Rencana Buka Bisnis Toko ATK (Stationery)

Tahun ini, Insya Allah saya mempunyai rencana akan buka bisnis toko ATK (stationery). Mengapa gak sekalian fotocopi? Bertahap. Untuk sementara saya fokuskan pada ATK saja karena menyangkut permasalahan modal dan tenaga yang akan mengoperasikannya.

Ada beberapa persiapan yang sudah saya pikirkan secara matang untuk bisnis toko ATK ini. Pertama, modal untuk membeli macam dan jenis ATK. Persiapan untuk modal ini saya sediakan sekitar lima juta. Untuk daftar ATK yang akan saya beli disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Kedua, tempat dan lokasi. Saya amati sekilas untuk lokasi memang strategis karena dekat dengan jalan yang banyak dilewati oleh warga komplek. Sedangkan tempat memang sudah tersedia. Ukurannya cukup besar. Kira-kira sekitar 4x4 m. Bisa untuk menampung banyak ATK. Ketiga, sarana toko. Untuk sementara saya sudah mempersiapkan etalase bekas yang masih layak pakai. Sarana lainya akan dilengkapi menyusul. Keempat, ijin usaha. Kalau untuk ijin usaha saya akan lapor pak RT dulu. Selebihnya nanti lihat kemudian. Kelima, tenaga yang menanganinya. Bisnis toko ATK ini akan saya kelola sendiri bersama istri sekaligus yang menjalaninya.

Peluang dan Kelebihan
Peluang bisnis toko ATK (Alat Tulis Kantor) mempunyai prospek bagus mengingat barang-barangnya seringkali dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan kelebihannya menurutku pada barangnya yang tahan lama sehingga tidak mudah basi seperti makanan. Jika resiko barang-barang ATK ini tidak laku dijual, maka ini dianggap sebagai investasi karena bisa dijual dalam jangka panjang.
ATK

Kelebihan lainya barang-barang ATK ini tidak ketinggalan zaman. Justru akan semakin dicari bagi yang membutuhkannya. Biasanya para pelajar, pegawai kantor, mahasiswa dan karyawan-karyawan banyak memanfaatkan barang ATK.

Kendala
Kendala utama menjalankan bisnis toko ATK ini adalah tenaga yang mengoperasikannya. Karena saya dan istri seorang PNS, maka paling tidak saya harus mencari karyawannya. Sedangkan tahu sendiri,  untuk sekarang mencari karyawan begitu susah. Padahal tingkat pengangguran di Indonesia begitu besar. Namun kenyataanya demikian, begitu sulitnya mencari seorang karyawan. Sepertinya mereka lebih tertarik bekerja dipabrik-pabrik.

Solusi yang akan saya terapkan adalah dengan membuka toko ATK dimalam hari setelah pulang kerja khusus pada hari Senin hingga Jum'at dari pukul 19.00-22.00. Sedangkan hari libur sabtu dan minggu bisa membuka toko lebih full dari pagi hingga malam.

Kenapa Memilih Bisnis Toko ATK?
Ada tiga alasan utama kenapa saya memilih bisnis toko ATK. Pertama, ATK adalah barang yang tahan lama dan tidak pernah basi seperti makanan. Jadi, kalau tidak laku dalam jangka panjang tetap bisa untuk digunakan dan dijual. Kedua, modal bisnis ATK ini relatif minim sehingga saya masih mampu untuk menyediakannya. Ketiga, barang ATK banyak dibutuhkan oleh masyarakat misal materai, pulpen, pensil, buku tulis, penggaris, penghapus, amplop, kwitansi dan lain sebagainya.

Keuntungan
Karena ini baru sebatas rencana, maka keuntungan berbisnis toko ATK mash belum diprediksikan. Namun yang jelas, saya akan mengambil keuntungan sewajarnya saja. Tidak mengambil besar sehingga konsumen tidak kecewa juga tidak kecil sehingga bisa mengakibatkan kerugian. Lagi pula bisnis toko ATK ini sebenarnya sebagai kelinci percobaan yang ada di kompleku. Saya ingin melihat bagaimana respon pasar terhadap toko ATK yang baru akan saya buka ini.

Rencana Pengembangan
Dalam beberapa bulan, saya akan melihat perkembangan bisnis dari toko ATK ini. Apakah hasilnya memuaskan atau justru hanya berjalan ditempat. Kedepan mungkin akan saya tambah dengan mesin foto copi karena biasanya kalau bisnis ATK pasangannya adalah foto copi. Selain itu, bisnis toko ATK ini akan saya gabung dengan toko buku bekas yang sudah saya rintis lama. Usaha toko buku bekas ini kelanjutan dari usaha tempo dulu ketika masih kerja di Pemda Indramayu. Usaha toko buku bekas ini akan saya jalankan dengan konsep lain dari yang lainya. Saat ini saya sedang menyusun rencana strategisnya.

Dimana Membeli ATK Murah Grosiran?
Setelah bertan-tanya kepada teman, konon kabarnya untuk barang ATK murah tersedia di pasar Asemka yang dekat dengan Bios / Kota. Di pasar tersebut katanya sudah terkenal berbagai macam barang ATK yang dijual baik grosir maupun eceran dengan harga yang lumayan miring. Oleh sabab itu, saya berencana akan membeli secara grosir dipasar Asemka tersebut.

Sebagai informasi tambahkan silahkan baca juga daftar nama macam / jenis atk dan merknya.

Itulah seklumit tentang rencana buka bisnis toko ATK (Stationery). Semoga bisnis baru yang akan saya jalani ini dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang saya harapkan. Amin...

