Tips Membuat Judul Buku Populer

Advertisement
Menarik sekali dengan apa yang dipaparkan oleh kepala biro perencanaan kantorku siang tadi ketika menjadi narasumber dalam workshop cara gampang menulis artikel atau buku populer. Salah satunya yang sudah di praktekan adalah bagaimana tips membuat judul buku populer? Ketika seseorang menulis buku, maka hendaknya penulisan atau pemilihan judul harus lebih menggigit dan berbeda dari biasanya sehingga pembeli dapat tertarik dan merasa penasaran. Sebelum melihat isi, biasanya calon pembeli juga akan membaca judulnya.
Yusri Heni
Dalam menulis buku, setiap orang akan mempunyai cara dan gayanya tersendiri. Namun, satu yang pasti dilakukan oleh semua penulis adalah mereka akan menuliskan judul bukunya. Penulisan judul itu entah diawal ketika akan menulis atau setelah isi buku selesai, baru kemudian menulis judul. Semua cara itu akan tergantung pada setiap penulisnya masing-masing. Saya sendiri ketika menulis buku melalui dua cara tersebut. Akan tetapi, kadang-kadang setelah membuat judul kemudian kerangka dan isi buku, maka diakhir kepenulisan seringkali terjadi perubahan judul (revisi) hingga beberapa kali.

Dari hasil workshop siang tadi, setidaknya ada empat langkah tips sederhana untuk membuat sebuah judul buku populer. Pertama, buatlah sepuluh judul alternatif dengan satu tema. Kedua, saringlah menjadi tiga saja. Ketiga, lakukan survei sederhana. Terakhir, diskusikan dengan penerbit. Berikut uraian singkatnya dari empat langkah tersebut.

Buat Sepuluh Judul
Tulislah dengan tema bebas 10 judul yang akan digunakan untuk judul sebuah buku populer. Judul yang ditulis harus satu tema. Sebagai contoh berikut 10 judul alternatif untuk buku tentang internet marketing dengan cara mencari dolar lewat blog.
  • Cara Mudah Mendapat  Dolar Dari Internet
  • Ngeblog Asyik Dapat Dolar
  • Kerja di Rumah Online Dapat Dolar
  • 1000$ Perbulan Dari Internet
  • Mudahnya Mendapat Dollar dari Internet
  • Berburu Dolar Dari Ngeblog
  • Menjadi Blogger Pemburu Dolar
  • Sukses Ngeblog Berburu Dolar
  • Membuat Blog Tambang Dolar
  • Hobi Ngeblog Dapat Dolar
Pilihlah Tiga 
Dari 10 judul itu, sekarang pilihlah tiga. Caranya coba buat semacam vooting lalu sebarkan ke teman-teman dekat kita misal melalui sms, email, facebook, twitter dan media lainya. Tanyakan kepada teman-teman kita, kira-kira dari sepuluh itu pilihlah tiga judul yang paling menarik.

Survei Sederhana
Setelah mendapatkan tiga judul, sekarang buat survei sederhana. Survei terkait tiga judul buku yang akan ditulis tersebut. Misalnya mengenai bahan-bahan referensi yang mendukung dalam menulis buku. Cek kondisi dilapangan apakah banyak data-data yang bisa dijadikan informasi untuk bahan-bahan menulis. Survei juga bisa mengenai buku-buku yang sudah beredar dipasaran dengan tema yang sedang kita garap. Ini penting barangkali buat perbandingan.

Diskusi Dengan Penerbit
Jangan lupa diskusikan juga dengan penerbit misalnya editor buku yang bekerja di penerbit tersebut. Diskusi bisa mengenai pangsa pasar, rencana isi buku yang akan ditulis, kriteria naskah yang dimuat dan lain sebagainya. Pendek kata lakukan komunikasi dengan penerbit. Khusus untuk penerbitan buku sekarang tidak harus diterbitkan melalui penerbit major. Namun demikian, bisa dilakukan dengan metode self publishing. Sehingga isi buku akan bisa dibuat lebih bebas tanpa harus ada peraturan-peraturan seperti penerbit major. Apabila kita menggunakan metode self publishing, maka kita sendiri yang harus aktif untuk mempromosikan buku tersebut. (Baca juga: Daftar Penerbit Yang Menerima Naskah Buku Komputer dan Internet).

Jika diperhatikan, sepertinya langkah-langkah diatas adalah untuk mereka yang menulis buku dengan metode penentuan judul terlebih dahulu. Terkadang tidak sedikit penulis yang mempunyai metode lain misalnya hal pertama yang dilakukan adalah menentukan tema, kemudian membuat kerangka, lalu mencari bahan-bahan referensi, membut isi buku dan baru kemudian judul. Jadi, sebagian penulis ada yang menentukan judul diakhir kepenulisan setelah proses editing selesai.

Semoga empat langkah diatas dapat bermanfaat bagi kawan-kawan yang ingin menulis buku-buku populer. Pembahasan diatas adalah salah satu sub pokok dari rangkaian kegiatan workshop yang baru saya ikuti siang tadi. Sebenarnya masih banyak sub pokok pembahasan lainya yang lebih menarik misalnya kenapa harus menulis, manfaat menulis, bagaimana membuat kerangka tulisan buku, jenis tulisan, dan lain sebagainya. Untuk silde presentasi, Insya Allah akan saya share diblog ini ya. Oh ya satu lagi, kegiatan workshop ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan knowledge management dikantorku.

Informasi Narasumber:
  • Nama:  Ir.Yusri Heni Nurwidi Astuti, M.Eng
  • Jabatan: Kepala Biro Perencanaan BAPETEN
  • Pendidikan: S2 Sistem dan Teknologi Energi, Teknik Kimia UGM
  • Telah banyak menulis artikel ilmiah untuk prosiding baik nasional maupun internasional
  • Salah satu bukunya yang diterbitkan Gramedia dengan judul Improving Our Safety Culture: Cara Cerdas Membangun Budaya Keselamatan Yang Kokoh
Salam blogger pustakawan

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Judul Buku Populer"