Khasiat Tanaman Obat Kapasan Atau Gandapura

Advertisement
Banyak sekali khasiat tanaman obat kapasan atau gandapura seperti mengobati masuk angin, membantu mengobati batuk, menurunkan demam tinggi, mengobati sakit kepala, mengobati sukar buang air besar (konstipasi), obat penyakit kulit, melancarkan pengeluaran nanah dan peluruh kencing (diuretik).

Tanaman obat yang dikenal sebagai penghasil minyak kasturi ini banyak memiliki nama lain yang berbeda untuk setiap daerah yang ada di wilayah Indonesia. Misalnya di pulau Jawa sering disebut Kakapasan, kaworo, kapasan, kasturi, regula, rewulow, waron, kastore, dan bukal. Kemudian di pulau Sumatera terkenal dengan sebutan Gandapura, kapas sedeki. Sedangkan di Maluku dan Ternate sering disebut kasturi. Di tanah sunda disebut dengan Kakapasan. Di Madura disebut dengan Kastore bukal dan di Lampung disebut dengan Kapas sedeki.

Khasiat Tanaman Obat Kapasan Atau Gandapura

Ciri Tanaman Obat Gandapura / Kapasan
Sinonim dari Akar Kapasan Atau Gandapura yaitu Hubiscus abelmoschus atau Abelmoschus moschatus. Untuk kandungan kimia yang terdapat dalam daun, akar dan batangnya meliputi Saponin, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri. Gandapura adalah tanaman liar dengan tinggi 1/2 - 3 meter. Untuk ciri tanaman Gandapura memiliki batang tegak, berkayu, bulat, licin, dan berwarna cokelat. Daunnya tunggal berwarna hijau dan berbentuk lonjong. Kemudian ujung runcing, pangkal membulat, tepi bergerigi dan pertulangan menyirip.

Cara pemakaian Kapasan / Gandapura
Bagian utama yang berkhasiat dari tanaman obat Kapasan / Gandapura adalah akarnya. Selain itu juga biji, daun dan bunga. Untuk bijinya bisa digunakan sebagai campuran kosmetik, obat gosok rematik, dan campuran pada bedak untuk melembutkan kulit serat obat ruam kulit. Khasiat lain dari daun, bunga, dan bijinya juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi serangga.

Berikut cara pemakaian tanaman obat kapasan / gandapura:

Untuk obat yang diminum
  • Rebuslah 10-15 gram akar segar Gandapura
  • Lalu minumlah air rebusannya.
Untuk pengobatan pemakaian luar
  • Cuci daun segar Gandapura
  • Kemudian giling sampai halus
  • Bubuhkan ramuan tersebut pada bisul, koreng, atau pada tulang yang patah (fraktur)
  • Lalu balut dengan kain perban.
Cara lainya:
  • Rendam bunga dalam minyak kelapa
  • Kemudiana oleskan pada luka bakar atau luka akibat tersiram air panas.
Untuk mengobati batuk
  • Cuci 10 gram akar kapasan / gandapura segar
  • Kemudian potong tipis-tipis
  • Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas
  • Setelah dingin, saring dan minumlah sehari dua kali, masing-masing setengah (1/2) gelas.
 Kandungan Komposisi Kapasan Atau Gandapura
AkarBijiDaunBunga
minyak asiri, lemak, asam palmitat, sterol/ terpena-cephalin, fosfatidilserine, plasmalogen, fosfatidilkoline plasmalogen, ambrettolid, ambretol, afamesol, furfural, tanin clan minyak asiri.a-sitosterol, a-D-glikosida, dan tanina-sitosterol, mirisetin, dan glikosida.
Kapasan atau Gandapura adalah tanaman obat yang khasiatnya tidak diragukan lagi. Uraian mengenai khasiat tanaman obat dari keluarga malvaceae diatas telah tertuang jelas dalam Katalog Sentra Informasi IPTEK Tanaman Obat Indonesia. Disamping itu, tentu saja telah terdaftar dalam Bank Data Obat Bahan Alam Indonesia yang dibuat dan dikelola oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Republik Indonesia.

Semoga bermanfaat. Salam pustakawan blogger

Referensi
www.pom.go.id
www.iptek.net.id
Suharmiati,dkk. 2005. Ramuan Tradisional untuk Keadaan Darurat di Rumah. Depok: Agro Media Pustaka
Yuliah. Tanaman Bunga Disekitar Kita. Citra Cipta Purwosari (CCP)

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Khasiat Tanaman Obat Kapasan Atau Gandapura "