Contoh Pergola Lengkung Bahan Besi di Taman

 Pergola. Apa itu pergola? Dalam KBBI Daring mendefiniskan pergola, yakni:

  • n Ars struktur luar ruangan, atapnya tersusun dari rusuk kayu yang sejajar berseling, berfungsi sebagai peneduh
  • n displang
Pergola yang saya maksud adalah pengertian yang pertama, tetapi tentu saja bukan hanya berfungsi sebagai peneduh semata. Fungsi lainnya terkait estetika. Pergola sendiri bisa diletakan di taman-taman ruang publik atau juga di taman halaman depan rumah. Biasanya diletakan di depan pintu masuk.

Bisa juga diletakan di tengah-tengah taman yang mengiasinya, di tempat duduk atau mungkin memang sengaja untuk tempat swafoto

Desain pergola ini bentuknya bermacam-macam. Ada yang lengkung, kotak, bahkan bulat. Bahannya juga ada banyak. Mulai dari kayu, besi, semen, rangka baja dan lainnya. 

Ok, kali ini saya punya contoh pergola lengkung dari bahan besi yang dikombinasikan dengan tanaman rambat. Contoh pergola yang saya temukan adalah pergola sederhana dengan tinggi sekitar 1,5-2 meter-an. Tanamannya rambatnya dari air mata pengantin dan yang satunya saya tidak tahu dengan nama tanamannya. Kalau saya perhatikan seperti tanaman hias kangkung-kangungan, tapi yang berbunga ungu. Dokumentasi fotonya bisa dilihat di bawah ini:

Pergola

Untuk review videonya bisa ditonton di bawah ini:

Komentar