Contoh Surat Kuasa Penjualan dan Pembelian

Advertisement
Apa itu surat kuasa? Bagi anda yang sudah terbiasa membuatnya, tentu paham dengan pengertian dan fungsinya. Saya sendiri pernah sekali melihat surat kuasa yang diberikan ibu saya untuk memperpanjang STNK. Namun, surat kuasa itu ternyata banyak macamnya. Di Wikipedia ada beberapa macam contoh surat kuasa misalnya Surat kuasa pengambilan dokumen kependudukan, pengambilan gaji/pembayaran, mencairkan uang, penjualan, pengambilan keputusan usaha, dan pengambilan keputusan politik. Untuk contoh-contohnya, sementara saya akan berikan pada surat kuasa penjualan dan pembelian.

Surat kuasa juga digolongkan menjadi dua bagian yakni surat kuasa formal dan surat kuasa non formal. Saat ibu saya memberikan surat kuasa terhadap saya untuk memperpanjang STNK motor, maka saya golongkan surat kuasa tersebut adalah surat kuasa non formal. Sedangkan untuk surat kuasa yang bersifat formal biasanya akan berkaitan dengan wewenang pejabat contohnya surat kuasa untuk pengambilan gaji/pembayaran. Nah, terkait dengan surat kuasa, berikut ini saya tunjukan contoh surat kuasa untuk penjualan dan pembelian dari fakuktas hukum UII (universitas Islam Indonesia) Yogyakarta. Namun sebelumnya kita lihat definisi atau pengertian tentang surat kuasa yang saya ambil dari Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online.

Pengertian Surat Kuasa
Menurut Wikipedia surat kuasa adalah  surat yang berisi pelimpahan wewenang dari seseorang atau pejabat tertentu kepada seseorang atau pejabat lain. Pelimpahan wewenang dapat mewakili pihak yang memberi wewenang.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat kuasa yaitu surat yg berisi tentang pemberian kuasa kepada seseorang untuk mengurus sesuatu.

Berikut contoh surat kuasa penjualan dan pembelian:

Contoh Surat Kuasa Penjualan
 Contoh Surat Kuasa Penjualan  1

 Contoh Surat Kuasa Penjualan 2

Contoh Surat Kuasa Pembelian
Contoh Surat Kuasa Pembelian 1

Contoh Surat Kuasa Pembelian 2

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Surat Kuasa Penjualan dan Pembelian"