4 Hal Ini Yang Bisa Anda Nikmati Ketika Berencana ke Pantai Wedi Ombo Gunungkidul

Advertisement
Gunungkidul, salah satu kabupaten di Yogyakarta yang mempunyai potensi pariwisata alam lautnya. Dulu ketika saya merantau di kota Gudeg ini, sekitar tahun 2001, saya pernah mengelilingi hampir semua pantai di Gunungkidul, tapi saya lupa nama-namanya karena waktu itu hanya bertandang sebentar dan sebagian besar belum terjamak manusia. Jadi, bisa dikatakan masih murnilah. Dalam artian saat itu memang pihak Pemda belum mengelolanya.

Bersama Teman MIP UGM

Nah, kemarin kebetulan saya bersama teman-teman kampus mengunjungi salah satu pantai yang ada di Gunungkidul. Namanya pantai Wedi Ombo. Kalau di daerahku, kemungkinan wedi amba, artinya pasir luas atau besar. Tapi wedi juga di daerahku juga bisa diartikan 'takut'.

Nikmati Keindahannya

Bersama Teman MIP UGM

Apa yang menarik dan bisa dinikmati dari dari Pantai Wedi ombo? Pertama, saya mengingatkan pada Bali.Ya, Bali dengan pasir warna putihnya. Kebetulan saya pernah mengunjungi salah satu pantai di Bali, Pantai Pandawa (Baca: Menikmati Indahnya Pantai Pandawa Bali). Walaupun jelas keduanya memang beda untuk karakter pantainya. Di Pantai Wedi Ombo, warna pasirnya putih dan lembut kecil-kecil.

Pasir Putih Wedi Ombo

Pasir Putih Wedi Ombo

Kedua, Di Pantai Wedi Ombo banyak batu-batu karang besar. Bahkan ada seperti kolam khusus yang bisa dimanfaatkan untuk renang. Temanku yang sudah mencobanya. Kalau saya cuma lihat karena gak bawa perlengkapan ganti (he..2). Batu-batu karang ini besar banget. Saya sempet mengeksplore naik diatas batu-batu karang itu. Ini dia penampakan batu karang dan kolam-kolam kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berenang:

Kolam- Kolam Pantai Wedi Ombo Kecil Bisa Untuk Berenang

Kolam- Kolam Pantai Wedi Ombo Kecil Bisa Untuk Berenang

Kolam- Kolam Pantai Wedi Ombo Kecil Bisa Untuk Berenang

Foto diatas Batu Karang

Kalau ingin mengunjungi kolam-kolam dengan batukarang besar tersebut, maka ketika menuju pintu masuk bibir pantai, tinggal tengok sebelah kiri, maka akan terlihat hamparan batu karang besar dengan gulungan ombak yang besar juga. Letak batu karang tersebut memang harus dilalui dengan berjalan kaki. Yah, cukup lumayan jauh, bisa buat berkeringat. Untuk mencapainya harus melalui banyak bebatuan, tapi tak melukai kok. Masih aman, kendati tidak pakai alas kaki. Soalnya saya sendiri gak pake alas kaki (he2..).

Habis dari Batu Karang Tinggi dan Kolam Kecil, Melewati Banyak Bebatuan

Tampak Hamparan Batu di Pantai Wedi Ombo

Ketiga, di pantai Wedi Ombo ini adalah ombak besarnya, tentu saja dengan buih putih persis seperti salju. Dari ketinggian batu karang itu, saya melihat seperti tanpa ada batas antara langit dan hamparan birunya laut dengan ombak menggulung dan ketika sampai pada pinggir pantai menghantam karang, disitulah terlihat buih putih seperti salju. Jujur, saya ingin rasanya, langsung terjun di buih putih itu (he..2).

Menikmati Buih Putih di Pantai wedi Ombo

Menikmati Buih Putih di Pantai wedi Ombo

Menikmati Buih Putih di Pantai wedi Ombo

Terakhir, ada satu lagi. Di Pantai Wedi Ombo, sembari mencapai batu karang itu saya menemukan banyak biota laut.Di beberapa kolam-kolam kecil saya bisa melihat jernihnya air sampai terlihat jelas ikanya berenang. Bebatuan yang tertutup tumbuhan semacam lumut hijau juga menarik untuk diamati.

Jernihnya Air di Pantai Wedi Ombo

Nah, sekarang buat teman-teman yang belum pernah berkunjung ke Pantai Wedi Ombo dan ada rencana ingin mengunjunginya, monggo paling tidak ada empat hal itu yang bisa teman-teman nikmati. Selamat berpetualang di Gunungkidul.....

Lokasi Pantai Wedi Ombo:

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Hal Ini Yang Bisa Anda Nikmati Ketika Berencana ke Pantai Wedi Ombo Gunungkidul"