Ide Menulis di Blog Melalui Update Status Facebook Teman

Advertisement
Suka buka facebook? Punya blog? Nah, ini bisa dipadukan dalam sebuah ide untuk menulis lho. Kita tahu, tiap menit bahkan detik ada saja temen-teman di facebook kita yang mengudates statusnya. Daripada sekedar membaca atau komen singkat, kenapa tidak dijadikan topik dalam menulis? Bukankah ini sebuah tips sederhana untuk mencari ide dalam menulis?

Ide Menulis di Blog Melalui Update Status Facebook Teman
Jika sebelumnya diblog ini saya pernah menulis tips menulis dengan memanfaatkan kalimat pembuka yang ada dikolom update status facebook bertuliskan "Apa Yang Anda Pikirkan?", kini dengan cara yang sama juga dapat memanfaatkan facebook namun dengan melalui update status teman. Namun demikian, tentu saja harus dipilih update status facebook milik teman yang seperti apa yang akan kita jadikan tema untuk tulisan diblog. Pastinya harus ada kriterianya karena tentunya  kita tidak ingin menulis dengan tema yang sia-sia tak ada manfaat.

Menurut hemat saya kriteria update status facebook teman yang bisa dijadikan ide menulis diblog adalah tentu yang bermanfaat. Seperti apa update status facebook yang bermanfaat itu? Yang pasti bisa memberikan informasi bagi pembacanya, ada pengetahuan, tidak provokatif, memberikan pencerahan, memberikan motivasi, dan lainya. Pendek kata, tidak merugikan, mencerca, menghina apalagi sampai menyinggung orang lain. Bagaimana dengan update status facebook yang lucu-lucu? Bisa juga, namun tetap jangan sampai menyinggung orang lain karena sejatinya kebebasan kita dibatasi oleh kebebasan orang lain.

Beberapa contoh tulisanku yang saya dapatkan dari status facebook adalah tentang Remunerasi atau Renumerasi? Sebenarnya update statusnya bukan milik teman melainkan milik sendiri. Namun, berhubung temanku itu berkomentar dengan melayangkan pertanyaan. Nah, komentar inilah yang saya jadikan pembahasan.

Kemudian selain berbentuk teks, saya juga pernah memposting foto kucing lucu persia milik teman yang saya ambil dari facebook teman. Untuk foto-fotonya, tentunya setelah mendapat ijin dari sang pemilik.  Saya kira banyak sekali update status facebook yang bisa memberikan efek positif bagi yang membacanya. Hal ini jika kita tulis menjadi sebuah ide tulisan, maka ini akan lebih menarik lagi.

Silahkan para blogger yang sampai sekarang masing sering bingung untuk menulis diblog, setidaknya update status facebook milik teman bisa jadi alternatif untuk menjadi ide tulisan. Tertarik untuk mencoba???

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ide Menulis di Blog Melalui Update Status Facebook Teman"