Menjadi Blogger Spesialis

Advertisement
"Rejeki penulis di Internet tidak harus datang langsung dari pembaca-nya, tapi biasanya secara tidak langsung dari mereka yang di untungkan oleh tulisan kita" (Onno W Purbo dalam Linimassa, 2011:76) 
Jangan lama-lama menjadi blogger biasa, saatnya mulai melirik menjadi blogger spesialis. Mungkin bagi teman-teman blogger ada yang bertanya, apa yang dimaksud dengan blogger spesialis dan apa juga itu blogger biasa? Mengingat diblogku ini pernah juga mengulas mengenai jenis blogger berdasarkan tipe dan waktunya (baca: 2 Jenis Blogger Versi Saya dan 2 Jenis Blogger Berdasarkan Waktunya).

Dalam pandangan saya blogger biasa dan blogger spesialis ini hanyalah sebagai istilah penyemangat buat para blogger yang hanya dijalankan apa adanya. Blogger biasa ini menulis dengan tema yang beragam. Jika dikaitkan dengan blognya sering pula disebut sebagai blog gado-gado. Jadi, membahas semua tema tanpa terkecuali. Selain blog gado-gado, dalam dunia blogging sering juga menyebut istilah niche blog, yakni blog yang hanya membahas satu topik saja. Jadi, di fokuskan pada satu tema bahasan.

Lalu, apa kaitannya dengan blogger spesialis? Begini, blogger spesialis itu adalah blogger yang tulisannya berisi sesuai dengan keahlian (skill) si penulisnya. Dalam hal ini, tentu ia telah memiliki personal branding yang bisa dibanggakan. Sebut saja misalnya karakternya yang baik, latar belakang pendidikannya, karya yang hebat, berprestasi, bahkan hingga mempunyai pengalaman-pengalaman kerjanya yang bagus pada bidang yang dikuasainya.

Blogger spesialis adalah blogger yang mengkedepankan profesionalitas. Setiap tulisannya mencerminkan keahlian dibidangnya. Pembahasannya hanya difokuskan pada objek spesialisnya. Untuk memudahkan, coba kita melihat profesi dokter, yaitu ada dokter umum dan dokter gigi. Kemudian ada juga dokter spesialis yaitu dokter yang mengkhususkan diri dalam suatu bidang ilmu kedokteran tertentu. Misalnya spesialis anak, spesialis anestesi, spesialis bedah, spesialis farmakologi klinik, spesialis kedokteran forensik dan masih  banyak spesialis lainya. Untuk mencapai spesialis itu, maka diharuskan menempuh pendidikan profesi pasca sarjana.

Lalu bagaimana dengan blogger? Apakah untuk mencapai spesialis itu diharuskan menempuh pendidikan profesi seperti dokter diatas? Kalau memang demikian, saya yakin nanti akan jarang sekali yang ingin menjadi blogger. Pendidikan bagi seorang blogger hanyalah faktor penguat dalam personal branding seseorang. Artinya menjadi seorang blogger itu tidak harus mempunyai banyak syarat misalnya tingkat pendidikan harus ini, harus itu. Menjadi seorang blogger spesialis itu hanya memerlukan faktor pengalaman atau jam terbang yang tinggi. Faktor skill yang diutamakan. Sebagai contoh ada seorang pebisnis online yang sukses. Pebisnis online tersebut kemudian berkecimpung dalam dunia blogger. Lantas, dalam blognya ia menulis banyak tips dan trik berbisnis online berdasarkan pengalamannya selama menggeluti bisnis online tersebut. Setelah dua tahun, ia mulai berani menyatakan bahwa ia adalah seorang blogger spesialis bisnis online.

