Remunerasi Atau Renumerasi: Manakah Yang Benar?

Advertisement
Seringkah anda mendengar kata "remunerasi?" atau "renumerasi?" Saya yakin bagi anda yang PNS tentu sudah familiar dengan kata-kata itu. Sebenarnya manakah istilah kata yang benar? Tentu saja tergantung dari sudut mana kita memandang istilah itu. Saya sendiri mengkaitkan pengertian remunerasi yang berkaitan dengan dunia PNS atau yang sering disebut dengan Remunerasi PNS. Perbincangan mengenai dua kata itu menjadi tertarik bagi saya setelah mendapat komentar dari salah satu temanku di facebook. Menurut temanku bahwa yang benar adalah "renumerasi" bukannya "remunerasi".

KBBI Daring - Kamus Besar Bahasa Indonesia Online
KBBI Daring - Kamus Besar Bahasa Indonesia Online
Lain halnya dengan temanku di facebookku itu, saya berpendapat istilah kata yang benar adalah remunerasi. Mengapa demikian? Pertama, karena saya mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Silahkan bagi yang penasaran bisa mengaksesnya di bahasa.kemdiknas.go.id

Dalam kamus online tersebut dikatakan bahwa remunerasi mempunyai pengertian:
re·mu·ne·ra·si /rĂ©munerasi/ n pembelian hadiah (penghargaan atas jasa dsb); imbalan: Pemerintah menetapkan peraturan khusus mengenai -- kpd pegawai negeri.
Sedangkan ketika saya mengetikan kata "renumerasi" di kamus online tersebut, jelas sekali keluar pernyataan :"  Tidak menemukan kata yang sesuai dengan kriteria pencarian!!!" . Namun demikian, renumerasi mempunyai arti penomoron kembali. Jadi sangat jelas jika dikaitkan dengan dunia PNS akan lebih tepat dengan kata Remunerasi PNS daripada renumerasi.

Alasan kedua mengapa saya menggunakan istilah kata "remunerasi" yakni karena memang di website-website pemerintah atau pendidikan telah lazim dengan ejaan kata itu dibanding dengan kata "renumerasi". Untuk lebih jelasnya berikut beberapa website tersebut:
  • Remunerasi Jabatan Fungsional Perancang Kumham (kemenkumham.go.id)
  • Remunerasi Rp2,5 Triliun Segera Cair (kemendagri.go.id)
  • Pemerintah Alokasikan Rp 2,55 Triliun untuk Remunerasi K/L (setkab.go.id)
  • Selamat Datang di Layanan Informasi Remunerasi (itb.ac.id)
Selain empat contoh website dalam penggunaan kata "remenurasi" itu, tentu masih banyak yang lainya. Silahkan teman-teman bisa mencarinya sendiri di Google. Bagaimana menurut anda?

Salam,
Pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Remunerasi Atau Renumerasi: Manakah Yang Benar?"