Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional November

Advertisement
November, ada apa dibulan tersebut? Saya mengingatnya pada lagu kesukaanku, November Rain dari Guns N' Roses (he..2). Ok, itu lagu. Bagaimana dengan hari atau peristiwa penting dibulan November, baik nasional maupun internasional? Jujur, saya hanya mengingatnya dua saja. Pertama, tanggal 10 November yang diperingati sebagai hari pahlawan. Kedua, tanggal 29 Novermber yang diperingati sebagai Hari ulang tahun KORPRI, hari kebesaranku sebagai seorang PNS (he..2).

Bisa dikatakan bulan November ini memiliki hari penting yang berkaitan dengan kesehatan, pendidikan dan lingkungan. Untuk kesehatan misalnya adanya hari kesehatan nasional, kemudian hari diabetes sedunia (kencing manis), dan hari kanker paru-paru sedunia. Sedangkan untuk penidikan misalnya hari guru (PGRI). Adapun yang berkaitan dengan lingkungan seperti hari menanam pohon Indonesia.

Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional November

Seperti biasa sudah menjadi kebiasaan rutin bagi saya untuk merangkumkan daftar hari penting nasional dan internasional di setiap bulan. Nah, untuk bulan ini adalah khusus bulan November.  Sumbernya saya ambil dari situs Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Teman-teman juga bisa membacanya langsung disitus tersebut pada menu "Direktori > Hari Penting".

Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional Bulan November

03 November
Hari Kerohanian
-
05 November
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) diperingati setiap tanggal 5 November. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta untuk menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita. Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dimulai pertama kali pada tahun 1993 berdasarkan Kepres Nomor 4 tahun 1993 yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI kala itu, Soeharto. Melestarikan puspa dan satwa berarti menjaga keanekaragaman hayati. Puspa dan satwa sebagai bagian dari keanekaragaman hayati merupakan modal penting bagi pemenuhan kebutuhan dasar manusia serta penjaga keseimbangan ekosistem. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara megabiodiversity di dunia. Hal ini sangat berkaitan dengan penetapan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Biodiversity yang dideklarasikan PBB.

06 November
Hari Internasional Bagi Penyelamatan Lingkungan Dari Perang dan Konflik Bersenjata
Pada tanggal 5 November 2001, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 6 November setiap tahunnya sebagai International Day for Preventing the Exploitation of the Environment in War and Armed Conflict melalui Resolusi 56/4. Peringatan ini untuk melindungi lingkungan dari berbagai kerusakan akibat konflik bersenjata.

8 November
Hari Perencanaan Kota Dunia
Penetapan dan peringatan Hari Perencanaan Kota Dunia atau biasa disebut dengan World Town Planning Day (WTPD) yang ditetapkan pada tanggal 8 November 1949 merupakan salah satu bentuk kebangkitan tata ruang kita. Kegiatan ini sebagai agenda rutin setiap tahunnya di 30 negara pada 4 (empat) benua sebagai ajang untuk mengangkat peran penataan ruang dalam  menciptakan lingkungan perkotaan yang layak huni (livable environment). Secara historis, ide peringatan World Town Planning Day (WTPD) dicetuskan Prof Carlos Maria della Paolera dari University of Buenos Aires –Argentina pada tahun 1949. Sejak itu peringatan WTPD secara rutin dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran serta apresiasi publik dan profesional terhadap upaya penataan ruang, baik secara lokal maupun global.

9 November
Hari Penemu
Inventor's Day merupakan hari yang dirayakan setiap tahun dibanyak negara untuk memberikan penghargaan atas kontribusi penemu. Tidak semua negara merayakannya, dan setiap negara merayakannya berbeda-beda.

9 November
Hari Kebebasan Sedunia
World Freedom Day dideklarasikan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush untuk memperingati runtuhnya tembok Berlin dan bebasnya Eropa Tengah dan Timur dari komunis. Peringatan ini dimulai pada tahun 2001 dan dirayakan setiap tanggal 9 November. Pada tanggal 9 November 1989, Tembok Berlin runtuh oleh kekuatan manusia yang menginginkan kebebasan.

10 November
Hari Ganefo
GANEFO atau Games of the New Emerging Forces, adalah suatu ajang olahraga tandingan Olimpiade ciptaan mantan Presiden Indonesia, Soekarno pada akhir tahun 1962. GANEFO hanya diselenggarakan sekali, yaitu tahun 1963 di Jakarta, Indonesia. GANEFO berikutnya di Kairo, Mesir tahun 1967 dibatalkan karena masalah politik.

