Seandainya Sepeda Gratis di Kampus UGM ini Ada di Jakarta

Advertisement
Setelah lulus kuliah dulu, lebih dari 8 tahun saya tidak lagi menginjak kampus UGM. Kini setelah kembali menimba ilmu di kampus yang sama, ternyata sudah banyak terjadi perubahan. Sementara ini saya melihat ada dua perubahan yang sangat mencolok. Pertama, perpustakaan UGM yang lebih megah, nyaman dan wow banget. Gedungnya juga pindah, tepatnya di depan kampus Fisipol. Bukan lagi yang dekat dengan kampus MIPA dan Kopma UGM. Kedua, adanya fasilitas sepeda gratis di kampus. Menariknya lagi ada banyak stasiun-stasiun sepeda di beberapa titik point kampus.
Stasiun Sepeda Perpustakaan UGM
Salah satu stasiun sepeda di Perpustakaan UGM
Saya sempat mencoba menggunakan fasilitas sepeda gratis yang disediakan kampus UGM ini. Syaratnya hanya menuliskan nomor induk mahasiswa, jurusan dan tujuannya. Cukup mudah.

Sepeda yang dipinjam tidak harus dikembalikan di stasiun asal. Cukup diletakan di stasiun tujuan. Maksimal penggunaanya sekitar 30 menit. Lumayan sangat membantu untuk para mahasiswa yang tidak mempunyai transportasi misalnya motor.
Sepeda Gratis di Kampus UGM
Deretan sepeda gratis yang dipinjamkan di Kampus UGM
Sepeda Gratis di Kampus UGM
Deretan sepeda gratis yang dipinjamkan di Kampus UGM
Seandainya Stasiun Sepeda ada di Jakarta
Ini menarik. Seandainya stasiun sepeda ini ada di Jakarta, mungkin kemacetan bisa teratasi walau hanya 5%. Setidaknya ada stasiun sepeda di titik-titik lokasi wilayah Jakarta. Tidak harus gratis, minimal penyewaan dengan harga yang cukup terjangkau. Misalnya stasiun sepeda ini disedikan ditempat-tempat strategis seperti disetiap stasiun Commuter Line. Saya yakin akan ada banyak penyewa yang memanfaatkannya. Menurut saya ini juga akan menjadi alternatif bagi mereka para pekerja yang kantornya tidak jauh dari stasiun Commuter Line.
Mengayuh sepeda di jalan kawasan UGM
Saya bersama teman-teman mengayuh sepeda di jalan kawasan UGM
Ada dua manfaat sekaligus apabila stasiun sepeda ini ada di Jakarta. Pertama, mengurangi kemacetan dan polusi. Kedua, pola hidup sehat khususnya bagi para penggunanya. Semoga saja kedepan Jakarta akan ada stasiun sepeda seperti di kampus UGM. Saya sih tidak berharap gratis, minimal ada penyewaannya saja. Bagiku itu sudah cukup.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Seandainya Sepeda Gratis di Kampus UGM ini Ada di Jakarta"