Lima Berita Utama Dalam Dunia PNS

Advertisement
Tulisan ini hanyalah pengantar tidurku di malam hari setelah menyusuri jalan dari Tanah Abang menuju Sudimara dengan KRL karena hendak pulang yang larut malam. Saya ambil untuk judul tulisan ini masih seputar dunia pekerjaanku yakni dunia Pegawai Negeri Sipil (PNS). Judul pastinya adalah Lima Berita Utama Dalam Dunia PNS. Artinya selama saya menjadi PNS ini, paling tidak ada lima hal yang bisa di katakan menjadi berita atau topik utama yang selalu ditunggu-tunggu. Apa saja lima berita utama tersebut? Penasaran? Mari kita lihat uraiannya satu persatu.

5 Berita Utama Dalam Dunia PNS

Kenaikan Gaji dan Tunjangan
Berita kenaikan gaji dan tunjangan. Tunjangan mencakup, baik itu tunjangan profesi, istri/suami, atau anak adalah berita yang sangat di tunggu-tunggu oleh para PNS. Seperti kita ketahui setiap berita kenaikan gaji dan berbagai macam tunjangan PNS  itu pasti tidak luput dari pemberitaan media massa. Alhasil, mendadak banyak PNS yang hobi baca, walau hanya sesaat.

Tunjangan Kinerja / Remunerasi
Baru-baru ini setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani Perpres tentang tunjangan kinerja atau remunerasi PNS untuk 27 Kementerian/Lembaga, maka lagi-lagi banyak PNS menjadi gila baca terutama membaca informasi tentang kepastian tunjangan kinerja dan pembayarannya. Penandatangan Perpres ini semoga saja tidak ada unsur politis yang notabene sebentar lagi akan diadakan pesta demokrasi di negeri tercinta kita ini.

Rotasi Pejabat
Nah klo berita mengenai rotasi pejabat di institusi manapun akan selalu menjadi berita yang rahasia sebelum diadakan pelantikan. Harap-harap cemas bagi para pejabat yang di undang untuk pelantikan. Di sisi lain akan tersiar desas desus berita khususnya di kalangan bawahnya. Pada kondisi inilah PNS akan menjadi komunikator dan komunikan ulung. Sigap menjadi penyebar informasi dan siap menjadi pendengar setia walau rotasi pejabat masih menjadi rahasia.

Besarnya Anggaran Kegiatan
"Berapa besarnya anggaran kegiatan tahun ini? Semoga saja tidak di coret!" Dua kalimat itulah yang sering saya dengar ketika para PNS saling bertanya antara satu dengan yang lainya. Muka para PNS akan terjadi aksi reaksi bilamana mendengar berita yang tidak sesuai harapan, lebih-lebih bagi atasan. Tidak hanya itu kalimat seperti "Realisasi sudah berapa? sisa tinggal berapa? Apakah anggaran sudah terserap? Berapa % anggaran yang sudah terealisasi/terserap?" Rasa-rasanya kalimat-kalimat itu menjadi sering diucapkan manakala berada di ujung akhir tahun.

Mutasi PNS
Berita khusus mengenai mutasi PNS tentunya selalu menjadi topik yang utama dan selalu di cari-cari oleh para PNS yang ingin melakukan mutasi. Nyatanya ketika saya menulis artikel singkat  tentang Tips Mutasi PNS: Sebuah Pengalaman Pribadi, disana banyak dari teman-teman PNS yang bertanya. Oleh karena itu berita tentang Mutasi PNS akan terus selalu manjadi topik utama sampai kapanpun.

Nah, itulah lima berita utama yang ada dalam dunia PNS. Dari sederet lima berita itu tentu saja masih banyak berita-berita yang lainya. Misalnya tentang lowongan CPNS dan desas desus tarif untuk masuk CPNS. Lantas, kenapa dua itu tidak saya masukan? karena dua berita itu tidak akan menjadi perbincangan utama di kalangan PNS. Dua berita itu akan menjadi populer oleh orang-orang yang ingin mencari kerja untuk menjadi PNS. Sekali lagi ini hanyalah sebuah tulisanku untuk pengantar tidur. Jadi bisa saja yang membacanya juga baru terbangun dari tidur. Maaf ya? Saatnya tidur.....

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lima Berita Utama Dalam Dunia PNS"