Ahmad Ataka: Dari Penulis Fiksi Hingga Beasiswa ke Universitas Oxford

Advertisement
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill) 
Kalau tidak salah di tahun 2007-an Kick Andy pernah mewawancarai beberapa penulis hebat. Tema acaranya adalah "Cara Gila Menulis Buku". Dari beberapa penulis yang diwawancarai itu, ada seorang pelajar SMP berumur 13 tahun yang sudah menerbitkan 3 buku fiksi. Bahkan saat itu, pelajar tersebut mengatakan ada satu buku yang masih dalam proses menulis dengan jumlah sekitar 800 halaman. Di tahun 2014 ini, Pelajar tersebut telah lulus seleksi penerima beasiswa Presiden Republik Indonesia di Universitas Oxford. Siapa kira-kira pelajar tersebut? Dialah Ahmad Ataka Awwalur Rizqi, seorang mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM yang telah menorehkan segudang prestasi. Mari kita lihat satu-persatu apa saja prestasi yang telah di torehkan oleh pecinta pelajaran fisika ini.


1. Umur 13 Tahun Menulis Buku Fantasi 
Karena seringnya membaca buku-buku novel fiksi fantasi seperti Harry Potter dan Lord of the Ring, maka Ataka telah menulis buku fantasi seperti Misteri Pedang Skinheald #1, Sang Pembuka Segel (Alenia, 2005), Misteri Pembunuhan Penggemar Harry Potter (Liliput, 2005) serta Misteri Pedang Skinheald II: Awal Petualangan Besar (Copernican, 2007). Pecinta cerita detektif Sherlock Holmes ini mengaku bahwa selain mendapatkan Ide menulisnya dari membaca buku juga berasal dari menonton film.

2.  Mengikuti Program JENESYS ke Jepang
Di tahun 2008, Ataka pernah mengikuti program JENESYS ke Jepang. Program JENESYS adalah program yang mempromosikan pertukaran pemuda di kawasan Asia Timur (negara-negara ASEAN, Australia, China, India, Selandia Baru, dan Korea Selatan) dengan tujuan memperdalam rasa saling pengertian di antara para remaja yang merupakan generasi penerus yang akan berperan penting di negara-negara peserta. Lebih jauh tentang program ini silahkan baca disini.

3. Pemenang Medali Perak Olimpiade Fisika Internasional 
Awalnya ia senang dengan matematika. Namun, ia merasa terjerumus secara tidak sengaja dibidang fisika, selanjutnya lambat-laun ia seriusin hingga pada tahun 2008 pernah mendapatkan medali perunggu, 2009 mendapatkan medali emas nasional, 2010 pernah mendapatkan medali perunggu di tingkat asia dan puncaknya  tahun 2010, Ahmad Ataka Awwalur Rizky pernah meraih medali perak dalam Olimpiade Fisika Internasional ke-41 di Zagreb, Kroasia. Ia mewakili Indonesia beserta 4 orang temannya yang memperoleh medali emas.
 
4. Juara Kedua Kompetisi Muatan dan Roket Indonesia (Komurindo) 2013 
Lelaki kelahiran Banyuwangi pada tahun 1992 juga telah memenangi Kompetisi Muatan dan Roket Indonesia (Komurindo) 2013 sebagai juara II dengan kategori Muatan Roket yang diadakan di Balai Produksi dan Pengujian Roket LAPAN Pamengpeuk Garut, serta di lapangan Santolo, Cilauteureun. Ia bersama timnya yang disebut Tim Gathotkaca dari UGM beranggotakan Ahmad Harist Jualianto (Elektronika dan Instrumentasi) dan Luqman Muhardian (Teknik Mesin). Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) bekerja sama dengan Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI) yang berlangsung selama empat hari yakni dari hari Selasa-Minggu, tanggal 29 Mei-2 Juni 2013.

5. Rekor Muri Kaos Pintar
Ahmad Ataka adalah salah satu pencetus desain Kaos Pintar. Kaos tersebut di buat dengan tujuan agar anak-anak Indonesia bisa cepat menghafal rumus. Kaos biasanya akan sering dipakai dan dilihat sehingga akan memudahkan ketika menghapalnya. Kaos pintar juga mendapatkan Rekor Muri pada bulan Juli 2011 sebagai kaos edukasi yang bertema rumus-rumus fisika dan matematika pertama di Indonesia. 

6. Penerima Beasiswa Presiden RI
Berdasarkan surat Kemenkue Nomor Kep-53/LPDP/2014 Tentang Penetapan Hasil Seleksi Administrasi Calon Penerima Beasiswa Presiden Republik Indonesia Megister dan Doktor Luar Negeri Tahun 2014, Ahmad Ataka Awwalur Rizqi adalah salah satu calon penerima yang lulus seleksi administrasi dengan tujuan Universitas Oxford di Inggris. Untuk kelanjutan berita ini, kita tunggu perkembangannya ke depan.

Surat Kemenkue Yang Lulus Seleksi Beasiswa Presiden RI  Ahmad Ataka Nomor Urut 5 (klik untuk memperbesar)
Surat Kemenkue Yang Lulus Seleksi Beasiswa Presiden RI  
Ahmad Ataka Nomor Urut 5 (klik untuk memperbesar)



Ahmad Ataka Awwalur Rizqi Ketika di Acara Kick Andy Tahun 2007

Video Profil Ahmad Ataka Awwalur Rizqi

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ahmad Ataka: Dari Penulis Fiksi Hingga Beasiswa ke Universitas Oxford "