Cari Wisata Alam Gratis di Tangsel? Kunjungi Hutan Kota Serpong (Taman Kota 2 BSD City)

Advertisement
Minggu yang lalu saya mengajak istri dan anak-anak berwisata di alam terbuka. Kalau dahulu saya pernah merekomendasikan wisata alam yang bersifat education di kampus IPB Bogor, maka kali ini saya rekomendasikan tempat menarik lagi di daerah Tangerang Selatan (Tangsel), tepatnya di Serpong. Saya mengingat tempat ini dekat dengan sekolah istri Saya di MAN Insan Cendekia ( IC) Serpong.

Keluarga Bahagia

Hutan kota serpong atau yang lazim disebut Taman Kota 2 BSD City menarik sekali untuk dikunjungi. Selain gratis, tentu saja banyak manfaat yang diperoleh misalnya dari sisi kesehatan, dimana udara pagi di hutan kota ini masih terasa sejuk untuk dihirup. Manfaat lain misalnya untuk pengetahuan si anak sekaligus agar lebih dekat dengan alam. Di hutan kota ini masih banyak berbagai macam jenis pohon seperti sengon. Tak hanya itu, bermacam-macam suara hewan seperti jangkrik dan burung saling bersahutan.

Untuk mengunjungi Taman Kota 2 BSD City, teman-teman bisa masuk di pintu gerbang utama yang berada di Jalan Letnan Sutopo, BSD City, Serpong. Bisa juga melalui pusat tanaman hias BSD. Kalau tidak salah di Jalan Raya Victor, Taman Tekno, BSD City. Untuk jam operasionalnya antara pukul 06.00 WIB s/d 18.00 WIB. Kalau saya baca di papan pengumumannya, khusus bagi teman-teman yang berkunjung untuk kegiatan komersil, promosi, shooting film dan lainya, maka harus ada ijin tertulis. Begitu pula jika digunakan untuk kegiatan foto pre wedding.

Papan Pengumuman Taman Kota 2 BSD City

Ada lima hal yang paling saya ingat dari  Taman Kota 2 BSD City ini, yakni pertama, jembatan merah ketika pertama kali akan menyusuri ke masuk dalam hutan.

Jembatan Merah Taman Kota 2 BSD City

Kedua, cobalah sejenak berhenti di jembatan merah tersebut dan lihat ada daerah aliran sungai (DAS) panjang yang sangat menarik untuk di foto. Alhamdulillah, saya sempat mendokumentasikannya pula. Melihat deretan aliran irigasi yang panjang dengan dihiasi pohon dan rerumputan hijau disebelah kanan dan kirinya, saya semakin ingin berlama-lama untuk memandanginya. Hanya satu yang disayangkan, yakni airnya yang coklat pekat. Seandainya airnya jernih, kemungkinan saya bisa menyaksikan ikan berenang-renang.

DAS Taman Kota 2 BSD City

Ketiga, di dalam hutan, ada banyak tempat duduk untuk berisitirahat jikalau kelelahan. Disamping itu tersedia pos-pos yang juga disediakan sebagai tempat istirahat pula.

Tempat duduk Taman Kota 2 BSD City

Untuk beberapa foto penampakan dari Taman Kota 2 BSD City bisa dilihat dibawah ini:

Taman Kota 2 BSD City 1

Taman Kota 2 BSD City 2

Taman Kota 2 BSD City 3

Taman Kota 2 BSD City 4

Taman Kota 2 BSD City 5

Keempat, saya juga menyaksikan sebuah bangunan unik khusus dari bambu. Menariknya lagi, kita bisa masuk dalam bangunan unik tersebut sembari melihat-lihat hamparan suasana pemandangan alam lainya.

Bangunan Unik Bambu Taman Kota 2 BSD City

Kelima, di hutan kota ini tersedia pusat tanaman hias. Bagi teman-teman yang gemar dengan tanaman hias, bisa datang langsung ke lokasinya. Ada banyak jenis tanaman hias yang dijual misalnya anggrek, mawar, bonsai dan masih banyak lainya. Saya sendiri memotret tanaman hias bonsai dan mawar merah. Selain itu ada juga lho kelas bercocok tanam khusus untuk anak-anak.

Bonsai Taman Kota 2 BSD City

Mawar Taman Kota 2 BSD City

Nah, buat teman-teman yang tinggal di daerah Tangerang Selatan dan sedang mencari wisata alam terbuka yang murah bahkan gratis, silahkan kunjungi hutan kota Serpong, Taman Kota 2 BSD City. Ingat lokasinya dekat dengan MAN Insan Cendekia (IC) Serpong. Tahukan dengan sekolah yang satu ini? Itu loh sekolah yang didirikan oleh Prof. Dr. -Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cari Wisata Alam Gratis di Tangsel? Kunjungi Hutan Kota Serpong (Taman Kota 2 BSD City)"