Cara Mudah Mengubah Atau Compress Ukuran PDF Tanpa Perlu Instal Software

Sering saya katakan, era internet itu semuanya serba memudahkan. Dari mulai membuat poster online tanpa bisa desain, membuat cover ebook instan, membuat video cepat dan lain sebagainya.

Nah, terkecuali dengan dunia pdf, dimana dalam kehidupan sehari-hari kita, misalnya untuk personal maupun keperluan kantor, maka menyoal pdf itu selalu saja ada. Misalnya scanning dokumen, mengubah file pdf ke gambar,  mengedit file pdf, bahkan hingga mengubah atau compress file pdf berukuran besar menjadi kecil.

Lantas, apa hubungannya dengan era internet? Ya, dulu mungkin untuk melakukan semua itu harus instal software di komputer kita. Instal software berbasis desktop. Sementara, dengan adanya internet semua itu bisa dilakukan secara daring (online) atau katakanlah berbasis web based. 

Berkaitan hal itu, masih tentang pdf, bagaimana sih caranya mengubah atau mengcompress file pdf ukuran besar menjadi kecil? Dulu saya memang pernah membuat tutorialnya disini: Cara Praktis Mengompres PDF via Online Agar Ukuran Filenya Lebih KecilWaktu itu, menggunakan smallpdf.com. Nah, kali ini masih yang sama, tapi beda websitenya. Tools online kali ini adalah dengan menggunakan ilovepdf.com. 

Ok, ini dia tutorial videonya:


Semoga bermanfaat.

Komentar