Menikmati Indahnya Pantai Pandawa, Bali

Advertisement
Bali memang surganya pantai indah. Beberapa pantai yang sudah terkenal namanya misalnya pantai Kuta, Sanur, Dreamland, Tanjung Benoa, Jimbaran, Legian dan Seminyak. Selain nama pantai yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak juga yang lainya dan salah satunya adalah pantai Pandawa. Pantai ini masih tergolong baru. Oleh karenanya masih murni dan bersih. Kalau tidak salah, baru dibuka sejak tahun 2002-an. Saya sendiri pernah menikmati indahnya pantai Pandawa, Bali sekitar lima bulan yang lalu. Rute yang saya tempuh untuk mengunjungi pantai ini adalah dari bandara Ngurai Rai melewati Kampus Bukit Jimbaran Universitas Udayana. Selebihnya saya tidak tahu persis jalan mana yang ditempuh karena teman dan mobil yang saya sewalah yang mengantarkanku sampai ke lokasi tujuan. Letak pantai Pandawa berada di desa Kutuh kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali. Kira-kira jaraknya 3 KM dari kawasan Wisata Nusa dua dan Pura Uluwatu.

Pantai Pandawa, Bali (1)

Asal Usul Nama Pantai Pandawa
Sesuai namanya, pantai Pandawa diambil dari dunia pewayangan yakni, kisah Mahabarata. Pantai Pandawa sering disebut sebagai pantai rahasia (Secret Beach) karena lokasinya yang tersembunyi dibalik perbukitan kapur. Konon kabarnya, dahulu untuk menuju pantai Pandawa tidaklah mudah karena harus melewati tebing tinggi dan semak belukar. Kini, dengan perhatian penuh dari Pemerintah Kabupaten Badung, pantai Pandawa dapat dengan mudah dikunjungi karena telah dibuat akses jalan yang bagus.

Salah satu pemandangan yang menjadi ciri khas dari pantai Pandawa ini adalah adanya patung-patung besar Pandawa yaitu Yudhistira / Dharma wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa. Selain itu, ada juga Dewi Kunti, ibu dari kelima bersaudara itu. Patung-patung besar tersebut dipahat ditebing-tebing tinggi secara berurutan sebelum kita sampai pada bibir pantai. Banyak wisatawan yang mencoba mengabadikan kujungannya dipantai Pandawa ini dengan berfoto-berfoto dibawah patung-patung besar itu, termasuk saya, pastinya (he..2).

Foto di depan patung Sahadewa, Pantai Pandawa, Bali

Bagiku menikmati indahnya pantai Pandawa menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Pantainya yang masih bersih dengan pasir putih dan deburan ombak menggulung membasahi kedua kakiku. Sejenak ku berdiri dibibir pantai sambil memandangi luasnya hamparan lautan biru yang seolah-oleh menyatu dengan langit. Sungguh sebuah anugerah dari yang mahakuasa, saya bisa menikmati ciptaan-NYA ini.

Berdiri dipasir putih pantai Pandawa

Es Kelapa & Kacang Bali
Di pantai ini juga tersedia lho persewaan tenda dengan alasnya. Sembari menikmati indahnya pemandangan pantai, kita juga bisa menikmati es kelapa dan kacang bali yang banyak dijual dipinggir-pinggir pantai. Untuk biaya masuk ke pantai Pandawa sangat murah, hanya dikenakan harga tiket sebesar Rp 2.000. Itu untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan  / turis asing sebesar Rp 5.000. Bedanya hanya Rp 3.000. Murah bukan?

Menikmati es kelapa dan kacang bali di pantai Pandawa, Bali
Wisatawan lokal dan asing yang mengunjungi pantai Pandawa memang belum seramai pantai di Bali lainya. Akan tetapi, untuk urusan keindahan alamnya tidak kalah lho dengan pantai yang satu ini. Biar tidak penasaran, berikut penampakan foto-fotoku ketika di pantai Pandawa:

Foto-Foto Keindahan Pantai Pandawa, Bali
Menikmati Indahnya Pantai Pandawa, Bali (1)

Menikmati Indahnya Pantai Pandawa, Bali (2)

Menikmati Indahnya Pantai Pandawa, Bali (3)


Menikmati Indahnya Pantai Pandawa, Bali (4)
Menikmati Indahnya Pantai Pandawa, Bali (5)

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Indahnya Pantai Pandawa, Bali"