Karena Ngeblog Lahirlah Buku Pertama Saya: Drupal 6.0

Advertisement
“Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya”. [Stephen King]
Tulisan ini hanya sekedar berbagai pengalaman. Karena rajin menulis di blog lahirlah buku pertama saya tentang CMS Drupal 6.0. Buku pertama ini di terbitkan oleh Penerbit Andi Jogjakarta pada tahun 2009. Buku ini saya tulis pada saat membuat website di Kantor Arsip dan Perpustakaan tahun 2008-an. Saat aktif menulis di blog, saya berpikir mengapa saya tidak menuangkan perjalanan saya membuat website ini ke dalam sebuah buku. Paling tidak hasil pengalaman ini merupakan sebuah tacit knowledge dengan harapan bisa bermanfaat khususnya bagi mereka para pemula yang sedang belajar membuat website.

Drupal 6.0

Pondasi dasar membuat buku ini adalah mensiasati institusi yang minim alokasi anggaran untuk pembuatan website baik dari sisi softwarenya maupun honorarium bagi sumber daya manusianya. Saat itu, fenomena sebuah kantor yang berada di daerah seringkali tidak ada pos anggaran khusus untuk hal itu.

Berbekal mendapat jaringan internet gratis dari Jardiknas, tanpa pikir panjang kesempatan itu saya manfaatkan untuk membuat website berplatform open source dengan belajar secara otodidak.

Filosofi dasarnya adalah sebuah website itu selalu perlu pengembangan dan harus terus di update baik dari sisi maintenance, keamanan maupun konten yang ada di dalamnya. Oleh karena itu diperlukan sumber daya manusia yang khusus untuk menangani hal itu terutama dengan skill dibidang komputer dan pemograman.

Keterbatasan sumber daya manusia di bidang komputer dan pemograman, tidak serta merta kita hanya diam pasif tanpa bisa berbuat apa-apa. Maka, dengan pemanfaatan software open source bisa menjadi salah satu solusinya. Oleh sebab itu, pondasi inilah yang saya bahas khusus pada bab filosofi antara website dinamis dan tanpa background IT. Tidak hanya itu, saya mempraktekannya dalam pembuatan website itu dengan memanfaatkan domain dan hosting gratis untuk mempermudah orang yang ingin belajar tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan hostingnya terlebih dahulu.

Bagi saya blog adalah sebuah media yang di gunakan untuk terus berlatih menulis. Jika anda ingin menulis buku, maka berlatihlah menulis setiap hari yaitu salah satunya dengan memanfaatkan blog. Selain itu, tentu saja dengan banyak-banyak membaca sebagai asupan gizi otak kita. Jika semakin banyak perbendaharaan kata dalam otak kita, maka akan semakin mudah dan lancar untuk menuangkan kata-kata ke dalam sebuah tulisan. Ide dan gagasanpun akan sering bermunculan seiring dengan aktivitas kita dalam membaca. Pengalaman ini tentu saja sudah saya implementasikan pada saya sendiri hingga lahirlah buku pertama ini karena ngeblog dan banyak membaca seputar referensi drupal.

Nah anda ingin berlatih menulis? Cobalah ngeblog...

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Karena Ngeblog Lahirlah Buku Pertama Saya: Drupal 6.0"