Cara Mudah dan Praktis Membuat Tabel Di Blog

Advertisement
Secara default jika anda akan membuat tabel di blog, maka disana tidak akan tersedia icon untuk membuatnya kecuali jika anda merubah ke format HTML kemudian anda menulis baris kodenya dengan bahasa HTML. Bagi yang menguasai bahasa HTML tentu ini tidak menjadi masalah. Akan tetapi akan menjadi masalah jika anda tidak paham tentang bahasa HTML. Nah, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk membuat sebuah tabel di blog. Anda hanya cukup memanfaatkan free online tools yang tersedia di internet.

Ada banyak website yang menyediakan layanan free online tools khususnya untuk membuat tabel. Aplikasi tersebut sering juga disebut dengan HTML Table Generator. Salah satu website yang sering saya gunakan untuk membuat tabel agar lebih praktis adalah textfixer.com. Caranya sangat mudah. Berikut tutorial singkatnya:

HTML Table Generator - Klik Untuk Memperbesar

  1. Klik disini
  2. Silahkan anda pilih warna tabel pada "Table Style" (Lihat nomor 1). Ada beberapa warna seperti Blue, Green, Grey, Orange, Brown, Black dan none (tanpa warna). 
  3. Kemudian pilih "Theme" atau "Header" atau "No style". Jika anda memilih "Theme" maka tabel akan berwarna. Sedangkan "Header" maka warna tabel hanya akan ada pada row atas saja. Lihat pada nomor 2
  4. Tulis berapa jumlah kolom dan rowsnya pada "Table Structure". Lihat nomor 4 dan 5
  5. Pada tulisan "Highlight" (lihat nomor 3) silahkan pilih salah satunya. Jika anda memilih "Table row highlight on hover" maka setiap kursor mouse yang melewati tabel pada blog anda akan mengeluarkan warna. Sedangkan jika "No hover highlight" berarti tanpa warna alias jika kursor mouse digerakan diatas tabel blog kita maka tidak akan berpengaruh.
  6. Pada "Cell Info" (lihat nomor 6) juga sama tinggal pilih salah satu. Jika anda memilih "Add placeholder info in table cells" maka akan keluar tulisan yang merupakan hanya contoh saja. Sedangkan jika memilih "No placeholder in teh table cells" maka sebaliknya. Di dalam tabel akan kosong sehingga nanti kita tinggal mengisi tabel-tabel itu.
  7. Terakhir jika sudah selesai silahkan copy kode HTML pada kotak yang bertuliskan "Copy the HTML code below to put your table online" (lihat nomor 7).
  8. Pada nomor 8 itu adalah tampilan tabel yang telah kita buat
  9. Sekarang setelah anda mengcopy kodenya silahkan paste pada blog anda tentunya dengan mengklik HTML terlebih dahulu. Jika sudah, klik Compose dan masukan tulisan pada tabel yang telah anda buat. Lihat gambar dibawah ini:
Compose / HTML

Untuk melihat contoh hasilnya silahkan kunjungi disini: Tabel Tunjangan Kinerja / Remunerasi PNS untuk 27 Kementerian/Lembaga

Advertisement

Artikel terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mudah dan Praktis Membuat Tabel Di Blog"

Indo 303 mengatakan...

Mantap sob, izin sedot..
thx infonya...