Daftar Produk Hukum Undang-Undang (UU) Tahun 2016: Pengampunan Pajak, Paten, Pemberdayaan Nelayan dan Penyandang Disabilitas

Hingga bulan November 2016, sudah berapakah produk hukum Undang-Undang (UU) yang sudah diterbitkan? Saya mengecek di situs Kementerian Sekretariat Negara ada sekitar 15 produk (Nomor 14 tidak tersedia). Dari 15 produk hukum itu, satu produk hukum UU yang sempat booming oleh pemberitaan media yaitu terkait pengampunan pajak atau yang sering kita sebut Tax Amnesty.

Selain tentang pengampunan pajak, produk hukum lainya yang menarik untuk dibaca saya selaku pustakawan adalah tentang Paten. Silahkan teman-teman bagi yang tertarik tentang seputar paten bisa dibaca pada UU Nomor 13 tahun 2016.

Daftar Produk Hukum Undang-Undang (UU) Tahun 2016

Ada juga Undang-Undang yang terkait pekerjaan dikampungku Indramayu misalnya nelayan, peternak ikan dan petani garam. Saya kira ini menarik juga karena menyangkut bagaimana perlindungan dan pemberdayaan dari ketiga pekerjaan tersebut. Kebetulan tiga pekerjaan dikampungku itu sudah lama ada selain dari petani padi.

Penting Untuk Pustakawan Perpustakaan Umum!
Satu lagi yang harus diketahui untuk para pustakawan khususnya yang bekerja di perpustakaan umum, yakni tentang UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Kenapa ini penting? Karena menyangkut pelayanan umum bagi pemustaka khusus penyandang disabilitas. Ini penting sabagai pedoman perpustakaan umum ketika harus memberikan pelayanan publik terhadap pemustaka berkebutuhan khusus tersebut. Misalnya saja akses kemudahan dalam penggunaan fasilitas perpustakaan bahkan penyediaan koleksinya. Silahkan untuk pengetahuan para pustakawan dibaca apa saja kira-kira nantinya bisa dihubungkan terkait pelayanan publik yang notabene perpustakaan umum adalah perpustakaan untuk semua kalangan tanpa terkecuali.

Berikut daftar produk hukum undang-undang (uu) tahun 2016:
Nomor
Tentang
1 Tahun 2016
Penjaminan
2 Tahun 2016
Pengesahan Persetujuan Antara Pemerintah Republik Indonesia Dan Pemerintah Republik Polandia Tentang Kerja Sama Di Bidang Pertahanan (Agreement Between The Government Of The Republic Of Indonesia And The Government Of The Republic Of Poland Concerning Co-Operation In The Field Of Defence)
3 Tahun 2016
Pengesahan Memorandum Saling Pengertian Antara Pemerintah Republik Indonesia Dan Pemerintah Republik Sosialis Vietnam Tentang Pbningkatan Kerja Sama Antara Pejabat Pertahanan Dan Kegiatan Bidang Pertahanan Terkait (Memorandum Of Understanding Between The Government Of The Republic Of Indonesia And The Government Of The Socialist Republic Of Vietnam On Strengthening Of Cooperation Between Defence Officials And Its Related Activities)
4 Tahun 2016
Tabungan Perumahan Rakyat
5 Tahun 2016
Pengesahan Nota Kesepahaman (Mou) Antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dan Kementerian Pertahanan Republik Federasi Jerman Mengenai Kerja Sama Di Bidang Pertahanan (Memorandum Of Understanding (Mou) Between The Ministry Of Defence Of The Republic Of Indonesia And The Federal Ministry Of Defence Of The Federal Republic Of Germany Concerning Cooperation In The Field Of Defence)
6 Tahun 2016
Pengesahan Persetujuan Antara Pemerintah Republik Indonesia Dan Pemerintah Republik Rakyat China Tentang Kerja Sama Aktivitas Dalam Bidang Pertahanan (Agreement Between The Government Of The Republic Of Indonesia And The Government Of The People’s Republic Of China On Cooperation Activities In The Field Of Defence)
7 Tahun 2016
Perlindungan Dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, Dan Petambak Garam
8 Tahun 2016
Penyandang Disabilitas
9 Tahun 2016
Pencegahan Dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan
10 Tahun 2016
Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang
11 Tahun 2016
Pengampunan Pajak
12 Tahun 2016
Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2016
13 Tahun 2016
Paten
15 Tahun 2016
Pengesahan Maritime Labour Convention, 2006 (Konvensi Ketenagakerjaan Maritim, 2006)
16 Tahun 2016
Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa Mengenai Perubahan Iklim)
Update: November 2016

Download PDF semua UU tahun 2016 

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar