10 Jenis Batu Akik Nusantara Terpopuler di Indonesia

Demam batu akik sedang melanda Indonesia. Tak peduli anak sekolahan, mahasiswa, pekerja swasta, PNS hingga anggota DPR, ada saja yang membicarakan batu akik. Dikantorku saja tiap hari selalu ada yang mendiskusikan batu akik. Mulai dari harga, jenis dan macamnya. Sampai-sampai dibentuk komunitas batu akik tersendiri.

Terkait hal itu, kemarin tanggal 5 Maret 2015 di Koran Sindo memberitakan mengenai hasil jejak pendapatnya tentang 10 batu akik nusantara terpopuler di Indonesia. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 15-23 Desember 2014. Sekitar 9 hari. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara via telepon. Adapun responden berjumlah 400 orang yang berasal dari kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Manado dan Makassar.

Berikut presentase hasil jejak pendapat tentang 10 batu jenis batu akik nusantara terpopuler yang ada di Indonesia:
  • Bacan : 26 %
  • Kecubung: 24%
  • Black Opal Kalimaya: 21 %
  • Pancawarna: 6%
  • Giok: 5%
  • Solar Aceh: 4%
  • Pandan: 4%
  • Safir: 4%
  • Pirus: 2%
  • Batu Sulaiman: 1%
Peringkat 3 Besar
Peringkat pertama diduduki oleh batu bacan. Batu ini berasal dari Maluku utara tepatnya pulau Kasiruta. Banyak orang menyangka batu bacan ini berasal dari pulau Bacan. Sebenarnya pulau bacan ini hanya tempat perdagangannya saja (baca: Asal-Usul, Jenis, Warna dan Harga Batu Bacan).

Sedangkan peringkat kedua diduduki oleh batu kecubung atau sering disebut Amethyst. Batu ini termasuk batu mulia yang sering digunakan untuk pelengkap perhiasan. Konon harganya dari Rp.350.000 hingga puluhan juta rupiah. Batu Kecubung ini berasal dari Kalimantan.

Adapun peringkat ketiga diduduki oleh batu black opal kalimaya. Batu ini berasal dari provinsi Banten dan kabarnya batu black opal adalah batu terbaik di dunia dibandingkan dari negara Autralia, Afrika dan Amerika Latin. Kilau warna batu ini lebih hidup dan banyak yang mencarinya baik dari Indonesia maupun luar negeri. Tak heran harganya lumayan mahal mulai dari Rp.350.000 hingga 50 juta rupiah. Sebuah harga yang begitu fantastis.

Bagi teman-teman yang tertarik dengan bisnis dunia batu, baca juga:  Definisi, Jenis, dan Peluang Bisnis Batu Mulia

Salam pustakawan blogger

2 Komentar untuk "10 Jenis Batu Akik Nusantara Terpopuler di Indonesia"

imamtob mengatakan...

Assalamu'alaikum bang Murod ... saya ini PNS Kemenag kota semarang,sring ada mslh di rumah shg sy tdk nyaman banget sdh berulang kali, dan akhirnya sy ingin pindh saja ke daerah asal sy Tegal, dan ingin pindah ke kemenag Tegal.
Dengan masalah tersebut alasan yg tepat apa ya saat mengajukan pindah?
Sangat ditunggu jawaban ban murod ...
Boleh juga dari pembaca yg lain.
Wassalamu'alaikum

Murad Maulana mengatakan...

Walaikum salam. Maaf baru bales. Masalah di rumah maksdunya gimana ya? Kalau soal pindah sih, alasan bisa situasional. Misal di tegal masih ada orang tua, alesannya agar bisa berkumpul dengan keluarga. Itu misalnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel