Membuat Watermark Pada Gambar / Foto Secara Online

Advertisement
Pernah liat gambar atau sebuah foto di internet? kemudian ada teks transparan yang tertulis di gambar tersebut? itulah yang dinamakan watermark. Tujuan dari watermark gambar atau foto adalah memberitahukan kepada user bahwa gambar tersebut adalah milik dari sang pemberi watermark. Istilah kerennya dinamakan copyright. Nah, terkait hal itu banyak sekali software-software gratis khusus untuk membuat watermark gambar / foto. Namun yang paling sederhana adalah menggunakan Paint jika anda menggunakan Windows sebagai operating systemnya. Software-software berbayar lainya misalnya dengan memanfaatkan Corel Draw. Di Linux Ubuntu, saya juga sering menggunakan Gimp untuk membuat watermark. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan memanfaatkan free online tools yang ada di internet sehingga pembuatannya dilakukan secara online.

Membuat watermark secara online pada gambar atau foto dengan free online tools adalah cara yang paling mudah dan simpel karena tanpa harus menginstal softwarenya. Website yang menyediakan layanan tersebut jumlahnya sangat banyak. Namun, saya mencoba salah satunya yakni www.umarkonline.com. Memanfaatkan aplikasi watermark di website ini sangat mudah. Hanya upload, lantas menyetting teks, ukurannya hingga letak teksnya dan menyimpan kembali di hardisk anda. Ok, berikut tutorial singkatnya:
  • Buka browser anda dan ketikan www.umarkonline.com
Tampilan Website umarkonline.com
Gambar 1. Tampilan Website umarkonline.com
  • Klik Browse dan masukan gambarnya. Kemudian klik Upload. Lihat gambar 2.
Upload Gambar / Foto
Gambar 2. Upload Gambar / Foto
  • Tunggu beberapa detik. Jika sudah keluar seperti gambar 3, maka silahkan isikan kolom yang bertuliskan "Watermark Text". Kemudian pada tulisan "Font" silahkan pilih jenis hurufnya termasuk ukurannya. Selanjutnya centang "B" untuntuk menebalkan atau tanda "/" pada kotak yang telah disediakan untuk memiringkan teks. Untuk merubah transparansi gambar geser kotak kecil "Transparency". Sedangkan untuk merubah warna teks ketikan kode warnanya. Silahkan cek di internet untuk melihat kode warna berdasarkan HTML. Untuk merubah posisi watermark, centang pada pilihan button yang tersedia tepatnya dibawah tulisan "Position".  
Membuat Watermark
Gambar 3. Membuat Watermark
  • Terakhir, klik kanan dan simpan gambar.
Catatan: Extension gambar otomatis berubah ke PNG sedangkan ukuran gambar tetap sesuai dengan gambar aslinya.

Untuk lebih jelasnya lihat video tutorial singkat dibawah ini:

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Watermark Pada Gambar / Foto Secara Online"