Contoh blogger spesialis bisnis online diatas tentu melalui proses panjang. Pertama, pengalamannya atau skill selama berbisnis online merupakan modal utamanya. Sedangkan waktu adalah yang mematangkan dirinya untuk menjadi blogger spesialis ahli dalam berbisnis online. Jika ia mempunyai tingkat pendidikan misalnya  sarjana lulusan ekonomi atau komputer, maka itu akan menjadi nilai tambah tersendiri. Apalagi kalau pendidikannya hingga master dengan konsentrasi jurusan yang sama pula. Akan menjadi nilah tambah lagi apabila ia juga mempunyai karya yang telah publikasikan. Misalnya ia telah menulis buku-buku tentang bisnis online.

Kelebihan Blogger Spesialis
Dengan memfokuskan diri menjadi blogger spesialis, maka ada beberapa kelebihan yang akan kita dapatkan. Pertama, keahlian yang diakui. Seorang blogger spesialis selalu mengkedepankan pengalaman dan karya yang ada ditengah-tengah masyarakat. Pengalaman itu ia dapatkan selama menjalani pekerjaannya baik yang dilakukan secara mandiri maupun selama bergabung dibadan korporasi atau pemerintahan. Sedangkan karyanya yang ada di tengah-tengah masyarakat bisa berupa ide dan gagasan yang tertuang dalam berbagai bentuk bisa berjenis buku, master file, fisik barang ataupun produk yang beredar.

Kelebihan blogger spesialis
Kedua, dengan menjadi blogger spesialis, maka akan semakin meningkatkan keahlian personal pada bidang yang menjadi objek garapannya karena ia lakukan secara konsisten dan lebih fokus. Hal tersebut jika dijalankan akan semakin menambah pengalaman karena akan banyak menemui sesuatu hal yang baru.

Ketiga, menjadi blogger spesialis akan terus dapat memancing ide-ide segar yang berpotensi melahirkan inovasi baru. Untuk mencapai ini, tentunya diperlukan konsistensi dan waktu yang tidak instan. Biasanya akan melalui serangkaiana proses yang harus dijalani.

Keempat, dengan menjadi blogger spesialis berarti secara tidak langsung akan menjadi seseorang yang memperkaya pengetahuan. Kenapa?  Karena semua pengalaman yang masih terekam dalam otak itu (tacit knowledge) telah berubah menjadi teks yang lebih terstruktur (explicit knowledge). Inilah yang lebih penting karena jarang sekali pengetahuan-pengetahuan berdasarkan pengalaman itu dapat terdokumentasikan ke dalam bentuk tulisan.

Bagaimana Menjadi Blogger Spesialis?
Untuk menjadi blogger spesialis, maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Pertama, harus berdasarkan minatnya karena ini yang akan dapat dijalani dengan kesenangannya. Sehingga ia tidak merasa menjadi beban berat ketika menuliskannya.  Ia akan menjadi produktif karena menulis berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukannya. Kedua, jika sudah menemukan minat pada bidang tertentu, silahkan mulai menuliskan secara bertahap artikel-artikelnya berdasarkan minat yang akan didalami. Ketiga, teruslah menulis sembari meningkatkan pengetahuan dari literatur-literatur yang dibutuhkan.

Beberapa Contoh Bidang Garapan Blogger Spesialis
Berikut ini beberapa contoh bidang garapan untuk menjadi seorang blogger spesialis. Contoh yang saya tampilkan ini hanyalah sedikit saja. Kawan-kawan bisa mengembangkan dan mencarinya sendiri sesuai dengan ide yang inginkan. 
  • Wisata
  • Bisnis
  • Motivasi
  • Dunia menulis
  • Template blog
  • Otomotif
  • Olah raga misal bola, bulu tangkis, motor gp, tinju, bersepeda, dll
  • Dunia guru misal bidang matematika, fisika, kimia, biologi, dll
  • Fashion
  • Dunia komputer dan internet
  • Sejarah
  • Filsafat
  • Metode penelitian
  • Arsitektur
  • Ahli bahasa
  • Komunikasi
  • Sosial politik
  • dll
Contoh-contoh diatas hanyalah sedikit yang tampak. Masih banyak bidang garapan lainya yang bisa difokuskan guna menjadi seorang blogger spesialis terutama yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Siap untuk menjadi blogger spesialis?

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menjadi Blogger Spesialis"