10 November
Hari Pahlawan
Pada tanggal 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang dan sejumlah besar kapal perang. Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Pihak Inggris menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak. Rupanya, Tentara Keamanan Rakyat (yang kemudian menjadi TNI) dianggap enteng, apalagi badan-badan perjuangan bersenjata (laskar-laskar dll) yang banyak dibentuk oleh rakyat. Tetapi, diluar dugaan Inggris, ternyata perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang pada permulaannya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Ternyata, pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh ditangan pihak Inggris. Kebesaran arti pertempuran Surabaya, yang kemudian dikukuhkan sebagai Hari Pahlawan, bukanlah hanya karena begitu banyaknya pahlawan - baik yang dikenal maupun tidak di kenal yang telah mengorbankan diri demi Republik Indonesia. Bukan pula hanya karena lamanya pertempuran secara besar-besaran dan besarnya kekuatan lawan. Di samping itu semua, kebesaran arti pertempuran Surabaya juga terletak pada peran dan pengaruhnya, bagi jalannya revolusi waktu itu. Pertempuran Surabaya telah dapat menggerakkan rakyat banyak untuk ikut serta, baik secara aktif maupun pasif, dalam perjuangan melawan musuh bersama waktu itu, yaitu tentara Inggris yang melindungi (menyelundupkan) NICA ke wilayah Indonesia.

12 November
Hari Kesehatan Nasional
Hari Kesehatan Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November. Tanggal itu dipilih untuk memperingati hari yang sama tahun 1959 ketika Presiden Soekarno mencanangkan Gerakan Pemberantasan Malaria dengan melakukan penyemprotan nyamuk secara simbolik di Desa Kringinan, Kabupaten Slemen, Yogyakarta

14 November
Hari Brigade Mobil (BRIMOB)
Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah unit (korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan  kepolisian Indonesia di tahun 1945. Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru. Brimob termasuk satuan elit dalam jajaran kesatuan Polri, Brimob juga juga tergolong ke dalam sebuah unit paramiliter ditinjau dari tanggung jawab dan lingkup tugas kepolisian. Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Pasukan Polisi Istimewa yang ikut terlibat dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Di bawah pimpinan Inspektur Polisi I Moehammad Jasin, Pasukan Polisi Istimewa ini memelopori pecahnya pertempuran 10 November melawan Tentara Sekutu Pada 14 November 1961 bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sukanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah menjadi Korps Brigade Mobil (Korps Brimob). Brimob pernah terlibat dalam beberapa peristiwa penting seperti Konfrontasi dengan Malaysia tahun 1963 dan aneksasi Timor Timur tahun 1975. Brimob sampai sekarang ini kira-kira berkekuatan 30.000 personil, ditempatkan di bawah kewenangan Kepolisian Daerah masing-masing provinsi.

14 November
Hari Diabetes Sedunia
Sejak tahun 2007, badan dunia PBB menjadikan 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia (UN World Diabetes Day). Hari ini resmi menjadi hari dunia yang digagas PBB setelah mengeluarkan United Nations World Diabetes Day Resolution pada Desember 2006. Diabetes merupakan penyakit kronis noninfeksi dan tidak menular pertama yang diangkat PBB. Di seluruh dunia, diabetes melitus (DM) membunuh lebih banyak manusia dibanding HIV/AIDS.

16 November
Hari Toleransi Internasional
International Day for Tolerance merupakan perayaan tahunan yang dideklarasikan oleh UNESCO pada tahun 1995 untuk membangun kesadaran publik akan bahaya sikap tidak toleran.

17 November
Hari Suez
-

17 November
Hari Pelajar Internasional
Tanggal tersebut diperingati untuk mengenang peristiwa pada tahun 1939, saat Nazi menyerang Universitas Praha setelah terjadi demonstrasi menentang pembunuhan Jan Opletal dan hukuman mati kepada sembilan pemimpin mahasiswa, lebih dari 1200 mahasiswa dikirim ke kamp konsentrasi dan menutup seluruh universitas dan sekolah di Cek.
Hari tersebut pertama kali diperingati pada tahun 1941 di London oleh International Students' Council. National Unions of Students di Eropa dan perkumpulan lainnya aktif menyuarakan agar hari tersebut dijadikan hari resmi oleh PBB.

17 November
Hari Kanker Paru-Paru Sedunia
Kanker paru-paru merupakan penyakit yang paling mematikan dari seluruh penyakit kanker. Kanker paru-paru yang mematikan ini sebenarnya bisa dicegah. Tujuan dari peringatan Hari Kanker Paru-paru sedunia difokuskan pada pemberian informasi mengenai pencegahan dari penyakit kronis ini.