Update: Dalam perjalananya ternyata terjadi perubahan rencana untuk bisnis toko ATKnya. Saat ini saya berbisnis baju kaos raglan anak karakter dan muslim (baca: Teka-Teki Kehidupan: Dari Bisnis ATK Ke Bisnis Kaos Raglan Anak). Namun demikian, untuk tetap meneruskan cita-cita saya dalam menjalankan bisnis ATK, Insya Allah dalam waktu dekat ini akan saya realisasikan lagi rencana tersebut yang masih berkaitan antara dunia ATK dan kaos. Bagaimana ceritanya? Silahkan bagi teman-teman yang tertarik baca disini: Ide Ekspansi Bisnis Fokus di Toko Karakter Kartun atau Superhero

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar

Unknown mengatakan…
Selamat pagi pak, saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Rencana Buka Bisnis Toko ATK (Stationery)". Rencananya saya ingin membuka Toko ATK juga, tempat dan etalase sudah siap akan tetapi saya masih bingung akan diisi apa. Bisakan saya meminta list item apa saja untuk dijual di Toko dan rekomendasi tempat belanjanya?
tolong dikirim ke email : sahrir26@gmail.com
terimakasih sebelumnya.
Murad Maulana mengatakan…
Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
firuly mengatakan…
saya juga minta lis nya gan, kirim via email. abd.aziz.mpd@gmail.com
Murad Maulana mengatakan…
Firuly: Cek ya, sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Unknown mengatakan…
Selamat sore, emailkan saya ya pak apa saja yg harus tersedia di toko ATK ? Dan juga agen penjual ATK terletak dimana saja dan apakah ada no yg bisa sy hubungi untuk menjalin bisnis dgn agen tersebut? Terimakasih
fajar mengatakan…
Tolong di email juga ya pak, untuk list atk nya
Unknown mengatakan…
pak mohon bantuannya ya, kalo boleh saya minta list nya juga ya kirim via email maksumalfath9@gmail.com
Free Spirit 369 mengatakan…
Permisi apa saya juga boleh minta list.nya?
Minta dikirimka via email yaa..
isnainiarcher@gmail.com
Unknown mengatakan…
Selamat malam maaf.saya juga ada rencana mau buat kios atk minta dibantdibantu ya pak utk diemailapa aja atknya y pak.mksh sebelumnya
FULLMOON mengatakan…
selamat pagi pak.
saya ingin memulai bisnis di bidang ATK, apakah saya bole minta rekomendasi di mana saya bisa berbelanja kelengkapan tsb?
tolong di emailkan ke favorhobbyshop@yahoo.com
terima kasih banyak pak :)
Taufiq mengatakan…
assalamualaykum,
saya juga boleh minta diemailkan gak pak list barang dan tempat pebjualnya??
taufiqshoutulfillah@gmail.com


terimakasih
ALMAS mengatakan…
Tolong di email juga ya pak, untuk list atk nya
VIA EMAIL, LUTFIPANCENG@GMAIL.COM
caesarkids mengatakan…
saya juga boleh minta bos, email saya caesarkids1@gmailcom
Unknown mengatakan…
boleh minta list item n supllier nya pak soalnya sy di luar jawa
terima kasih
chandrakent8@gmail.com
Unknown mengatakan…
Mohon bantuan list ATK nya yah pak, ojjokolamberto@gmail. Com
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum Wr.wb..
Kalo boleh saya juga mau minta daftar list ATK dari.bapak.Mariza.khusnullaili@gmail.com

TerimA kasih
Murad Maulana mengatakan…
teman-teman semuanya, saya sudah kirim list atk nya via email ya. Silahkan dicek. Mohon maaf baru bisa bales. Untuk lutfipanceng@gmail.com, tak terkirim (mohon infonya, apakah sudah benar alamat emailnya).

Sebenarnya saya juga sudah posting list atk disini: http://www.muradmaulana.com/2017/04/tertarik-bisnis-atk-ini-dia-daftar-nama.html
Unknown mengatakan…
Salam Pak.
Boleh minta list ATK dari Bapak..
Email saya: hartono.huang88@gmail.com
Terima Kasih
Unknown mengatakan…
assalamualaikum,.
boleh saya minta list ATK nya juga gan.
email: aditviono09@gmail.com
Nuhun Terima kasih
Unknown mengatakan…
Sy beberapa bulan lalu menutup toko atk karena sesuatu hal, dan banyak barang2 atk yg ingin dijual dengan harga murah, beberapa bulan lalu sy belanja di pasar asemka, jadi harga juga lebih murah, kalau teman2 mau barangnya akan sy kasih dengan harga yg miring, karena rencana mau ganti usaha, silahkan di kiri list barang yg diinginkan. Email,tpsijbt@yahoo.com
Unknown mengatakan…
pak mohon bantuannya ya, kalo boleh saya minta list nya juga ya kirim via email
muhammadrizwan1498@gmail.com
Unknown mengatakan…
Siang mas, saya boleh minta list atk nya juga gak mas? Soalnya saya juga ada rencana mau buka toko atk,. Sekalian pengen buka grosiran atk gt mas,. Kalo bisa kirim ke alamat email saya yaa.
wetoindri28@gmail.com
Deris mengatakan…
selamat siang pak tolong bantuannya saya minta list atknya,deris.deris220@gmail.com
Unknown mengatakan…
Selamat malam pak . Saya sudah buka ATK selama 2 bulan . Tapi saya masih kurang barang karna gak tahu mau diisi apa aja . Boleh di kirim list ya ke gmail brbangun1234@gmail.com . Terima kasih pak
Eva Siregar mengatakan…
Saya jg gan, mohon minta list nya,, saya sdh buka 1 tahunan, tp bingung mau isi jenis apa krm ke anaqquhanif@yahoo.com
Arya Damar mengatakan…
Saya juga gan boleh minta dikirim list harga dan barang nya juga ke email pribadi saya ....
E-mail : Bloger.racht@gmail.com