Bercocok Tanam Bunga Telang Skala Besar

Bunga telang atau sering disebut butterfly fea flower adalah bunga yang mudah sekali untuk ditanam hingga panen. Lah kenapa mudah? Karena saya sudah mencoba menanamnya, bahkan hingga bisa panen walaupun masih sebatas percobaan.

Menanam bunga telang itu tidak memerlukan hal khusus seperti menanam cabai misalnya. Gak rewel dan praktis. 

Saya menanam bunga telang, memang tidak banyak. Masih skala kecil dan itu di polybag. Sekitar 75HST itu bisa berbunga. Ini dokumentasinya: Akhirnya Bunga Telang Berbunga 75HST.

bunga telang

Dari percobaan dan pengalaman itu, saya jadi berpikir ingin rasanya menanam bunga telang dalam skala besar. Kenapa saya terpacu ingin menanam banyak? Ada beberapa alasan. 

Pertama, menanam bunga telang yang saya anggap mudah. Intinya tidak serewel tanaman sayur seperti cabai, tomat, sawi, dan sejenisnya. 

Kedua, dari sisi manfaat. Setelah saya baca-baca, manfaat bunga telang cukup banyak misalnya meningkatkan imunitas. 

Ketiga, dari sisi pemasaran sepertinya, dalam bayanganku yah, itu mudah. Misalnya cukup via online (daring) walaupun pastinya tak semudah dibayangkan. Apalagi saya pribadi belum paham banget pasar bunga telang. 

Keempat, prosesnya sepertinya ada yang paling sederhana misal dikeringkan, lalu dibuat kemasan, hingga dipasarkan. Itu yang paling sederhana walaupun ada yang lebih rumit lagi misalnya ketika dalam proses ekstrak. 

Nah, alasan-alasan itu yang membuat saya tertarik ingin menanam bunga telang dalam skala besar. Saat ini, untuk implementasi agak susah karena saya tinggal yang ruang untuk menanamnya sempit. Berbeda kalau saya di kampung. Mungkin saya bisa nebeng menanam di tanah orang tua. 

Oleh karena itu, sementara ini saya menanam untuk kebutuhan sendiri dulu di sekitar rumah. Menanam bunga telang dalam skala besar diundur dulu. Mesti bersabar.

Komentar