12/31/2018

Kaleidoskop 2018 Blog muradmaulana.com

Advertisement

Di penghujung tahun 2018 ini, apa saja kaleidoskop untuk blog saya ini muradmaulana.com?

Baca juga: Kaleidoskop 2017 Blog muradmaulana.com
Pada 2018 ini, saya hanya memposting sekitar 25 tulisan. Tidak banyak memang, kalau dirata-rata sebulan hanya menulis antara 1-4 kali. Paling banyak sebulan sekitar 4 tulisan. Lantas, apa saja tema tulisan selama tahun 2018 ini?

Semua arsip tulisan 2018

Tema Setahun

Ada beberapa tema yang saya bahas seperti tentang dunia menulis, perpustakaan, buku, bisnis, PNS, tutorial, religi, peristiwa, wisata, juga beberapa tips. Dari beberapa tema itu, ada dua tema yang menurut saya paling berkesan, yakni ketika berkunjung ke Perpustakan Masjidil Haram pada bulan Mei dan buku kelima yang saya tulis dan telah saya bagikan secara gratis dalam format ebook (PDF) pada bulan November. Berikut tautan tulisannya:
Perpustakaan Masjidil Haram

Pengalaman saat mengunjungi Perpustakaan Masjidil Haram di Mekkah, tentu saja menjadi kenangan yang tak terlupakan. Terlebih saya sebagai pustakawan. Tentunya saya merasa ada pengalaman tersendiri karena bisa melihat secara langsung kondisi perpustaakaan tersebut. Sebenarnya, masih banyak tulisan terkait pengalaman selama di Arab misalnya saat mengunjungi Masjid pertama yang di bangun Rasulullah, yakni Masjid Quba. Sayangnya pada 2018 ini belum sempat untuk menuliskannya. Semoga pada 2019 nanti bisa saya bagikan tulisannya karena saya sendiri suka menuliskan pengalaman ketika mengunjungi masjid bersejarah atau musola unik. 
Baca juga: Anda ke Mustafa Centre dan Chinatown Singapore? Jangan Lupa Mampir di Masjid Bersejarah Angullia dan Jamae
Sementara itu, buku kelima yang saya tulis juga merupakan proses perjuangan untuk terus bisa konsisten menulis buku setiap tahun. Walaupun, buku tersebut sebenarnya bisa diterbitkan pada tahun 2017. Namun, karena ada beberapa hal sehingga terpaksa mundur. Tapi, yang jelas saya merasa lega karena bisa menuliskan pengalaman sendiri selama menjadi pustakawan sekaligus blogger di buku tersebut. Kalaupun masih banyak kekurangannya, semoga kedepan bisa lebih baik lagi.
Ebook Dua Dunia Seirama

Resolusi 2019

Pada 2019 ini saya tidak menuliskan secara eksplisit di blog ini terkait resolusi apa yang hendak ingin saya capai. Yang jelas saya punya harapan semoga yang maha kuasa memudahkan segala urusan saya dalam dunia dan akhirat. Tetap dalam iman Islam dan terus bisa istiqomah untuk suatu hal kebaikan. Di penghujung tahun 2018 ini, seperti biasa, sebuah tulisan pribadi yang patut menjadi bahan kontemplasi saya sendiri: Nasehat Akhir Tahun: 6 Sesuatu Yang Perlu Kita Renungkan.

Bagaimana dengan teman-teman?

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

0 komentar

Posting Komentar