Contoh Proposal Usaha

Anda ingin terjun ke dunia bisnis atau kewirausahaan? sebaiknya cobalah untuk membuat proposal usahanya terlebih dahulu. Bagaimana cara membuatnya? berikut saya temukan contoh sebuah modul pelatihan pengembangan usaha yang di susun oleh Sanromo, A.Pi, M.Ed dari Kementrian Kelautan dan Perikanan. Dalam modul tersebut dijelaskan tentang cara menyusun proposal seperti untuk pengajuan dana, pendirian usaha perikanan, dan proposal permohonan kredit. Di akhir modul disediakan juga lampiran contoh proposal usaha yang berjudul "Usaha Industri Sari Rumput Laut."
Membuat Proposal Usaha
Pengertian Proposal
Jika kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa indonesia, maka proposal mengandung pengertian yakni sebuah rencana yg dituangkan dalam bentuk rancangan kerja: -- proyek itu belum disetujui oleh pemimpin proyek. Dalam buku Panduan Lengkap Menyusun Proposal yang di tulis oleh Happy Susanto, bahwa proposal berasal dari bahasa inggris dengan asal kata to propose yang artinya suatu bentuk pengajuan atau permohonan. Definisi secara lengkapnya adalah suatu bentuk pengajuan penawaran, baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, ijin, persetujuan, dana dan lain sebagainya (Hariwaijaya, 2005:12-13).

Jenis Proposal
Secara umum ada beberapa jenis proposal yang biasa dibuat oleh seseorang untuk tujuan tertentu. Sebagai contoh proposal bisnis yang bertujuan untuk pendirian usaha. Kemudian proposal proyek misalnya untuk mengajukan dana pada lembaga donor. Selain itu ada juga proposal penelitian seperti yang diajukan oleh seorang mahasiswa ketika membuat skripsi, tesis dan desertasi. Lantas ada juga proposal kegiatan misalnya untuk seminar, lokakarya, pelatihan dan berbagai macam lomba.

Modul Membuat Proposal Usaha - Download

 

Contoh Format  Proposal Pendirian Usaha - Download

  

Contoh Sederhana Proposal Usaha Penggemukan Domba

 

Referensi
  • Happy Susanto. 2009. Panduan Praktis Menyusun Proposal, Penerbit Visimedia, Ciganjur Jakarta
  • Sanromo.2011. Membuat Proposal Usaha: Modul Pelatihan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP), Kementrian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia Online

Komentar