Definisi dan Contoh CV aka Curriculum Vitae

Advertisement
Berbicara mengenai CV aka Curriculum Vitae, saya jadi teringat kira-kira sudah berapa kali saya telah membuatnya. Yang jelas ketika mulai lulus menimba ilmu di Yogyakarta, sejak saat itulah saya banyak membuat CV untuk melamar pekerjaan, kemudian untuk mengikuti lomba menulis dan lomba pustakawan, CV sebagai lampiran untuk menerbitkan buku dan tulisan di koran, dan juga CV sebagai lampiran ketika menulis skripsi. CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi ringkasan perjalanan pendidikan serta aktivitas professional  seseorang. (Redaksi Tangga Pustaka: 80). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia CV mempunyai pengertian atau definisi yakni uraian tentang segala sesuatu yang telah dialami (dijalankan) seseorang.

Fungsi Curriculum Vitae (CV)
Banyak fungsi dari CV ini misalnya yang paling sering digunakan adalah untuk melamar sebuah pekerjaan. Di samping itu juga bisa untuk mendaftar beasiswa, seminar, lomba-lomba dan sebagai lampiran pendukung ketika mengirim sebuah tulisan baik ke surat kabar yang berbentuk opini dan cerpen atau dalam bentuk buku ke penerbit. Tidak hanya itu, ketika kita menulis skripsi atau tesis, biasanya akan di lampirkan pula CV dari seorang penulisnya.

Informasi Ideal CV
Idealnya sebuah CV atau Curriculum Vitae biasanya akan berisi informasi-informasi seperti nama, alamat, jenis kelamin, agama, nomor telepon, email, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, informasi tambahan, riwayat pendidikan, pengalaman bekerja, pengalaman organisasi, keterampilan lain, minat atau hobi, referensi dan prestasi. Agar bertambah jelas berikut contoh-contoh CV yang saya ambil dari website BKN, website luar, kementrian keuangan, kementrian lingkungan hidup, UII, Pertamina dan dari buku berjudul 15 Menit Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif.

Contoh-Contoh CV / Daftar Riwayat Hidup:
Contoh Curriculum Vitae (CV) Secara Umum
Contoh Curriculum Vitae (CV) Secara Umum
Contoh Curriculum Vitae (CV) Secara Umum
Contoh Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Peraturan Kepala BKN (PNS)


Contoh Curriculum Vitae Berbahasa Inggris


Contoh CV lainya seperti:
Referensi
Paramitha Selviana Oktora, 2007. Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Kerja & Curriculum Vitae (CV) Indonesia-Inggris, Visi Media, Yogyakarta.

Redaksi Tangga Pustaka, 2009. 15 Menit Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif (Indonesia - Inggris).Tangga Pustaka, Jakarta.

http://bahasa.kemdiknas.go.id

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Definisi dan Contoh CV aka Curriculum Vitae"