Pengertian, Fungsi, Macam dan Contoh Surat Kuasa

Advertisement
Sebenarnya pada postingan sebelumnya saya telah menulis sedikit tentang pengertian, macam dan contoh surat kuasa khususnya untuk surat kuasa penjualan dan pembelian. Pengertian surat kuasa yang saya bahasa pada postingan sebelumnya berasal dari Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Nah, kali ini saya ambil dari buku yang berjudul Surat-Menyurat Dalam Perkantoran. Buku ini ditulis oleh Suparjati, dkk dan diterbitkan oleh penerbit Kanisius pada tahun 2000. Berikut pengertian, fungsi, macam dan contohnya untuk surat kuasa.

Surat-Menyurat Dalam Perkantoran oleh Suparjati, dkk

Pengertian Surat Kuasa
Surat kuasa adalah surat pemberian kuasa atau wewenang terhadap seseorang yang dapat dipercaya agar yang bersangkutan dapat bertindak  mewakili orang yang memberi kuasa karena orang yang memberi kuasa tidak dapat melaksanakan sendiri (Suparjati, dkk: 42).

Fungsi Surat Kuasa
Apa fungsi dari surat kuasa? Dalam buku yang ditulis oleh Suparjati tersebut,  fungsi dari surat kuasa adalah sebagai salah satu bukti bahwa orang yang disebutkan namanya di dalam surat tersebut berhak atau berkewajiban untuk melakukan sesuai dengn isi surat kuasa.

Macam Surat Kuasa
Lantas apa saja macam dari surat kuasa? ada tiga macam surat kuasa pada umumnya. Pertama, surat kuasa perseorangan yaitu surat yang dibuat oleh seseorang kepada orang lain yang dipercayainya untuk melakukan sesuatu guna kepentingan pribadi sang pemberi kuasa. Contoh dari surat kuasa perseorangan adalah surat  kuasa untuk mengambil pensiun gaji, surat kuasa untuk mengambil pesanan.

Kedua, surat kuasa kedinasan yang dikeluarkan oleh instansi / perusahaan, yaitu surat kuasa yang dibuat oleh suatu instansi / perusahaan atau oleh seorang pejabat / pimpinan yang diberikan kepada bawahannya untuk melakukan sesuatu yang ada kaitannya dengan instansi misalnya surat kuasa untuk mengurus soal-soal ujian.

Ketiga, surat kuasa istimewa yaitu surat kuasa yang diberikan oleh seseorang kepada pihak lain, misalnya pengacara, untuk menyelesaikan suatu masalah yang ada kaitannya dengan pengadilan.

Agar bertambah jelas, berikut contoh dari surat kuasa perseorangan, surat kuasa kedinasan dan surat kuasa istimewa.

Contoh Surat Kuasa Perseorangan 
Contoh Surat Kuasa Perseorangan

Contoh Surat Kuasa Kedinasaan
Contoh Surat Kuasa Kedinasaan

Contoh Surat Kuasa Istimewa

Contoh Surat Kuasa Istimewa

Referensi
Suparjati,dkk, 2000, Surat-Menyurat Dalam Perkantoran, Yogyakarta: Kanisius.

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi, Macam dan Contoh Surat Kuasa"