Contoh Redaksi Surat Jawaban Persetujuan Mutasi PNS

Advertisement
Masih membahas tentang seputar pengalaman mutasi dunia PNS. Ketika membuat surat pengajuan mutasi PNS (lolos butuh) ke instansi yang dituju, maka satu hal yang menjadi catatan bagi saya adalah uraikan alasan keinginan mutasi secara singkat dan jelas. Ini penting mengingat persetujuan mutasi bisa disetujui salah satunya karena pertimbangan alasan yang masuk akal. Walauapun, bagi instansi yang menerima biasanya lebih cenderung melihat dari sisi kebutuhan SDM internal kantornya dibandingkan alasan si pelaku mutasi. Setelah mengirimkan surat pengajuan mutasi PNS secara pribadi ke instansi atau lembaga yang dituju, maka selanjutnya saya menunggu surat jawabannya. Seperti apa redaksi dalam surat jawaban persetujuan mutasi PNS itu? berikut contohnya:

Perlu diketahui contoh redaksi surat jawaban persetujuan mutasi PNS ini kasusnya adalah dari daerah ke pusat. Lebih tepatnya dari pemerintah kabupaten ke lembaga LPNK. Untuk nama orang, instansi, dan tanggal hanya ilustrasi saja.

Nomor:                                                                                      Jakarta, 1 Juni 2011
Lampiran: 
Perihal: Permintaan Persetujuan Pindah Antar Mutasi

Kepada Yth.
Bupati Kabupaten Kota Mangga
di-
Jawa Barat

Membaca surat permohonan yang bersangkutan untuk pindah tugas dari Pegawai Negeri Sipil daerah di lingkungan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Mangga ke lingkungan Badan Intelijen Negara Republik Indonesia, atas nama:
Nama                                    : Herlando Al-Ghazali, ST
NIP                                       : 19890405 201001 1 006
Pangkat / Gol.Ruang       : Penata Muda (III/a)
Jabatan                               : Fungsional Pustakawan Pertama
Bersama ini disampaikan bahwa pada prinsipnya Badan Intelijen Negara Republik Indonesia tidak keberatan dan menyetujui atas permohonan pindah dimaksud, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Tidak akan menuntut jabatan
  2. Tidak pernah atau sedang menjalani tingkat hukuman disiplin apapun;
  3. Bersedia ditempatkan dimana saja
Selanjutnya untuk tertib administrasi agar segera menyelesaikan proses persetujuan perpindahan dimaksud sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

                                                                                                               Kepala BIN,


                                                                                                                ..................


Tembusan:
  1. Sekretariat BIN
  2. Sekretariat Daerah Kabupaten Kota Mangga
  3. Badan Kepegawaian Kabupaten Kota Mangga
  4. Sdr.Herlando Al-Ghazali, ST

Kita bisa melihat inti dari surat jawaban mutasi PNS diatas, point pentingnya ketika disetujui pada lembaga / instansi tersebut adalah pertama tidak menuntut jabatan, kemudian tidak sedang dalam menjalani hukuman disiplin dan ketiga, bersedia ditempatkan dimana saja. Selain itu, tembusan surat tersebut ditujukan kembali pada sekertariat lembaga, sekretariat pemerintah daerah, BKD daerah dan si pengusul mutasi itu sendiri.

Untuk melihat contoh aslinya, silahkan lihat gambar dibawah ini. Akan tetapi, mohon maaf scan contoh suratnya tidak jelas dan pada bagian tertentu sedikit saya arsir. Klik gambar untuk memperbesar.


Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Redaksi Surat Jawaban Persetujuan Mutasi PNS "