19 November
Hari Geographic Information Systems
GIS Day diadakan oleh forum internasional yang menggunakan teknologi geographic information systems (GIS) untuk mendemonstrasikan aplikasi dunia nyata yang membuat perbedaan dalam lingkungan mereka. Lebih dari 80 negara mengikuti acara ini dengan beragam kegiatan seperti open house, workshop, dll.
Acara ini didukung oleh National Geographic Society mengadakan Geography Awareness Week sejak 1987 untuk mempromosikan ilmu geographic di sekolah, komunitas, dan organisasi yang fokus pada pendidikan anak-anak.

19 November
Hari Pria Internasional
International Men's Day merupakan perayaan internasional yang dirayakan setiap Sabtu pertama bulan November. Setiap negara merayakan peringatan ini berbeda-beda. Organisasi yang memperjuangkan hak-hak pria India, memulai kampanye untuk membangun konsensus agar IMD diperingati setiap tanggal 19 November. Sebagai langkah awal mereka merayakan IMD di India pada 19 November. Saat ini tak kurang dari 20% populasi dunia menerima tanggal tersebut sebagai tanggal peringatan International Men's Day.
Peringatan ini diajukan oleh Mikhail Gorbachev dan didukung oleh Amerika Serikat di Vienna, serta organisasi lainnya. Tradisi tersebut dimulai pada tahun 1999. Peringatan tersebut merupakan hari besar untuk merayakan penghargaan ekonomi, politik dan sosial kepada pria.

20 November
Hari Anak Internasional
Tanggal 20 November adalah hari yang diumumkan oleh PBB sebagai hari anak-anak sedunia. Organisasi anak di bawah PBB, yaitu UNICEF untuk pertama kali menyelenggarakan peringatan hari anak sedunia pada bulan Oktober tahun 1953. Tanggal 14 Desember 1954, Majelis Umum PBB lewat sebuah resolusi mengumumkan satu hari tertentu dalam setahun sebagai hari anak se-dunia. Sejak tahun 1954 hingga hari ini, jumlah negara yang menyelenggarakan peringatan hari anak sedunia telah meningkat dari 50 menjadi 150 negara. Melalui peringatan tersebut, masalah dan problem yang dihadapi anak-anak di dunia menjadi bahan perhatian negara-negara, organisasi dan lembaga-lembaga internasional. Melalui peringatan itu juga, berbagai sumber mengajukan laporan data statistik terbaru mengenai keadaan anak-anak, masalah dan kesulitan yang mereka hadapi serta kondisi  kesehatan dan kesejahteraan mereka. Sebagian dari data itu menyingkap realita pahit kehidupan jutaan anak di seluruh dunia yang hidup serba berkekurangan. Mereka bergelut dengan krisis makanan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Di antara hak-hak asasi manusia adalah hak untuk memperoleh kebebasan, keadilan dan kedamaian di dunia. Dalam hal ini, anak-anak lebih memerlukan perhatian, dukungan dan keamanan di banding kelompok umur yang lain. Masa depan dunia yang lebih baik memerlukan dukungan kesehatan mental dan keamanan anak-anak. Berkenaan dengan ini, Majelis Umum PBB mengesahkan sebuah piagam yang disebutnya sebagai Konvensi Hak Anak-anak Se-Dunia. Seluruh negara di dunia selain Amerika dan Somalia ikut dalam konvensi tersebut. UNICEF dengan pengesahan piagam tersebut berarti telah mengambil tindakan penyamaan seluruh anak di dunia dengan berbagai ragam ras dan etnisnya. Unicef menegaskan, tanpa diskriminasi apapun, anak-anak di dunia harus diberi perlindungan khusus oleh seluruh negara di dunia. Meskipun pengesahan piagam tersebut, merupakan langkah yang cukup berarti dalam merealisasikan hak anak-anak, akan tetapi para pemimpin dunia masih merasa perlu untuk menandatangani kesepakatan mengenai perbaikan kondisi anak-anak dunia dalam sidang tahun 1991. Namun demikian, sampai awal milineum ketiga ini, kondisi kehidupan anak-anak dunia masih belum menunjukkan perbaikan yang memuaskan.

