yg sudah --; (langka). Istilah langka dalam bahasa daerah saya Indramayu adalah "laka" artinya tidak ada.

Contoh lain dari istilah langka misalnya pekerjaan langka, hewan langka, manusia langka, tumbuhan langka, buku langka. Semua istilah tersebut mempunyai pengertian jarang namun dengan ketidaksengajaan. Bagaimana jika ditambah awalan dan imbuhan ke-an? Maka, biasanya kata "kelangkaan" akan lebih tepat diletakan didepan misalnya kelangkaan bbm, kelangkaan tabung gas, kelangkaan air bersih, kelangkaan pupuk, kelangkaan sumber daya alam, dan lain sebagainya.

Setelah melihat contoh diatas, kira-kira apa pengertian kelangkaan secara umum? Secara pribadi saya menyimpulkan bahwa kelangkaan adalah suatu kondisi dimana  tidak lagi mudah ditemukan atau jarang, namun semua itu akibat karena unsur kesengajaan berbeda dengan langka yang lebih menekankan unsur ketidaksengajaan atau apa adanya (natural processes). Unsur kesengajaan itu bisa melalui kebijakan politik, kepentingan bisnis, dan lain sebagainya. Kalau demikian, bagaimana dengan kelangkaan bbm yang terjadi saat ini? Wallahu A'lam

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kelangkaan dan Langka"