3 Ciri Dongeng yang Baik dan Manfaatnya

Sebagai orang tua saya sering mendongeng untuk anak-anak khususnya saat menjelang akan tidur. Sampai-sampai anak-anak saya kecanduan dongeng. Kalau sehari saja saya tidak mendongeng, maka anak-anak akan menagih dan protes. 

Saya mendongeng biasanya apa adanya. Mengalir saja, cerita dunia hewan, tumbuhan yang diberi bumbu-bumbu agar anak menjadi tertarik dan penasaran. Nah, seiring berjalannya waktu, jujur ketika mendonging dulu saya tidak pernah terbesit seperti apa dongeng yang bagus atau baik itu? 

Terkait hal itu, saya pernah membaca buku tentang dongeng yang ditulis Heru Kurniawan, judulnya Keajaiban Mendongeng. Buku itu benar-benar menarik dan menurut saya bagus. Bukunya terstruktur banget. Di dalam buku tersebut dijelaskan mengenai 3 ciri dongeng yang baik dan beberapa manfaat dongeng. Tiga ciri dongeng yang baik itu diantaranya sesuai dengan perkembangan moral anak, sifatnya yang menghibur dan ada unsur edukatif. 

Ok, yang membuat saya jadi penasaran adalah terkait perkembangan moral anak. Seperti apa itu? Teman-teman juga penasaran? Nah, saya sudah membuat vlog singkat terkait hal tersebut. Berikut videonya:


Semoga bermanfaat

Salam,
Pustakawan Blogger

Belum ada Komentar untuk "3 Ciri Dongeng yang Baik dan Manfaatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel