15 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengobati Kencing Manis

Advertisement
Saat masih bekerja di Pemda Indramayu, sebagian besar teman-teman kantorku itu sudah berumur diatas 50 tahun. Diantara beberapa teman seprofesi itu ada beberapa orang yang sudah lama mengidap penyakit kencing manis (Diabetes melitus). Sehingga beberapa teman seprofesiku itu harus minum obat kimia secara teratur. Padahal, selain obat kimia, hidup di Indonesia itu hendaknya kita bersyukur lho karena ada banyak jenis tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati kencing manis. Kira-kira jumlah tanaman obat tersebut ada sekitar 15 jenis. Tinggal kita mau tidak untuk bersusah payah mencari informasi akuratnya berdasarkan sumber primer yang terpercaya.
15 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengobati Kencing Manis
Salah satu situs yang dapat kita ambil informasinya mengenai tanaman obat di Indonesia adalah IPTEKnet. Di situs tersebut ada pangkalan data yang berisi jenis-jenis tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing manis lengkap dengan cara pamakaiannya. Pangkalan data IPTEKnet juga menyediakan informasi khsusus mengenai tanaman anggrek, rumput laut, lingkungan hidup, Invertebrata, dan masih banyak yang lainya. IPTEKnet adalah salah satu unit usaha kerja di bawah Kedeputian Teknologi Informasi Energi dan Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.

Sebagai bahan informasi berikut saya rangkum 15 jenis tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis disertai dengan nama latin dan link gambar yang diambil dari pangkalan data Tanaman obat IPTEKnet meliputi uraian, cara pemanfaatannya serta komposisi kandungan kimia dan efek farmakologisnya.
NoNama Tanaman ObatNama LatinDetail
1Daun Sendok Plantago mayor L.
2KompriSymphytum officinale L. Em,
View
3Murbei     Morus alba L.
View
4Sambiloto Andrographis paniculata Ness.
View
5Pulai Alstonia scholaris [L.] R. Br.
View
6Teh     Camellia sinensis [L.] Kuntze
View
7Apel     Pyrus malus, Linn
View
8Brotowali Tinospora crispa (L.)
Miers.hen jin t
View
9Kembang Pukul EmpatMirabilisjalapa Linn.
View
10AlpokatPersea gratissima Gaertn
View
11Bidara Upas Merremia mammosa (Lour.)
Hall.f.
View
12Lenglengan Leucas lavandulifolia Smith
View
13MahoniSwietenia mahagoni Jacq.
View
14Pare Momordica charantia L.
View
15Salam Syzygium polyanthum (Wight.)
Walp
View
15 jenis tanaman obat diatas sangat mudah ditemukan di wilayah Indonesia. Biasanya dipekarangan-pekarangan rumah warga seringkali tidak disadari keberadaanya. Sebagai contoh dipekarangan rumahku banyak sekali tanaman daun sendok, sambiloto, brotowali, pare dan daun salam. Bahkan emaku sering membuat masakan tumbuk pare dengan sambel kelapa. Selain pare, emaku juga sering mengambil daun salam dibelakang rumah untuk campuran masakan misalnya sayur asem.

Dari 15 jenis tanaman obat itu bahkan ada juga yang termasuk tanaman liar yang tumbuh dengan mudah di tanah-tanah kosong, pinggir sungai, dan tempat pekarangan warga yang tidak terurus. Misalnya daun sendok, sambiloto, pulai, bidadara upas, lenglengan, mahoni, dan daun salam. Banyaknya jenis tanaman obat di Indonesia hendaknya ini bisa menjadi obat sederhana yang  bisa teman-teman sebarkan kepada saudara, kawan atau siapa saja yang terkena penyakit kencing manis. Namun demikian, untuk setiap cara pemakaiannya harus diperhatikan sesuai aturan yah. Oleh karena itu, baca dengan teliti setiap petunjuk yang ada di pangkalan data Tanaman Obat IPTEKnet diatas.

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "15 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengobati Kencing Manis"