Kamus Besar Bahasa Indonesia Online dan PDF

Advertisement
Salah satu website yang intensitasnya sering saya kunjungi adalah kamus besar bahasa Indonesia online (KBBI daring). Situs ini adalah situs wajib karena sebagai bahan referensi saya ketika mencari istilah yang memang masih belum umum dan ragu. Sebagai contoh ketika saya mencari ejaan yang benar mengenai remunerasi atau renumerasi. Kemudian ketika saya mencari pengertian rekonsiliasi dan transisi. Selain tersedia dalam bentuk online, kita juga bisa membaca KBBI dalam format pdf dan bisa di download secara gratis di salah satu perpustakaan online Universitas Muhammadiyah Semarang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online

Di pencarian Google, ada banyak kamus besar bahasa Indonesia online yang bertengger di urutan halaman pertama, namun perlu diingat satu alamat resmi milik pemeritah dalam hal ini Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yaitu di badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/. Menurut situs tersebut bahwa pangkalan data KBBI daring itu diambil dari KBBI edisi III dan akan terus diperbaharui hingga edisi IV. Secara implisit fungsi adanya KKBI online ini adalah sebagai sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peradaban Indonesia. Rujukan tersebut pada akhirnya akan semakin mengakar di dalam kehidupan berbahasa Indonesia.

Demo Menggunakan KBBI Online:
Untuk mencobanya silahkan masukan kata kunci istilah yang akan anda cari. Hasil pencarian secara otomatis akan beralih ke situs KBBI online.
Cari kata dasar dalam KBBI

Sebenarnya selain kamus besar bahasa Indonesia online, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud juga menyediakan jenis kamus lainya seperti berikut ini:
  • Kamus Bahasa Indonesia Pelajar untuk tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Kamus ini memuat se­ki­­tar 31.200 entri dan terbit sejak tahun 1988. Namun sayang belum ada versi online. 
  • Glosarium yang berfungsi sumber pe­ngayaan pe­nge­ta­hu­an tentang pa­dan­an istilah bidang ilmu dapat mem­perkaya per­ben­da­­hara­an pustaka kebahasaan. Glosarium ini terdiri dari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti kimia, fisika, matematika, biologi, pertanian, keuangan, ekonomi, politik, kedokteran, tehnik, sastra, dan masih banyak yanag lainya. Untuk mengunjunginya silahkan klik disini
  • Kamus Bidang Ilmu yaitu buku rujukan yang memuat se­jumlah istilah bidang ilmu yang disusun secara alfa­betis disertai dengan penjelas­annya, seperti bidang olahraga (kepelatihan), psikologi (medis dan kesehatan), dan ilmu pangan (food science). Sayangnya juga belum tersedia versi online
  • Kamus Dwibahasa merupakan pe­nunjang dalam pengayaan pe­ngeta­hu­an tentang peristilahan umum dalam bahasa Indonesia dan bahasa lain (selain bahasa Indonesia). Pada saat ini Badan Bahasa sedang dalam proses menyusun Kamus Dwibahasa: Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia. Kamus Dwibahasa juga sama, belum tersedia versi online. 
  • Tesaurus Alfabetis merupakan buku rujukan yang memuat se­jumlah kosakata dan istilah yang berelasi secara makna. Tesaurus dapat menjadi pe­nunjang dalam pengayaan pe­ngeta­hu­an tentang sinonim, antonim, hiponim, dan meronim dari kata atau istilah. Mulai tahun 2011, Badan Bahasa sedang menyusun Tesaurus Tematis. Berbeda dengan tesaurus yang telah terbit sebelumnya yang disusun berdasarkan alfabetis/abjad, tesaurus ini disusun berdasarkan gagasan atau tema sehingga disebut Tesaurus Tematis. Namun sayagnya juga sama belum tersedia versi online.

Download Kamus Besar Bahasa Indonesia Format PDF
Untuk kamus besar bahasa Indonesia dalam format pdf dapat didownload disini. Untuk keterangan bibliografinya sebagai berikut:
  • Judul: Kamus Bahasa Indonesia
  • Penyusun dan Penerbit: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional 
  • Tahun terbit: 2008 
  • Tempat terbit: Jakarta 
  • Kolasi:  xvi, 1826 hlm.; 21,5 cm
  • ISBN 978-979-689-779-1
Cover  Kamus Bahasa Indonesia

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kamus Besar Bahasa Indonesia Online dan PDF"