Pengguna Internet Seperti Tangga: Peluang Besar Bisnis Online

Advertisement
Perbincangan mengenai dunia internet marketing memang tidak akan pernah habisnya. Internet marketing menjadi salah satu jalan bagi para pebisnis online untuk mencari sumber penghasilan baik yang utama ataupun hanya sekedar sampingan. Saya pernah menulis secara khusus mengenai internet marketing dan jenisnya. Didalam tulisan tersebut, hal utama peluang besar dalam berbisnis online adalah karena jumlah pengunjung internet yang terus merangkak naik. Saya menamakan dengan istilah "pengguna internet seperti tangga". Silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Prediksi Pengguna Internet di Indonesia

Gambar diatas saya ambil dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Sangat jelas statistik pengguna internet terus merangkak naik persis seperti tangga dimulai pada tahun 1998 hingga tahun 2012. Sedangkan pada tahun 2013-2015 adalah prediksi kenaikan pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya. Walaupun pada tahun 2013 pengguna internet hanya mencapai 71,19 juta, sedikit meleset dari perkiraan yang mencapai 82 juta, akan tetapi jika dibandingkan dengan tahun 2012 , maka ada kenaikan sebesar 13%.

Seperti dilansir dalam website Kominfo tanggal 8 Mei 2014, bahwa pengguna internet Indonesia telah mencapai 82 juta orang dan  masuk dalam peringkat ke-8 di dunia. Sedangkan menurut gambar diatas tahun 2014 pengguna internet Indonesia dipredisikan mencapai 107 juta.

Peluang Besar Bisnis Online, Sayang Jika Dilewatkan
Sekarang mari kita lihat pengguna internet didunia. Silahkan amati penggunanya dari tahun ke tahun. Gambar ini saya ambil dari onlinemarketing-trends.com.
Pengguna Internet di Dunia





Melihat grafik diatas, sama halnya dengan pengguna internet yang ada di Indonesia, tampak jelas pengguna internet didunia pun persis seperti tangga. Apa artinya ini? Peluang besar untuk berbisnis online terbuka lebar. Bagi yang jeli, kesempatan ini bisa kita manfaatkan untuk mencari penghasilan. Internet memiliki banyak potensi untuk berwirausaha secara mandiri. Telah saya ulas sebelumnya disalah satu artikelku, bahwa ada empat kelebihan ketika kita terjun ke bisnis online dalam hal ini dunia internet marketing.

Pertama, minim resiko. Berbisnis online via internet jelas memiliki resiko kecil. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi. Saya ngeblog hampir 8 tahun berjalan. Apa resiko atau kerugian dalam bentuk finansial yang saya alami? Dapat dikatakan hampir tidak ada. Kalau tenaga dan waktu memang iya, akan tetapi itu dianggap sebagai proses usaha ketika sedang membangun. Secara gampang dapat kita katakan sebagai sebuah pengorbanan dalam mencapai keberhasilan.

Kedua, modal kecil atau bahkan tanpa modal. Contoh paling mudah ketika mengeluarkan modal kecil adalah dengan membandingkan kepada bisnis offline. Misalnya kita akan membuka toko baju. Jika bisnis offline, maka harus punya tempat secara fisik. Artinya itu perlu modal yang lumayan besar misalnya dengan cara menyewa atau membeli ruko. Berbeda  dengan bisnis online via internet, kita tidak harus mempunyai tempat fisik. Kalaupun harus membeli, maka hanya membeli domain dan hosting yang harganya tidak semahal seperti kita menyewa atau membeli ruko. Belum lagi jika bisnis tersebut tidak dijalankan sendiri alias oleh karyawan, maka harus ada gaji tiap bulan yang perlu dikeluarkan.

Ketiga, 24 jam dengan segmen pasar luas. Kita ambil contoh toko sepatu, ketika menjualnya melalui toko online di internet, maka selama 24 itu tidak akan pernah tutup. Berbeda dengan toko yang ada secara fisik, maka akan ada waktu untuk tutup misalnya menjelang malam hari.

Keempat, hasil yang maksimal. Banyak cerita kesuksesan dari para pebisnis online yang memperoleh hasil sangat memuaskan. Bahkan bisa berkali-kali lipat dari seorang pegawai atau karyawan yang bekerja dipabrik-pabrik besar.

