Pengertian Embarkasi dan Contohnya

Pernah baca istilah embarkasi misalnya di media-media daring? Kalau sudah, kira-kira apa pengertiannya?

Di KBBI daring pengertian embarkasi adalah  pemberangkatan dengan pesawat terbang atau kapal laut; keberangkatan: -- jemaah haji dilakukan dari tempat-tempat yang sudah ditetapkan.

Nah, merujuk pengertian embarkasi dari KBBI daring tersebut apabila dihubungkan dengan contoh-contohnya tentu akan berkaitan dengan dunia haji. Coba kita lihat contoh dibawah ini yang saya ambil dari berbagai media daring:
  1. Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Kembali ke Tanah Air Hari Ini (Tribun News, 6 September 2017)
  2. Kloter 1 Embarkasi Solo Diberangkatkan ke Tanah Suci (Detik, 28 Juli 2017)
  3. Kemenhub persiapkan Jember jadi embarkasi haji  (Antara News, 20 Agustus 2017)
  4. Pertama di Indonesia-Dunia, Sumsel Miliki Embarkasi Haji Terpadu (Sindo News,  8 Agustus 2017)
  5. 44 Jemaah haji asal Embarkasi Solo meninggal dunia (Merdeka, 7 September 2017)
  6. Enam Jemaah Haji Embarkasi Solo Meninggal di Tanah Suci (Media Indonesia, 22 Agustus 2017)
Sudah jelas istilah embarkasi diatas semuanya merujuk pada dunia haji. Nah, sekarang adakah istilah tersebut digunakan untuk yang lain? Tentunya ada. Saya mencoba mencarinya via Google.

Embarkasi

Beberapa contohnya diantaranya berkaitan dengan dunia transportasi atau lainya misalnya mudik. Judulnya adalah ASDP Benahi Sarana Prasarana Kapal untuk Arus Mudik Lebaran dari Borneo News, tanggal 21 Mei 2017. Selain itu dari Hukum Online, tanggal 23 Juni 2017 dengan judul Mudik Pakai Kapal Laut? Pahami Hak dan Kewajiban Anda Selama di Atas Kapal.

Adapun cuplikan kalimatnya adalah sebagai berikut:
Embarkasi kapal Kalibodri berada di belakang. Pintu ini untuk keluar masuk seluruh penumpang kapal. Untuk meningkatkan pelayanan, kapal ini dibuatkan tangga khusus dari sisi samping kiri dan kanan untuk penumpang orang (Borneo News, 21 Mei 2017)
Meski mendapat potongan, tarif itu juga sudah termasuk biaya makan dan minum, biaya embarkasi/debarkasi, dan biaya lain untuk penumpang di kapal berupa hiburan aau rekreasi dan penyediaan air mandi (Hukum Online, 23 Juni 2017)
Khusus contoh yang saya ambil dari Hukum Online tersirat istilah embarkasi/debarkasi. Nah, sekarang adalah istilah lain lagi yaitu debarkasi. Di KBBI daring debarkasi adalah penurunan penumpang (muatan) dari kapal.

Ok balik lagi tentang embarkasi, jadi istilah embarkasi yang saya ambil dari contoh-contoh media daring tersebut sebagian besar semuanya merujuk pada dunia haji. Walaupun dibeberapa contoh lain juga ada yang dikaitkan dengan transportasi seperti kapal. So, keduanya memang bisa digunakan karena terkait waktu dan alat yang dimanfaatkan.

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar