Kliping Digital Ketenaganukliran CNN Indonesia 2022 (PDF)

Ada banyak tema berita terkait ketenaganukliran pada kliping digital CNN Indonesia edisi 2022 ini. Semuanya terdiri dari 252 berita. Tema khusus yang menyangkut BAPETEN adalah terkait pernyataan bahwa tidak ada peningkatan paparan radiasi untuk Rumah Sakit Kariadi yang terbakar. Selain itu, isu tentang komersialisasi PLTN pada 2032, dan peluang kerja sama nuklir dengan Rusia.

Kliping Daring Pengawasan Ketenaganukliran CCN Indonesia 2022

Isu menarik lain yang tidak kalah pentingnya adalah Kementerian ESDM yang membentuk tim pengembangan PLTN di Indonesia, BRIN yang sedang mengembangkan radiasi gamma, peluang bahan galian nuklir di Indonesia serta program AUKUS yang banyak mendapat sorotan khususnya bagi Indonesia itu sendiri. AUKUS merupakan kesepakatan trilateral yang melibatkan Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Dalam program tersebut, dikatakan bahwa Australia akan mendapatkan bantun teknologi nuklir untuk pengembangan kepal selam.Lantas, bagaimana Indonesia harus bersikap?

Tema ketenaganukliran lain yang menjadi topik utama di dunia adalah terkait perang Rusia dan Ukraina. Isu-isu tuduhan penggunaan senjata nuklir oleh Rusia sering kali dilontarkan oleh negara maju seperti Amerika. Berita-berita tentang reaktor nuklir di Ukraina juga tak luput dari komentar-komentar yang berpotensi menyebabkan bencana nuklir.

Isu nuklir lainnya yang masih terus terjadi dari tahun ke tahun adalah terkait senjata nuklir Korea Utara dan juga pengembangan teknologi nuklir Iran. Negara lain yang menjadi sorotan utama adalah Cina dengan kemajuan teknologi nuklirnya. Pengembangan matahari buatan salah satu yang menjadi pembahasan di tingkat global. Bagaimana dengan nuklir dalam bidang kesehatan? Sayangnya, pada edisi kliping 2022 ini, masih sangat minim yang membahas secara khusus terkait hal tersebut.

Perpustakaan BAPETEN

Komentar