Gunakanlah Youtube Sebagai Media Belajar Untuk Mengembangkan Potensi Diri

Advertisement
Saat ini orang belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja karena media belajar mengalami perkembangan yang begitu masif. Salah satunya adalah karena faktor teknologi. Mudahnya akses internet yang bisa diakses melalui smartphone, tentu harus dijadikan momentum untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya misalnya sebagai sumber dalam proses belajar-mengajar.

Dalam dunia belajar tentu kita tidak hanya berfokus pada pendidikan formal semata, akan tetapi jalur non formal dalam hal ini pemanfaatan media belajar seperti Youtube merupakan suatu peluang yang besar untuk bisa mengembangkan diri bagi setiap individu.
Youtube menjadi platform video yang saat ini banyak digandrungi banyak orang karena sifatnya yang interaktif, lebih visual sehingga lebih menarik.

Kita sebagai individu, seringkali ketika akan mempelajari sesuatu yang bersifat praktek, maka seringkali Youtube menjadi sumber belajarnya. Sebagai contoh kini banyak beredar video-video tentang cara berkebun yang lebih menarik. Bukan hanya itu, dalam hal memasak pun, tutorial videonya juga semakin asyik untuk di tonton. Masih banyak video-video lainya yang bersifat praktek dan itu bisa dicari melalui Youtube. Bahkan video seperti penyelesaian masalah soal-soal matematika pun bisa dicari melalui Youtube.

Jika dahulu orang hanya cenderung melihat gambar dan membaca teks, maka untuk saat ini sumber belajar berupa video melalui Youtube semakin mudah didapatkan. Memang, dalam kasus tertentu tidak semua cocok untuk dibuat videonya. Misalkan saja novel, pastinya tidak akan dibuatkan versi videonya karena akan lebih asyik membaca sendiri kecuali memang ada versi filmnya.

Saya kira, Youtube sebagai media belajar yang bisa digunakan untuk semua kalangan. Oleh karena itu, gunakanlah Youtube untuk mengembangkan potensi diri jangan sekedar hanya menonton pasif.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gunakanlah Youtube Sebagai Media Belajar Untuk Mengembangkan Potensi Diri"