Kalau sudah demikian, apakah anda tetap masih berpikir dua kali untuk memulai bisnis online? Jika iya, maka anda termasuk orang yang berada di gerbong kereta terakhir. Anda hanya menjadi penonton bukan pemain! Anda juga termsuk orang yang statis bukan dinamis karena kurang tanggap terhadap kesempatan besar yang ada didepan mata. Bagi yang belum pernah terjun di bisnis online, kenapa tidak segera mencobanya? Sangat sayang sekali jika peluang besar bisnis online ini terlewatkan.

Memulai Bisnis Online
Pada dasarnya bisnis online ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Dari mulai pemula hingga yang sudah berpengalaman. Bahkan bagi orang-orang yang sudah mempunyai bisnis konvensional / offline juga bisa merambahnya via online. Pertanyaan selanjutnya bagi yang pemula adalah bagaimana caranya untuk memulai bisnis online? Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencoba terjun ke bisinis online. Pertama, coba bikin cek list / daftar bisnis yang akan dijalankan. Ide bisnis bisa memanfaatkan hobi kita sendiri. Bisnis yang didasarkan hobi akan dapat dijalankan sepenuhnya, tidak setengah-setengah. Bisa bertahan bahkan dapat berkembang lebih besar. Tulisan saya yang membahas terkait antara hobi dan bisnis dapat dibaca disini: 25 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis.

Kedua, setelah menemukan ide bisnis yang akan ditetapkan. Silahkan mencari informasi sedetail-detailnya tentang bisnis yang akan dijalankan tersebut. Misalnya mulai dari harga pasaran, kompetitor, metode, sistem yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

Ketiga, jika ingin menjalankan bisnis sepenuhnya silahkan buat proposal usaha singkatnya. Tidak perlu lengkap seperti akan membuat bisnis skala besar. Buat yang sederhana saja yang penting dapat menggambarkan alur strategis bisnis online yang akan dijalankan. Informasi khusus mengenai proposal usaha dapat dibaca disini: Contoh Proposal Usaha (Walaupun contohnya untuk bisnis offline, akan tetapi menurut saya baik offline maupun online memiliki kerangka yang sama).

Jika dirasa tidak perlu membuat proposal usaha dan hanya ingin mencoba-coba saja, maka bisa langsung implementasi dilapangan. Sebagai contoh jika anda mempunyai hobi merajut benang wol menjadi berbagai macam produk kerajinan tangan seperti sarung hp, baju bayi, topi, syal, tas, dompet, dan lain sebagainya. Apa yang semestinya harus anda dilakukan?
  • Foto semua produknya
  • Buat toko online bisa berbayar dengan menyewa domain dan hosting untuk kemudian bisa menggunakan paltform Wordpress atau Drupal yang mempunyai banyak plugn dan modules ecommerce. Bisa juga langsung memanfaatkana open source khusus toko online seperti Oscomerce, Opencart,  Zencart, Magento, Prestashop, dan sejenisnya. Jika ingin praktis bisa menggunakan blogspot atau webstore seperti tokopedia, olx, berniaga, elevania, dll. Pada tahap ini diperlukan kemampuan teknis untuk mengoperasikan platform yang akan digunakan. Di internet tersedia banyak petunjuk dari platform yang akan dipakai. Misalnya membuat toko online dengan blogspot dan wordpress.
  • Berikan informasi produk yang sedetail-detailnya seperti tinjauan produk, harga, jasa paket yang digunakan, cara pembayaran, kontak yang mudah dihubungi, dan lain sebagainya yang diperlukan
  • Gunakan situs jejaring sosial sebagai merketingnya seperti Facebook, Google+, Twitter, Path, Instagram, dan lain-lain.
  • Berikan promo-promo menarik dari produk yang ditawarkan
  • Evaluasi bisnis online yang sudah dilakukan. Bisa sebulan sekali, pertiga bulan atau enam bulan sekali.
Ulasan diatas hanyalah sebuah informasi pembuka bagi anda yang belum sadar terhadap peluang besar bisnis online. Tentu saja banyak sekali yang belum saya bahas secara lengkap misalnya petunjuk teknis cara membuat toko online, trik detail pemasaran, dan contoh detail proposal untuk membangun bisnis online. Tiga langkah untuk memulai bisnis online diatas hanya saya tulis sebagai garis besarnya saja.

Yang jelas saya hanya ingin  mengingatkan kepada anda yang belum sadar terhadap dua gambar diatas tentang pengguna internet yang naik terus seperti tangga. Kalau bukan sekarang kapan lagi untuk mulai melirik bisnis online? Atau anda ingin tetap tertidur pulas!!!

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengguna Internet Seperti Tangga: Peluang Besar Bisnis Online"