21 November
Hari Pohon
21 November dikenal sebagai Hari Pohon. Bagi masyarakat, makna Hari Pohon dapat direfleksikan dengan berbagai hal. Pertama, sebagai hari bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan karunia tumbuhnya pelbagai jenis kekayaan pepohonan. Kedua, diidentikkan sebagai hari introspeksi tentang sejauh mana masyarakat makin menyayangi pepohonan yang telah berjasa bagi hidup dan kehidupan. Pemerintah telah berupaya mendukung penghijauan melalui program-program yang kita kenal seperti Gerakan Sejuta Pohon, kegiatan reboisasi, pengembangan hutan rakyat, Gerakan Hutan Desa, penghijauan pantai dan pesisir, dan sebagainya. Sungguh memprihatinkan terjadinya eksploitasi hutan yang tak terkendali, baik di dalam maupun di luar Jawa. Terlebih maraknya penjarahan hutan yang seakan-akan tak kuasa dibendung oleh aparat keamanan. Untuk itu, sudah saatnya (antara lain) kita bersama memikirkan terbangunnya hutan di perkotaan atau yang populer dikenal dengan istilah "hutan kota". Ini sebagai alternatif terobosan menangani dan menetralisasi dampak persoalan yang terjadi di daerah perkotaan. Disadari Indonesia belum optimal mendayagunakan dan memfungsikan eksistensi hutan kota. Pengembangan hutan kota harus mendapat dukungan dari pemerintah serta partisipasi seluruh masyarakat kota yang bersangkutan. Hutan kota diselenggarakan untuk mendukung keseimbangan ekosistem perkotaan. Tujuannya memperbaiki dan menjaga iklim mikro, nilai estetika dan fungsi resepan air, menciptakan keserasian dan mendukung tersedianya bahan baku kayu serta mencegah erosi dan banjir.

21 November
Hari Halo Sedunia
Setiap tahun pada 21 November diperingati sebagai World Hello Day. Peringatan ini agar orang mau menyapa paling tidak 10 orang di hari itu. Dengan mengucapkan salam kepada orang, akan memberikan pesan kepada para pemimpin dunia untuk menggunakan komunikasi dibandingkan kekuatan bersenjata dalam menyelesaikan konflik.
Acara ini dimulai sejak tahun 1973 untuk menanggapi konflik antara Mesir dan Israel. Sejak saat itu hari tersebut diikuti pula oleh politisi, pemimpin agama, dan selebriti.

21 November
Hari Televisi Sedunia
Pada Desember 1996 PBB mencanangkan 21 November sebagai World Television Day untuk mengenang bahwa tanggal tersebut menjadi awal terbentuknya World Television Forum pada tahun 1996.

22 November
Hari Perhubungan Darat
-

24 November
Hari Evolusi
Evolution Day merupakan hari peringatan ulang tahun penerbitan pertama The Origin of Species karya Charles Darwin pada tanggal 24 November 1859.

25 November
Hari Guru (PGRI)
PGRI lahir tanggal 25 November 1945, hanya berselang tiga bulan setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Semangat dan suasana batin perjuangan kemerdekaan Indonesia turut membidani lahirnya PGRI. Pada perkembangan selanjutnya semangat kemerdekaan itu senantiasa mewarnai perjuangan PGRI. Bertempat di Sekolah Guru Putri (SGP) Surakarta diselenggarakan Kongres I PGRI dari tanggal 24-25 November 1945. Pada kongres itu disepakati berdirinya PGRI sebagai wahana persatuan dan kesatuan segenap guru di seluruh Indonesia. Pendirinya antara lain; Rh. Koesnan, Amin Singgih, Ali Marsaban, Djajeng Soegianto, Soemidi Adisasmito, Abdullah Noerbambang, dan soetono. Pada kongres itu dirumuskan tujuan PGRI; yaitu : (1) mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia; (2) mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan; dan (3) membela hak dan nasib buruh pada umumnya, guru pada khususnya (Suara Guru, November 1955 : 17)

25 November
Hari Internasional Kekerasan Terhadap Perempuan
Tanggal 25 November tahun 1960 di Dominika, dua perempuan aktivitas kakak beradik Mirabel, (Patricia dan Maria Theresia) disiksa dan dibunuh oleh diktator penguasa saat itu.
Tahun 1981 Kongres Feminis Latin Amerika dan Kep. Karibia mencatat dan memberi tekanan mengenai peristiwa itu. Kongres kemudian menyatakan bahwa kekerasan yang didasarkan pada jenis kelamin dan gender terjadi. Saat itu yang menjadi perhatian di antaranya adalah pemukulan dan kekerasan dalam rumah tangga. Kongres Feminis itu kemudian memutuskan  untuk mengenang 25 November sebagai Hari Internasional anti Kekerasan terhadap Perempuan.
Tahun 1993, Kongres Feminis Internasional mencanangkan bahwa setiap tahunnya selama 16 hari mulai 25-10 Desember sebagai masa kampanye penghapusan kekerasan terhadap perempuan.
Sedangkan di Kanada, setiap tanggal 6 Desember diperingati sebagai hari mengenang terbunuhnya 14 mahasiswi politeknik yang dibunuh karena dianggap mengambil alih pendidikan laki-laki.

26 November
Hari Tanpa Belanja
Hari Tanpa Belanja diperingati sebagai sebuah bentuk perlawanan terhadap budaya konsumerisme dan telah dimulai sejak 1993 oleh Adbuster, sebuah organisasi nirlaba yang berpusat di Kanada yang bertujuan meningkatkan kesadaran kritis konsumen. Ide awal kegiatan ini berasal dari Ted Dave, pendiri Adbusters. Kini Hari Tanpa Belanja telah dirayakan secara internasional di lebih dari 30 negara.
Amerika Serikat dan Kanada memperingati Hari Tanpa Belanja pada 28 November 2003, sehari setelah perayaan Thanksgiving.
Hari Tanpa Belanja meminta kita untuk memikirkan kembali berbagai pertanyaan sebelum berbelanja di antaranya :
Apakah saya benar-benar memerlukannya?
Berapa banyak yang sudah saya punya?
Seberapa sering saya akan memakainya?
Akan habis berapa lama?
Bisakah saya meminjam saja dari teman atau keluarga?
Bisakah saya melakukannya tanpa barang ini?
Akankah saya bisa membersihkan dan/atau merakitnya sendiri?
Akankah saya bisa memperbaikinya?
Apakah barang ini berkualitas baik?
Bagaimana dengan harga? Apakah ini barang sekali pakai?
Apakah barang ini ramah lingkungan?
Dapatkah didaur-ulang?
Apakah barang ini bisa diganti dengan barang lain yang sudah saya miliki?

28 November
Hari Menanam Pohon Indonesia
Presiden RI mencanangkan Hari menanam Pohon Indonesia tanggal 28 November dan Bulan menanam nasional, bertempat di areal Pusat Penelitian Limnologi LIPI, Cibinong pada tanggal 28 November 2008. Pada kesempatan tersebut presiden menanam Nyamplung (Calophyllum inophyllum L) dan Ibu Negara menanam Sukun (Artocarpus Communis), sebagai tanda dimulainya penanaman serentak 100 juta pohon untuk tahun 2008 di seluruh Indonesia.
Presiden Susilo Bambang Yudoyono ingin membuat tradisi menanam pohon bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadikan 28 November sebagai hari menanam, SBY juga menjadikan Desember sebagai bulan menanam Nasional. Penetapannya dituangkan dalam Keputusan Presiden Indonesia No.24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan strategis bangsa Indonesia dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan,serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.
Lokasi Pencanangan di Pusat Penelitian Limnologi, Cibinong Science Center LIPI, Jl. Raya Jakarta Bogor KM. 46 Cibinong, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Lokasi tersebut termasuk dalam DAS Ciliwung. Penanaman secara simbolis oleh Presiden dan para undangan ditanam 217 bibit/pohon dengan jenis: nyamplung, buni, sukun, rambutan, kluwek, nyawai, kokoleceran, mahoni, asam jawa, pulai, suren, salam, durian, pala, ki hujan, kenari, kemiri dan kemang.

29 November
Hari ulang tahun KORPRI
Korps Pegawai Republik Indonesia, atau disingkat Korpri, adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat Pemerintah Desa/Nagari. Meski demikian, Korpri seringkali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan Korpri tak terlepas dari kedinasan. Korpri yang didirikan pada tanggal 29 Nopember 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Selama Orde Baru Korpri dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, Korpri berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu. Organisasi Korpri memiliki struktur kepengurusan di tingkat pusat maupun di tingkat Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, atau Pemerintah Daerah. Saat ini kegiatan Korpri umumnya berkiprah dalam hal kesejahteraan anggotanya, termasuk mendirikan sejumlah badan/lembaga profit maupun non-profit.

29 November
Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina
International Day of Solidarity with the Palestinian People merupakan hari yang dilaksanakan oleh PBB. Peringatan tersebut diadakan di markas PBB di New York, juga di kantor PBB di Jenewa dan Wina. Pada umumnya diperingati setiap tanggal 29 November untuk menandai kelahiran dari Resolusi 181, tetapi pada tahun 2003 diperingati pada tanggal 1 Desember.

Sumber: pnri.go.id

Baca juga hari / peristiwa penting bulan sebelumnya, Oktober

Salam,
Pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional November"